Home » TIPS » Ini Untungnya Jika Anda Gabung di Komunitas Bisnis
Komunitas Bisnis

Ini Untungnya Jika Anda Gabung di Komunitas Bisnis

Dalam mengelola sebuah bisnis usaha ada kalanya menghadapi tantangan bahkan kesulitan yang tak bisa diselesaikan seorang diri. Dukungan dari sanak saudara, keluarga dan rekan terdekat pun kadang juga tak bisa membantu permasalahan bisnis.

Jika sudah seperti itu mau kemana kita harus berbagi kesulitan dan mendapatkan titik terang?

Yang jelas, yang paling utama adalah selalu melibatkan Tuhan. Dia lah yang Maha Segalanya dan yang mengatur rezeki kita.

Tapi kaitannya dengan hubungan dengan sesama manusia, terlebih dalam menghadapi kesulitan bisnis atau apapun itu tentang bisnis, kita bisa melemparkannya ke forum bisnis.

Ya, solusi utama adalah masuk atau gabung di komunitas bisnis.

Komunitas bisnis atau wirausaha bukan sekedar tempat kumpulnya pelaku-pelaku bisnis. Tapi di situlah akan banyak sekali manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan bagi setiap pelaku usaha yang bergabung di dalamnya.

Apa saja itu keuntungnya?

#1 Menambah Pertemanan atau Relasi Bisnis

Jelas, dengan bergabung di komunitas bisnis Anda akan mendapatkan teman lebih banyak lagi. Apalagi mereka memang punya kesukaan dalam dunia bisnis, sehingga akan sangat nyaman ketika ngobrolin soal bisnis.

Di sini pula Anda akan mendapatkan relasi bisnis baru yang justru bisa saling melengkapi kebutuhan bisnis Anda. Saling tukar ide atau bekerja sama untuk memberikan keuntungan bersama.

#2 Membantu Mengatasi Masalah

Nah, apabila Anda memiliki permasalahan dalam bisnis Anda, lempar saja ke forum atau komunitas bisnis. Minta masukan dan saran dari rekan-rekan anggota dalam komunitas untuk membantu mengatasi masalah. Karena kadang ada pelaku bisnis yang pernah mengalami masalah yang sama, dan itu bisa Anda coba jadikan solusinya.

Jangan sungkan untuk sharing mengenai perkembangan bisnis Anda, masalah-masalah yang ada. Karena di komunitas inilah tempatnya untuk mencari ilmu dari pelaku-pelaku bisnis yang telah berpengalaman.

#3 Mendapatkan Modal

Dengan bergabung di komunitas bisnis, Anda pun bisa saja akan mendapatkan tambahan modal usaha. Bisa jadi ada pelaku bisnis yang memang hobinya mencari pengusaha-pengusaha muda potensial untuk diberikan investasi tambahan modal.

Atau bisa juga dalam komunitas bisnis sudah bekerjasama dengan pihak investor sehingga siapa yang bergabung di dalam komunitas tersebut akan mendapatkan bantuan permodalan dengan syarat yang mudah.

#4 Mendapatkan Bantuan Pemasaran

Jika Anda mengalami masalah dalam hal pemasaran, komunitas bisnis akan membantu dalam hal pemasaran. Biasanya telah bekerja sama dengan pihak-pihak lain yang akan membantu pemasarannya. Misalnya komunitas tersebut sudah bekerja sama dengan salah satu supermarket, atau lainnya. Sehingga ini akan mempermudah Anda untuk membantu pemasaran produk usaha.

#5 Meningkatkan Penjualan

Kok bisa? Bisa saja, karena biasanya komunitas bisnis memiliki tujuan utama untuk meningkatkan ekonomi anggotanya. Salah satu yang bisa diterapkan adalah dengan membantu proses penjualan. Meski tidak dibantu secara langsung, tapi dengan bergabung di komunitas wirausaha artinya produk Anda sudah banyak dikenal oleh para pelaku-pelaku usaha. Nah, nantinya produk Anda bakal direkomendasikan ke konsumen jika mencari produk yang seperti Anda jual.

#6 Meningkatkan Ilmu Bisnis

Yang kerap dilakukan dalam komunitas bisnis adalah menggelar pelatihan, seminar maupun workshop dalam bidang bisnis. Tujuan utamanya adalah agar para anggota bisa meningkatkan ilmu bisnisnya. Misalnya menggelar pelatihan pemasaran online dan pelatihan-pelatihan lainnya.

Itu beberapa keuntungannya jika Anda bergabung di komunitas wirausaha.

Nah, apabila Anda memang pelaku UKM, sebaiknya Anda aktif bergabung di komunitas. Karena UKM masih sangat perlu mendapatkan rangkulan dari berbagai kalangan termasuk kalangan-kalangan pengusaha. Akan tetapi dalam memilih komunitas bisnis juga harus lebih teliti. Cari komunitas yang benar-benar aktif dan memiliki tujuan bersama bukan hanya sekedar untuk media salah satu pengusaha saja.

Dengan demikian pada pengusaha yang tergabung di dalamnya akan mendapatkan manfaat yang sama dan tidak ada perbedaan ditiap-tiap anggotanya.

Beberapa komunitas bisnis yang aktif adalah Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Komunitas Yuk Bisnis, dan lainnya.

4 Comments
    • Setia Adi Firmansyah

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + 18 =