Ingin Investasi Rumah tapi Gaji Masih 2 Jutaan? Begini Caranya

EtalaseBisnis.com, Investasi Rumah – Impian hampir sebagian besar orang adalah bisa mendapatkan kehidupan yang layak, dan bisa memiliki rumah sendiri. Rumah bukan saja menjadi tempat berteduh dan berkumpul untuk seluruh keluarga.

Rumah juga merupakan sebuah investasi yang juga cukup menguntungkan di masa depan, sebab setiap tahunya harga rumah terus berangsur naik. Meski begitu, rupanya tidak semua orang bisa membeli rumah sendiri karena kondisi keuangan yang terbatas.

Bagi Anda yang memiliki penghasilan pas-pasan, katakanlah Rp. 2 juta per bulan, mungkin akan merasa cukup kesulitan untuk bisa mewujudkan impian memiliki rumah sendiri.

Namun, sebetulnya berapapun besarnya gaji Anda, bukan kendala utama untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Anda bisa saja membeli rumah secara kredit, namun harus hati-hati dengan penerapan sistem bunga KPR yang kadang bisa memberatkan Anda saat mencicil nanti.

Investasi Rumah tapi Gaji Masih 2 Jutaan

Investasi Rumah

Lalu apakah ada solusi untuk kaum gaji yang penghasilanya masih pas-pasan, sementara akan membutuhkan rumah di masa depan? Berikut ini akan diuraikan beberapa cara yang dapat digunakan, untuk membeli rumah sendiri dengan gaji yang pas-pasan:

1. Membuat perencanaan Detail

Setelah Anda berniat untuk memiliki rumah sendiri, maka mulai membuat perencanaan detail dengan mencari informasi rumah yang sesuai keinginan Anda. Carilah informasi mulai dari tipe rumah, lokasinya serta harga rumah tersebut. Setelah itu, sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda dan jangan paksakan untuk membeli yang diluar kemampuan keuangan Anda.

2. Menabung untuk Membeli Rumah

Seperti kita ketahui bahwa harga rumah akan meningkat terus setiap tahunya. Maka dari itu, Anda harus memutuskan untuk memiliki rumah dengan menabung.  Misalnya, rumah yang sesuai keinginan itu adalah yang harganya Rp. 200 juta , jika ingin membelinya secara kredit, maka Anda harus memperhitungkan dan menyiapkan dana untuk setidaknya membayar uang muka sekitar 40 jutaan.

Selain biaya DP (down payment) tersebut, Anda juga harus menyiapkan dana untuk biaya bank dan notaris, mungkin dana yang harus disiapkan menjadi Rp. 60 jutaan. Harga tersebut adalah harga saat ini, sedangkan 5 tahun kedepan, harganya akan lebih meningkat lagi.

Katakanlah gaji Anda Rp. 2 jutaan perbulan, maka usahakan untuk menyisihkan sekitar 10% dari gaji perbulan untuk menabung membeli rumah. Namun, semakin besar tabungan yang disiapkan, maka mewujudkan  impian membeli rumah akan lebih cepat bukan.

Anda bisa menabung biasa di bank, atau jika Anda masih muda dan ingin memiliki rumah dalam 5-10 tahun ke depan, Anda bisa mencoba untuk Nabung Saham.

3. Mencari Penghasilan Tambahan

Mengingat harga rumah yang terus naik setiap tahunya, sangat penting untuk mencari penghasilan tambahan, di luar pekerjaan tetap Anda.  Ada banyak pekerjaan tambahan dan peluang usaha sampingan yang bisa Anda jadikan cara untuk menambah pundi-pundi seperti menjalankan bisnis online, les privat, menjadi driver jasa online atau menjadi freelance.

4. Evaluasi Tabungan Secara Berkala

Lakukan evaluasi pada tabungan Anda secara berkala, setidaknya 3 hingga 6 bulan sekali. Pastikan Anda mengetahui sudah sejauh mana uang yang terkumpul dalam tabungan untuk membeli rumah. Asumsikan bahwa penghasilan akan bertambah, baik dari adanya kenaikan gaji dan dari penghasilan sampingan Anda.

Memiliki rumah bukan saja menjadi impian hampir setiap orang, namun juga rumah bisa menjadi salah satu investasi bagi kita yang menguntungkan di masa depan. Ingin investasi rumah tapi gaji masih 2 jutaan, bukan hal yang mustahil lagi.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.