Home » PERBANKAN » Cara Membuka Rekening Tabungan BNI Syariah Wadiah Lewat Hasanah Online

Cara Membuka Rekening Tabungan BNI Syariah Wadiah Lewat Hasanah Online

BNI Syariah Hasanah Online

Sudah lama sebenarnya saya ingin membuka rekening baru. Setelah mencoba melihat-lihat beberapa produk tabungan yang ditawarkan beberapa bank, akhirnya pilihan saya jatuh pada BNI Syariah dengan produk tabungan iB Hasanah Akad Wadiah.

Mengapa saya memilih ini? Alasan pertama adalah Akad Wadiah ini tidak ada biaya administrasinya, yang kedua adalah BNI Syariah memiliki layanan buka rekening online. Jadi saya penasaran bagaimana prosedur dan benefit yang didapatkan calon nasabah jika membuka rekening melalui online.

Baca juga : Tabungan BNI Syariah iB Hasanah Wadiah Bebas Biaya Administrasi

Owh ya, sebelumnya saya ingin konfirmasi kalau ini bukan tulisan sponsor. Ini murni pengalaman saya membuka rekening di bank ini. Jadi semoga bisa menambah referensi Anda.

Pembukaan rekening online yang dimaksud adalah Hasanah Online. Itu nama layanan yang diberikan oleh BNI Syariah.

Kalau Anda membuka website BNI Syariah www.bnisyariah.co.id, Anda akan menemukan layanan ini di menu Produk dan Layanan > Dana > Hasanah Online. Jika Anda klik, maka nanti akan dilempar ke alamat https://bro.bnisyariah.co.id/.

Hasanah Online

Dari sini saya mulai saja caranya langkah demi langkah agar Anda paham.

Langkah 1. Cara Membuka Rekening Tabungan BNI Syariah Akad Wadiah

Setelah membuka halaman tersebut (https://bro.bnisyariah.co.id/), akan ada beberapa pilihan jenis produk BNI Syariah yang ingin kita pakai. Karena saya ingin membuka rekening tabungan iB Hasanah akad Wadiah, maka saya pilih / klik BNI iB Hasanah (Wadiah). Nanti akan sedikit informasi mengenai produk tabungan ini beserta fasilitas yang akan didapatkan. (Jika Anda ingin membuka rekening di produk lain, kurang lebih sama)

Di bawahnya akan ada syarat dan ketentuan pembukaan rekening ini. Wajib Anda baca agar tahu dan tidak menyesal jika nanti ternyata ada hal-hal yang tidak dimengerti. Setelah dibaca dan setuju, maka tinggal di checklist persetujuannya, kemudian pilih SETUJU.

Langkah 2. Cara Membuka Rekening Tabungan BNI Syariah Akad Wadiah

Setelah klik SETUJU, maka Anda akan disuruh mengisi Formulir Pembukaan Rekening. Silahkan diisi semua kolom-kolomnya, terutama yang bertanda bintang, karena itu wajib diisi. Pastikan datanya benar.

Saya tidak akan menjelaskan masing-masing kolomnya. Tetapi saya ingin sedikit menjelaskan di bagian kolom “Fasilitas yang diinginkan”.

Di bagian ini ada beberapa kolom, untuk Hasanah Debit (Kartu ATM/Debit) ini ada dua pilihan, yakni Reguler dan Instan. Reguler itu nanti kartu Debit / ATM yang tertera nama Anda. Untuk membuatnya tidak bisa langsung jadi. Sehingga apabila Anda nanti ke kantor cabang BNI Syariah untuk mengurus pembukaan ini, tidak langsung menerima kartu ATM/Debitnya. Karena perlu diproses dulu untuk dicetak dengan nama Anda. Nantinya kartu akan dikirim ke alamat Anda jika sudah selesai.

Nah, kalau tidak ingin menunggu terlalu lama, Anda bisa memilih yang instan (tanpa nama). Toh fungsinya juga sama, bedanya cuma ada namanya dan tidak. Kalau saya pilih yang instan, supaya bisa langsung di bawa pulang. 🙂

Kemudian di bagian kolom seperti Internet Banking, Mobile Banking, dll ini juga perlu Anda isi sesuai yang diinginkan. Kalau memang pengen dapat fasilitas Mobile Banking ya silahkan diisi.

Apabila ada kolom isian yang bingung, mending dikosongi dulu. Atau Anda bisa coba komentar di bawah tulisan ini, nanti saya jelaskan. Maaf kalau tidak bisa jelaskan satu per satu di tulisan ini. 🙂

Langkah 3. Cara Membuka Rekening Tabungan BNI Syariah Akad Wadiah

Kalau dirasa semua kolom sudah diisi, baca kembali dari atas untuk memastikan isiannya benar tidak ada yang terlewat dan salah. Merasa sudah semua, silahkan klik Setuju. Ikuti saja langkah selanjutnya, dan diakhir nanti Anda akan mendapatkan nomor referensi yang perlu Anda bawa ke Kantor Cabang / Pembantu BNI Syariah.

Jangan Anda catat, tetapi cetak juga nomor itu untuk dibawah ke kantor cabang / pembantu BNI Syariah.

Di situ sudah tertulis panduannya dan berkas-berkas apa saja yang perlu Anda bawa.

Referensi Number

Langkah 4. Cara Membuka Rekening Tabungan BNI Syariah Akad Wadiah

Setelah dicetak, Anda tinggal datang ke Kantor Cabang / Pembantu BNI Syariah yang Anda pilih saat mengisi formulir tadi. Anda diberi waktu 14 hari setelah melakukan pembukaan rekening online tadi.

Jika Anda membuka rekening BNI Syariah di daerah Anda tinggal (sesuai KTP), maka Anda cukup membawa KTP, Nomor Referensi tadi yang dicetak, dan uang minimal Rp 100.000 untuk biaya (setoran awal minimal Rp 50.000, materai Rp 6.000, biaya pembuatan ATM Rp 5.000) sudah itu saja.

Kalau sudah dipersiapkan semua, silahkan langsung datang ke Kantor Cabang / Pembantu BNI Syariah yang dipilih tadi, kemudian mengantri ke CS dengan keperluan pembukaan rekening. Apabila satpam menyuruh mengisi formulir, silahkan bilang saja kalau Anda mengisinya lewat website. Beberapa satpam mungkin ada yang belum mengetahui layanan ini.

BNI Syariah Klaten

Setelah antrian Anda dipanggil, bilang saja sama CS kalau ingin membuka rekening BNI Syariah (sebutkan produknya – BNI Syariah Hasanah Wadiah) dan kemarin sudah melakukan pembukaan lewat website.

Maka pihak CS akan memproses pembukaan rekening tabungan BNI Syariah Akad Wadiah Anda.

Baca juga : Kriteria Dan Persyaratan Hasanah Card, Kartu Kredit Syariah Bank BNI Syariah

***
Seperti itulah beberapa langkah atau cara membuka rekening tabungan ini. Kesimpulannya adalah layanan Hasanah Online ini hanya sebatas membantu dalam hal pengisian formulir. Ada plus minus di layanan ini, dan untuk lebih jelasnya akan saya tulis di postingan selanjutnya. 🙂 Jadi jangan lupa untuk subscribe blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *