Home » PERBANKAN » Syarat & Keuntungan Tabungan Rencana Mandiri

Syarat & Keuntungan Tabungan Rencana Mandiri

Mandiri Tabungan Rencana

Banyak sekali produk-produk tabungan yang ditawarkan oleh bank. Masing-masing produk tabungan yang ditawarkan pun memiliki fungsi dan kelebihan yang berbeda. Salah satu produk tabungan yang dicari oleh masyarakat adalah Tabungan Rencana Mandiri.

Apa Itu Tabungan Rencana Mandiri?

Secara sistem, tabungan ini sama seperti tabungan biasa, yakni untuk menyimpan dana nasabah di bank. Namun, yang membedakan Tabungan Rencana ini dengan Tabungan Biasa adalah jumlah setoran per bulannya.

Baca juga: Pengertian Tabungan

Jika di tabungan biasa Anda bebas untuk menyetor dana tabungan dengan nominal bebas terserah Anda tiap bulan atau waktunya. Di Tabungan Rencana Mandiri ini jumlah setoran harus Anda samakan tiap bulannya dan itu memang yang menjadi ketentuannya.

Jadi di Tabungan Rencana ini nasabah bisa menentukan dan mengubah setoran bulanan mulai dari Rp 100.000 atau USD 10 per bulannya.

Jika Anda menabung di Mandiri Tabungan Rencana ini memang harus rutin tiap bulannya dan nominalnya harus sama atau bisa diubah dengan kelipatan Rp 100.000,-.

Biasanya yang menggunakan Tabungan Rencana ini adalah nasabah yang memang ingin merencanakan sesuai beberapa tahun ke depan. Sehingga melalui produk tabungan ini akan lebih mudah dan efektif.

Di Tabungan Rencana Mandiri ini juga memiliki beberapa keuntungan yang tidak didapatkan di produk tabungan biasa, seperti :

  • Gratis biaya administrasi
  • Mendapatkan Fasilitas Autodebet
  • Nasabah bebas menentukan/mengubah setoran bulannya dengan nominal minimal Rp 100 Rb atau USD 10.
  • Nasabah bisa menambah dana ke Mandiri Tabungan Rencana ini di luar setoran bulanan. Jadi misal bulan ini sudah setor Rp 200.000, Anda bisa menambahkan Rp 1.000.000,- yang merupakan dana lain.
  • Memiliki jangka waktu menabung yang fleksibel antara 1 tahun hingga 20 tahun.
  • Mendapatkan perlindungan asuransi gratis bagi nasabah hingga Rp 5 juta atau USD 500 per bulannya.
  • Tersedia dalam valuta Rupiah dan USD

Jika Anda ingin membuka Tabungan Rencana Mandiri ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

  1. Anda harus memiliki rekening sumber yakni bisa dari Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro.
  2. Usia Anda minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun ketika Mandiri Tabungan Rencana jatuh tempo.
  3. Anda harus mengisi formulir aplikasi beserta pernyataan kesehatan dan surat kuasa pendebitan otomatis.

Nah untuk tata cara setorannya, Anda tak perlu datang ke Kantor Cabang Mandiri, karena untuk setoran bulanannya akan diambilkan secara otomatis dari rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro. Maka dari itu kenapa tadi diwajibkan harus memiliki rekening sumber.

Cuma, nasabah harus menjaga saldo rekening sumber pada tanggal yang sudah ditentukan agar bisa dipindahkan secara otomatis ke rekening Tabungan Rencana.

Apabila nasabah tidak melakukan setoran rutin (bulanan) sebanyak tiga kali (3 bulan tidak setor), maka secara otomatis sistem akan menutup rekening Mandiri Tabungan Rencana.

Bagikan artikel ini :


One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *