Manfaat dan Peluang Bisnis Buah Kapulaga

Indonesia dijajah bangsa asing salah satunya karena kaya akan rempah-rempah. Dan hingga saat ini, ketersediaan rempah sangatlah melimpah dan beraneka ragam jenisnya. Salah satunya adalah Kapulaga. Buat yang ingin berbisnis remah, Kapulaga sangat berpotensi karena manfaatnya sangat banyak sekali.

Di masyarakat kita, Kapulaga biasa digunakan untuk campuran jamu dan bumbu masakan. Kapulaga sendiri memiliki beberapa sebutan di beberapa daerah di Indonesia. Ada yang menyebutnya dengan nama Karkolaka, Kapol, Palago, dan lain-lain.

Kapulaga ini tidak hanya ada di Indonesia, bahkan dari sejarahnya saja Kapulaga awalnya ada di daerah Pegunungan Malabar, India. Karena alasan manfaat dan permintaan pasar yang bagus, akhirnya Kapulaga ini ditanam di banyak negara, salah satu Indonesia.

Di Indonesia sendiri Kapulaga mulai ada sekitar tahun 1986. Dan hingga saat ini telah dibudidayakan di berbagai daerah bahkan sudah menjadi komoditi rempah di Indonesia.

Kapulaga ini memiliki buah, dan buahnya inilah yang jadi nilai jualnya. Biasanya Kapulaga bisa berbuah dalam masa 3 tahun. Akan tetapi karena sudah dikembangkan oleh petani dan para ahli, saat ini Kapulaga bisa berbuah hanya dalam kurun waktu 1,5 tahun saja.

Kapulaga-min

Manfaat Kapulaga

Kapulaga ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Mungkin yang banyak diketahui masyarakat, kapulaga hanya untuk bumbu masak saja. Tetapi sebenarnya Kapulaga sudah banyak dimanfaatkan untuk industri farmasi salah satunya untuk bahan minyak atsiri serta oleoresin.

Di pasar internasional sendiri Kapulaga sudah banyak dikenal sebagai minyak yang dinamakan Cardamon Oil.

Selain itu, biji Kapulaga yang belum matang juga bisa digunakan sebagai bahan obat. Bahkan hampir semua bagian pohon Kapulaga ini bisa dimanfaatkan juga. Mulai dari buahnya, batangnya, hingga akarnya, bisa digunakan sebagai bahan obat.

Yang perlu Anda ketahui, di dalam Kapulaga ini memiliki kandungan zat yang sangat bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan industri. Zat-zat tersebut diantaranya minyak atsiri, terpineol, borneol, sineol, gula, protein, silikat, lemak, betakamfer, mirkena, sebinena, karvona, mirtenal, kersik, dan terpinil asetat.

Hhm, pasti aneh kan istilahnya di telinga Anda. Tapi yang jelas, kandungan zat-zat tersebut bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan industri farmasi.

Aroma Kapulaga yang khas, juga dimanfaatkan oleh beberapa industri untuk menciptakan ekstrak kapulaga yang bisa dijadikan campuran beberapa makanan. Bahkan di Amerika ada produk soft drink dan es krim yang menggunakan Kapulaga sebagai penyedap rasanya.

Potensi Peluang Bisnis Buah Kapulaga

Produksi Kapulaga di Indonesia sudah menyumbangkan ekspor ke negara lain. Karena memang permintaan pasar atas Kapulaga ini cukup tinggi. Sehingga ini bisa jadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Apabila Anda memiliki lahan yang luas, bisa dicoba untuk membudidayakan Kapulaga. Apalagi karakteristik dari Kapulaga ini sangat mudah dibudidayakan. Anda cukup menanamnya sekali, tapi nanti bisa memanennya berkali-kali.

Bicara soal potensi bisnis, tentu kita perlu tahu berapa harganya. Selain permintaan yang tinggi, harga buah Kapulaga sendiri cukup besar, yakni sekitar Rp 40 ribu per kg nya untuk Kapulaga kering. Mungkin di beberapa daerah berbeda.

Budidaya Kapulaga ini pun juga tidak terlalu sulit. Bahkan terbilang sangat mudah, apalagi perawatannya juga sederhana. Yang terpenting adalah kondisi sekitar tanaman terbebas dari rumput-rumput dan dilakukan pemupukan rutin saja.

Kalau harga Kapulaga kering per kg nya sekitar Rp 40 ribu, Kapulaga basah bisa lebih murah. Harga dari petani bisa hanya Rp 8.000 per kg.

Tapi ingat, Kapulaga ini akan tumbuh baik jika ditanam di area pohon besar atau istilahnya Kapulaga ini tanaman tumpangsari. Jadi Kapulaga ini sangat cocok jika ditanam di area perhutanan, seperti hutan jati, petai, kebun kopi, dll.

Kemudahan pengelolaan serta permintaan pasar yang besar, Kapulaga ini jadi peluang usaha yang menjanjikan tidak hanya bagi petani tetapi juga orang yang ingin memasarkan produk Kapulaga.

Mungkin Anda tertarik?



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.