Home » PERBANKAN » 6 Promosi yang Sering Diberikan Kartu Kredit

6 Promosi yang Sering Diberikan Kartu Kredit

Promo Kartu Kredit

Selain sebagai alat pembayaran, kartu kredit juga memberikan keuntungan lebih, seperti diskon kartu kredit dan tawaran promo yang sering dilakukan. Tawaran belanja memang sulit ditolak, apalagi pada saat momentum penting, seperti hari raya atau hari kemerdekaan atau saat gelaran bulan belanja (great sale).

Saat itu banyak  bank penerbit kartu kredit atau merchant yang bekerja sama berkompetisi memberikan berbagai diskon kartu kredit untuk memanjakan nasabahnya, atau sebagai bentuk apresiasi dan untuk menarik nasabah baru.

Nah, bagi kamu yang sudah mempunyai kartu kredit, kamu akan memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan promo dan diskon kartu kredit ini biasanya berbeda-beda, tergantung dari bank yang mengeluarkan kartu dan juga partnernya.

Berikut ini ada enam promo yang biasa ditawarkan kartu kredit kepada nasabahnya:

1. Voucher Belanja

Kartu kredit tertentu sering memberikan voucher belanja kepada nasabahnya jika berbelanja dengan nominal tertentu selama program promo berlangsung. Voucher yang ditawarkan bisa berupa voucher belanja dengan nominal tertentu atau pembelian tiket pesawat dan hotel di merchant atau online shop yang menjalin kerja sama dengan bank penerbit kartu kredit kamu.

2. Diskon

Karena ini merupakan standar fitur kartu kredit maka promo dengan potongan harga atau diskon ini menjadi fitur yang paling banyak ditawarkan untuk transaksi belanja kepada nasabahnya. Banyak merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit yang menawarkan berbagai macam diskon barang. Nah, saat lagi promo potongan harga ini, kamu sebaiknya memanfaatkannya dengan membeli barang yang kamu butuhkan supaya lebih hemat.

3. Cashback

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki kartu kredit adalah potongan atau pengembalian dana alias cashback sebesar nominal tertentu setelah kamu melakukan sejumlah transaksi. Potongan atau pengembalian dapat dilakukan dengan langsung mengurangi nilai transaksi atau dengan cara mengurangi kategori kredit dalam tagihan di bulan selanjutnya. Misalnya, kamu mendapatkan cashback sebesar Rp1,5% dari jumlah total transaksi atau bisa juga cashback uang tunai untuk pembelanjaan dengan nominal tertentu.

4. Tiket gratis

Kamu juga bisa mendapatkan segala macam tiket gratis bagi pemilik kartu kredit saat bank penerbit atau merchant menggelar program dengan hadiah gratis tiket. Adapun tiket gratis yang biasa ditawarkan adalah tiket nonton film, tiket pesawat, tiket masuk wahana hiburan maupun reservasi kamar hotel dan sebagianya.

Kartu kredit tertentu biasanya ada yang menawarkan fitur bonus, seperti  poin mileage atau frequent flyer, yang bisa ditukarkan dengan tiket gratis atau fasilitas di maskapai penerbangan tertentu, seperti bonus airport lounge.

5. Free annual  fee

Biasanya, bank penerbit kartu kredit memberikan free anual fee (iuran tahunan) bagi pengguna kartu kredit baru. Tapi hanya bank-bank tertentu saja memberikan promo ini, begitu juga tidak semua kartu kredit, melainkan hanya jenis kartu kredit tertentu saja yang mendapat gratsi iuran tahunan. beban iuran tahunan untuk kredit pun rata-rata hanya satu atau dua tahun pertama. Meski begitu, ada juga bank yang memberikan beban iuran tahunan selamanya. Karena itu, ada baiknya demi meringankan beban kamu, pilihlah kartu kredit yang tidak menggenakan iuran tahunan.

6. Point reward

Biasanya kartu kredit memberikan point reward kepada nasabahnya untuk pembelanjaan di merchant tertentu dengan jumlah transaksi tertentu dan kelipatannya. Jika poin tersebut dikumpulkan dengan jumlah sesuai dengan ketentuan yang diberikan bank maka kamu bisa menukarkan point reward tersebut dengan hadiah langsung, misalnya barang elektronik, seperti handphone, televisi atau produk lainnya.

Jadi, jangan lupa bertanya kepada kasir pembayaran di pusat perbelanjaan apakah ada poin yang bisa digunakan dalam pembayaran barang belanjaan kamu ya. Selain mengumpulkan point reward, biasanya untuk pembelian produk di merchant dengan nominal transaksi tertentu, misalnya Rp5 juta, kamu juga berkesempatan mendapatkan hadiah langsung dengan cara menukarkan struk belanja, loh.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 2 =