Home » TIPS » Apa Manfaat Mendirikan Badan Usaha Bagi Bisnis Anda?
Badan Usaha

Apa Manfaat Mendirikan Badan Usaha Bagi Bisnis Anda?

Meski mendirikan badan usaha tidaklah wajib untuk setiap bisnis, tapi keberadaan badan usaha ini sangat melindungi bisnis kita ke depannya.

Sebenarnya mendirikan badan usaha itu juga sebagian langkah dari membangun bisnis kita ke arah yang lebih baik. Tapi saat ini masih saja banyak pelaku bisnis yang masih enggan untuk mendirikan badan usaha, khususnya bagi perusahaan kecil.

Biasanya perusahaan atau pelaku usaha yang enggan mendirikan badan usaha itu disebabkan karena beberapa faktor, yaitu :

  • Pendidikan. Pendidikan yang rendah membuat pola pikir tentang manfaat mendirikan badan usaha berkurang.
  • Merasa Belum Perlu. Alasan klasik lainnya adalah merasa belum perlu untuk mendirikan badan usaha, biasanya karena perusahan masih skala kecil.
  • Pajak. Dengan mendirikan badan usaha, artinya nanti perusahaan sudah harus wajib membayar pajak. Nah ini yang juga menjadi alasan kenapa mereka enggan membangun badan usaha.

Apabila Anda termasuk yang memiliki alasan seperti di atas, sebaiknya mulai sekarang dipikirkan untuk mendirikan badan usaha.

Mengapa?

Karena banyak sekali manfaat mendirikan badan usaha untuk bisnis kita ke depannya, seperti :

#1 Sebagai Perlindungan Hukum

Ketika Anda sudah memiliki badan usaha entah itu berupa PT, CV, Yayasan, Koperasi, itu artinya Anda sudah memiliki izin usaha. Nah, jika bisnis sudah punya izin usaha berarti jika sewaktu-waktu perusahaan Anda mendapatkan pengecekan dari pusat atau pihak berwenang, Anda tak perlu khawatir lagi.

Baca : Cara Membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) Mudah Kok, Baca Aja

Sehingga perusahaan Anda pun dinilai valid dan tidak akan mendapatkan ancaman penggurusan atau pembongkaran dari pihak terkait. Dampaknya juga akan membuat SDM yang bekerja di perusahaan Anda merasa aman dan nyaman bekerja di perusahaan yang sudah legal.

#2 Sebagai Sarana Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Tahukah Anda jika bisnis kita sudah memiliki badan usaha (PT, CV, Koperasi, UD, dll) akan mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan?

Karena pelanggan akan menganggap bisnis yang sudah berbadan usaha adalah bisnis yang serius. Jadi ini sangat baik bagi Anda untuk mulai mengajukan pendirian badan usaha untuk bisnis Anda.

#3 Sebagai Sarana Promosi

Dalam proses pengajuan badan usaha, pasti ada serangkaian kegiatan yang mengulik tentang bisnis Anda. Secara tidak langsung ini membantu memperkenalkan bisnis Anda kepada orang lain.

Tidak hanya saat proses pendirian badan usaha saja, tapi paska memiliki BU, perusahaan Anda pun akan memiliki embel-embel, seperti PT atau CV. Dan kaitannya dengan poin kedua, memiliki badan usaha ini bisa digunakan sebagai sarana promosi yang elegan.

#4 Mempermudah Transaksi

Apabila perusahaan Anda menyediakan suplay barang untuk pihak lain atau sejenisnya dan Anda mengikuti tender, maka dengan memiliki badan usaha ini akan mempermudah transaksi sebuah proyek. Perlu Anda tahu, sebuah proyek apalagi yang ada hubungannya dengan pemerintahan, akan sangat selektif memilih perusahaan yang benar-benar legal.

Nah kalau perusahaan Anda belum berbadan usaha, jangan harap akan mendapatkan kemudahan ketika ada proyek-proyek dari berbagai kalangan skala besar.

#5 Akan Mudah Dalam Mengembangkan Bisnis

Setiap bisnis pasti ingin adanya pertumbuhan dan perkembangan. Salah satu faktornya adalah dengan menambah permodalan. Jika Anda sudah memiliki badan usaha, maka akan mudah ketika akan mencari modal usaha tambahan. Selain itu juga akan semakin mudah ketika perusahaan akan kedatangan investor. Kelegalan perusahaan pun menjadi salah satu faktor bagi investor untuk menginvestasikan modalnya.

 

Itu beberapa manfaat mendirikan badan usaha bagi bisnis Anda.

Selain itu, dengan memiliki sebuah badan usaha berarti menandakan bahwa perusahaan atau bisnis yang kita jalankan sudah sesuai dengan aturan hukum yang ada di negara kita. Ini adalah salah satu bentuk kedisiplinan bisnis.

Nah kalau Anda berkeinginan untuk mendirikan badan usaha, harus memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Barang atau Jasa yang diperjualbelikan
  • Sistem pemasaran bisnis
  • Penentuan harga pokok & harga jual
  • Pembelian
  • Sistem manajemen perusahaan
  • SDM atau tenaga kerja
  • Kebutuhan belanja perusahaan
  • Jenis badan usaha yang akan dipakai

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share ke rekan-rekan Anda.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + twenty =