Home » TIPS » Jangan Sepelekan Untung Recehan
Untung Recehan

Jangan Sepelekan Untung Recehan

Gara-gara terlalu berambisi mendapatkan untung yang besar dalam sekejap, banyak pengusaha muda yang akhirnya beralih ke bidang bisnis yang lain. Kasus semacam ini kadang terjadi pada pengusaha yang baru saja memulai berwirausaha.

Karena hanya berpacu pada hasil akhirnya mereka pun tidak fokus dan konsisten dalam mengelola usaha barunya.

Padahal untung yang sedikit atau tidak sesuai dengan ekspektasi bisa jadi disebabkan karena salah dalam mengelola usaha tersebut. Di lain sisi, mendapatkan untung yang kecil bukanlah sebuah malapetaka. Jika kita pandai dalam mengatur pola manajemen marketing, bisa jadi untung yang kecil tersebut akan bertransformasi menjadi untung yang berlipat.

Banyak hal yang menyebabkan itu semua, dan apabila Anda memiliki nilai keuntungan yang kecil janganlah berkecil hati. Tetap fokus dan atur strategi untuk bisa mengubah untung recehan menjadi omzet jutaan.

Bagaimana caranya?

Ada beberapa poin yang bisa Anda lakukan, diantaranya :

Menghitung kembali harga jual

Coba hitung kembali harga jual produk Anda, siapa tahu ada yang salah dan tidak sesuai (lebih rendah) dengan harga pasar. Jangan takut untuk menetapkan harga jual yang tinggi jika produk Anda memang memiliki nilai dan kualitas yang lebih baik dari produk kompetitor.

Perluas Pasar

Untung kecil nggak masalah, yang penting Anda memiliki banyak pelanggan. Salah satu caranya dengan memperluas pasar. Jika awalnya target pasar Anda hanyalah wilayah A, coba sekarang perluas hingga wilayah B, dan C. Nggak ada biaya pemasaran? Gunakan saja alat bantu marketing online seperti layanan media sosial, marketplace, dan lain-lain.

Berikan Promo

Waduh, untung sudah kecil masih disuruh memberikan promo? Eits, tunggu dulu, promo tidak harus dalam bentuk “diskon” atau potongan harga. Promo bisa menggunakan berbagai cara misalnya kupon undian dan lainnya yang sifatnya jangka menengah dan panjang. Dengan memberikan promo ini akan menarik banyak pembeli.

Baca juga: Ketika Bisnis Mulai Meredup, Ini Yang Perlu Anda Lakukan

Jangkauan pasar luas, diberikan promo maka keuntungan akan berlipat. Gunakanlah Faktor Kali. Untung kecil kalau jumlah pembeli banyak, tentu keuntungan akan semakin banyak.

Tetap Fokus dan Konsisten

Mengelola usaha yang baru saja dibangun memang sulit, salah satunya ya mendapatkan untung recehan itu. Jalan terbaik adalah tetaplah fokus dan konsisten. Selain tetap memperhatikan poin-poin di atas, ketekunan adalah yang utama. Dengan fokus, konsisten dan tekun, Anda akan merasakan hasilnya beberapa tahun kemudian. Percayalah bahwa nilai sebuah keuntungan itu bukanlah segalanya. Awal-awal berwirausaha memang membutuhkan kerja keras yang cukup lama dan tiada hentinya.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 1 =