Home » TIPS » Ini Dia Spesifikasi Smartphone Untuk Pebisnis Online/Offline
Smartphone for Business

Ini Dia Spesifikasi Smartphone Untuk Pebisnis Online/Offline

Jangan sampai salah memilih smartphone yang cocok untuk kebutuhan bisnis online Anda. Sebagai pebisnis online, pastikan Anda memiliki smartphone yang bukan sekedar “mahal”, tapi yang penting adalah punya kinerja yang mumpuni.

Sayangnya hal semacam ini jarang sekali diperhatikan. Dan banyak dari para pebisnis yang mencari smartphone hanya mengikuti tren saja. Padahal saat ini kebutuhan smartphone khususnya untuk pebisnis online sangatlah vital. Selain untuk memanage social media juga sebagai aktifitas lain. Untuk itu perlu membutuhkan smartphone yang tidak lemot ketika digunakan multitasking.

Dalam artikel kali ini, Etalase Bisnis ingin mencoba memberikan beberapa referensi spesifikasi smartphone yang cocok untuk pebisnis online. Kami memberikan rekomendasi bukan karena merek atau harganya, tapi spesifikasinya yang mampu menangangi semua aktifitas.

#Lihatlah Chipset Prosesornya

Layaknya komputer, smartphone sekarang ini juga telah dibekali prosesor berkecepatan tinggi. Dari deretan prosesor smartphone yang ada, chipset Qualcomm Snapdragon adalah yang terbaik untuk saat ini. Jadi jika mencari smartphone, cobalah mencari yang memakai chipset dari Qualcomm Snapdragon.

Dan direkomendasikan mencari yang Snapdragon 6xx atau 8xx. Karena seri ini memiliki kinerja yang lebih baik. Selain menawarkan kecepatan juga mampu menghemat baterai. Dan tentunya untuk kebutuhan multitasking seperti membuka banyak aplikasi tidak bakal lemot.

Misalnya saja Samsung Galaxy Note 7 yang saat ini sedang pre-order, memakai prosesor Quad-core Snapdragon 820, Octa-core Exynos 8890.

#Didukung Prosesor Grafis

Selain harus memperhatikan prosesor utama, Anda juga perlu melihat apakah smartphone tersebut memiliki prosesor grafis. Biasanya dispesifikasi akan tertulis nama GPU (Graphics Processing Unit). Prosesor ini fungsinya untuk memanage grafis. Sehingga akan menghasilkan kualitas grafis yang bagus. Lhoh apa manfaatnya buat pebisnis online?

Ya jelas ada manfaatnya. Misalnya untuk kebutuhan foto produk atau pengolahan multimedia melalui ponsel (edit video), keberadaan GPU sangat membantu. Untuk seri GPU biasanya sudah disesuaikan dengan seri prosesor utama. Jadi tidak perlu mempermasalahkan serinya.

#Kapasitas RAM Harus Besar

Nah selain prosesor harus bagus, tentunya juga harus didukung dengan RAM yang besar. RAM ini memori yang fungsinya menyimpan task-task yang sedang berjalan. Misalnya nih Anda membuka Facebook, terus buka Twitter, buka LINE, akses e-mail, dll, nah itu nanti akan disimpan dalam RAM tapi bersifat sementara. Semakin besar RAM maka ketika membuka aplikasi dalam jumlah yang banyak tidak akan lemot.

Rekomendasinya adalah cari smartphone yang memiliki RAM minimal 3 GB.

#Kapasitas Memori Internal Juga Besar

Selain itu, carilah memori internal yang besar. Karena memori internal adalah tempat untuk menyimpan data-data Anda. Perlu Anda ketahui, saat ini tidak semua aplikasi yang terinstall bisa dipindahkan ke microSD, sehingga memori internal yang besar akan sangat membantu. Terlebih jika Anda sudah menginstall berbagai aplikasi.

Coba untuk mencari smartphone yang memiliki kapasitas memori internal 64 GB, tapi juga support microSD. Sehingga kalau kurang bisa ditaruh di microSD.

Tips untuk Anda. Sebaiknya untuk menaruh file-file data seperti foto, musik, dokumen, video, ditempatkan di microSD. Dan untuk memori internal biar digunakan untuk menyimpan file-file system.

#Kamera Yang Mumpuni

Kamera juga perlu untuk para pebisnis online. Karena dengan memiliki smartphone yang kameranya mumpuni, nantinya bisa digunakan untuk foto produk atau foto-foto hal lain yang bisa dibagikan ke media sosial. Dengan hasil foto yang bagus tentunya akan membuat follower media sosial Anda juga lebih suka.

Samsung Galaxy Note 7 - Camera

#Baterai Yang Besar

Nah ini, kapasitas baterai juga perlu Anda perhatikan. Jangan sampai mobilitas Anda dengan smartphone terganggung karena baterai habis. Usahakan mencari smartphone yang memiliki kapasitas baterai di atas 3000 mAh. Dengan kapasitas ini sudah sangat bisa digunakan beraktifitas seharian.

#Fitur Tambahan Yang Lengkap

Selain itu melihat fitur-fitur tambahan juga penting. Misalnya saja konektivitas jaringan yang sudah mendukung 4G. Sekarang ini kan eranya 4G LTE, sehingga Anda juga perlu memiliki smartphone yang mendukung 4G agar kebutuhan internet Anda bisa semakin cepat.

Samsung Galaxy Note 7 - S Pen

Fitur S Pen di Samsung Galaxy Note 7

Lalu fitur-fitur lain semisal S Pen yang ada di Samsung Galaxy Note 7 juga bisa Anda gunakan untuk memudahkan ketika merancang note ketika meeting dengan klien.

Kami rasa itu saja spesifikasi smartphone yang cocok untuk pebisnis online maupun offline.

Owh ya, seperti yang sudah disinggung di atas, saat ini masih ada sesi Pre Order Samsung Galaxy Note 7 dengan spesifikasi :

Dual SIM (Nano SIM) | Layar 5.7″ | Prosesor Quad-core Snapdragon 820, Octa-core Exynos 8890 | ROM 64 GB | RAM 4 GB | Kamera utama 12 MP f/1.7, kamera depan 5 MP f/1.7 | Free Battery Pack

Pre-ordernya tanggal 5-21 Agustus 2016 dan barang mulai dikirim ke konsumen tanggal 1 September 2016. Untuk proses pre order bisa dilakukan di sini >> Pre Order Samsung Galaxy Note 7

Nah buat Anda para pebisnis yang ingin mendapatkan smartphone high end bisa mencoba mengikuti pre order ini. Katanya sih terbatas.

Jadi itu saja, dan pastikan Anda menggunakan smartphone untuk bisnis yang mumpuni. Jangan sampai kegiatan bisnis Anda terganggu masalah smartphone yang kurang powerfull.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 1 =