Home » REGIONAL » Keren, Batu Akik Oncom Gununghalu Kini Mulai Eksport
Batu Akik Oncom Gununghalu
image via okezone.com

Keren, Batu Akik Oncom Gununghalu Kini Mulai Eksport

Fenomena trend batu akik di Indonesia ternyata sudah mencuat ke luar negeri. Salah satunya adalah negara tetangga sebelah yaitu Malaysia dan Singapura yang mulai melirik batu akik primadona Indonesia. Batu akik Oncom atau Pancawarna Gununghalu lah yang sudah di eksport ke negara-negara tersebut.

Batu akik yang berasal dari Pegunungan Desa Tamanjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat ini sudah menjadi bidikan bagi pencinta batu akik di Malaysia maupun Singapura.

Langkah awal eksport ini awalnya dimulai oleh Owner By Gemstone Cihampelas, Beni Arditya Putra. Ternyata kegiatan bisnis batu akiknya ini ke luar negeri bermula dari ketidaksengajaan.

Ya, pada mulanya ia hanya memberikan batu akik kepada rekannya yang saat itu sedang mencari nafkah di Batam sebagai bentuk kenang-kenangan. Namun, karena rekan Beni ini sering kali berhubungan dengan orang Malaysia, justru membuat orang Malaysia bertanya lebih jauh tentang batu akik ini.

Ketertarikan akhirnya muncul dan banyak orang Malaysia yang mulai order batu akik Oncom ini. Produk batu akik Oncom terbaiknya pun menjadi senjata untuk order pertamanya ini. Karena dengan memberikan kualitas yang terbaik tentu kedepannya akan membuka lebih besar lagi pasar penjualan batu akik ke negara-negara lain.

Dengan berbekal kualitas terbaik dan bersertifikasi, akhirnya order pertama itu bisa berlangsung dengan lancar. Dan dari situ mulai banyak berdatangan permintaan lain.

Rata-rata pemesan batu akik oncom dari Malaysia dan Singapura menyukai karakter batu yang memiliki warna kombinasi warna orange. Batu akik ini disebut Batu Akik Oncom karena memang memiliki warna yang hampir menyerupai makanan khas Bandung, Oncom, yakni warna orange.

Tidak hanya dari luar negeri saja, permintaan dari dalam negeri pun juga sangat banyak untuk jenis batu akik yang satu ini. Berbagai daerah di luar pulau Jawa pun juga banyak yang meminati batu akik oncom ini.

article src

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 5 =