Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Melindungi Keamanan Data Perusahaan Anda

Data Perusahaan

Cara Melindungi Keamanan Data Perusahaan | Data perusahaan wajib untuk dilindungi dan dijaga keamanannya. Karena ini merupakan aset berharga dari bisnis Anda. Mungkin kalau aset fisik seperti gedung, alat produksi, kendaraan akan bisa dibeli kembali jika semua itu rusak atau hilang. Tetapi untuk data perusahaan jelas sangat fatal jika sewaktu-waktu harus hilang.

Melindungi keamanan data bisnis tidak hanya diperlukan perangkat komputer dan sistem informasi yang up to date. Tetapi juga sumber daya manusianya yang bisa mengerti bagaimana cara melindungi data perusahaan. Sehingga data perusahaan tidak rusak, hilang, atau bocor ke tangan orang lain.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Mengamankan jaringan internet maupun intranet

Kita tahu di perusahaan memiliki jaringan internet maupun intranet yang digunakan untuk mendukung aktifitas produksi dan komunikasi. Tak jarang data-data penting dilakukan menggunakan jaringan ini. Nah jika jaringan yang ada di perusahaan Anda tidak diamankan dengan baik, akan sangat mudah untuk disusupi virus, phising, atau tindakan jahat dari oknum yang ingin mencuri data perusahaan.

Apalagi jika perusahaan Anda sangat bonafit dan memiliki pesaing yang kuat, memang perlu waspada untuk hal-hal buruk yang bisa menimpa.

2. Memberikan Hak Akses yang Jelas

Tidak mungkin data perusahaan Anda hanya Anda sendiri yang bisa mengaksesnya, pasti akan ada pegawai lain atau orang yang diberi tanggung jawab untuk membantu mengelolanya. Ini perlu kejelasan dalam memberikan hak akses dan otoritas. Siapa yang bisa mengakses data ini, siapa yang berhak mengakses data itu.

Sehingga dengan kejelasan hak akses akan mudah jika sewaktu-waktu terdapat kesalahan atau kerusakan. Yang bertanggung jawab pun jelas.

3. Lakukan Backup Rutin

Yang namanya data adalah aset paling berharga, Anda perlu melakukan backup secara rutin. Backup bukan sekadar untuk satu dua data saja, tetapi juga menyeluruh. Anda bisa menggunakannya perangkat lunak seperti EaseUS Todo Backup for Business.

EaseUS Todo Backup

Hanya dengan satu software ini Anda sudah bisa melakukan banyak hal untuk mengamankan data perusahaan Anda. Seperti melakukan transfer sistem ke perangkat PC lain atau Virtual PC, melakukan disk clone atau migrasi sistem operasi ke SSD/HDD, melakukan backup ke cloud, bisa juga melakukan backup system/file/disk/partition/email, dan masih banyak lagi.

Software EaseUS Todo Backup ini merupakan perangkat lunak yang wajib dimiliki oleh Tim IT perusahaan Anda. Data perusahaan sangat vital, jika tidak diamankan dengan serius, bisa fatal akibatnya.

EaseUS ini juga memiliki backup software yang bisa digunakan untuk personal. Jadi kalau Anda punya data penting di laptop pribadi, sebaiknya gunakan software ini untuk membantu dalam melakukan backup data di laptop Anda.

4. Edukasi ke Semua SDM

Yang terakhir adalah berikan edukasi ke seluruh SDM di perusahaan Anda tentang pentingnya menjaga keamanan data. Kadang pegawai ada yang tidak paham soal ini, sehingga hanya menyerahkannya ke Tim IT. Padahal ini perlu diketahui oleh semua orang agar keamanan data bisa dijaga bersama-sama.

Follow Media Sosial Kami: Twitter | Facebook

Kamu mungkin juga suka :


Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *