Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Keuntungan Bisnis Budidaya Jamur Tiram Hingga Rp 15 Juta per Bulan

Budidaya Jamur Tiram

Keuntungan bisnis budidaya jamur tiram ini jika ditekuni bisa mendatangkan omzet hingga puluhan juta rupiah. Meskipun proses budidayanya gampang-gampang susah, tetapi ini peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk banyak orang.

Indonesia sendiri kaya akan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Salah satu jenis sayuran yang dapat dijadikan bisnis dengan omset hingga jutaan rupiah adalah Jamur Tiram.

Ya, jamur tiram memang memiliki banyak peminat. Apalagi jamur tiram dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan baik campuran sayur maupun dijadikan olahan makanan ringan. Tak heran jika banyak yang membudidayakan jamur tiram ini.

Secara teknis, budidaya bisnis jamur tiram tidaklah sulit. Yang terpenting adalah mengetahui jenis dan karakteristik dari jamur ini. Karena budidaya jamur tiram ini harus membutuhkan tempat yang khusus. Untuk itu perlu belajar tentang cara pembibitan dan perawatannya.

Budidaya Jamur Tiram

Banyak yang gagal dalam budidaya jamur tiram ini, dan mayoritas disebabkan karena kesalahan dalam perawatan. Seperti misalnya setelah pasca panen, perawatan pasca panen ini juga perlu dilakukan dengan teliti agar nantinya dapat menghasilan generasi-generasi jamur tiram yang baik.

Saat ini permintaan akan jamur tiram masih tinggi, ditambah lagi petani jamur tiram masih sedikit. Sehingga ini peluang bisnis yang manis untuk Anda. Jika Anda melakukannya dengan baik, dalam awal periode pun Anda bisa mendapatkan omset keuntungan hingga Rp 5-15 Juta per bulannya.

Tentu untuk mendapatkan keuntungan sebesar itu, Anda perlu mengetahui dahulu cara budidaya hingga perawatannya. Jika Anda tertarik untuk budidaya jamur tiram ini, tak ada salahnya untuk mencoba. Kami sarankan Anda belajar dari petani jamur tiram yang sudah ada. Sehingga nanti dapat sharing masalah kendala apa saja yang dihadapi dalam budidaya jamur tiram ini.

Cara Bisnis Budidaya Jamur Tiram dengan Baglog

Cara paling mudah untuk memulai bisnis budidaya jamur tiram adalah dengan baglog. Maksudnya adalah Anda membeli baglog yang sudah jadi. Sehingga Anda tidak perlu membuat bahlog sendiri. Saat ini pun harga baglog jamur tiram sangat murah. Akan tetapi Anda juga perlu cermat dalam memilih rekanan untuk suplai baglog jamur tiram yang berkualitas.

Yang terpenting adalah bisa memberikan garansi apabila ternyata baglog tidak bisa tumbuh jamurnya. Sehingga Anda pun tidak rugi banyak.

Selain itu, Anda juga perlu memikirkan masalah pemasarannya. Namun, kami rasa untuk masalah pemasaran masih terbilang mudah. Masih banyak restoran yang membutuhkan jamur tiram ini, dan itu peluang manis untuk Anda.

Anda bisa memasarkannya melalui internet, atau menjalin rekanan dengan restoran atau rumah makan. Anda juga bisa mengolahnya sendiri menjadi makanan yang siap saji. Entah itu camilan berbahan dasar jamur atau sayuran.

Jika Anda ingin meraup keuntungan yang lebih, Anda juga dapat mengolahnya jamur tiram budidaya Anda menjadi berbagai menu olahan yang inovatif, seperti keripik jamur tiram, sate jamur tiram dan masih banyak lagi. Sehingga Anda pun bisa mendapatkan omset keuntungan yang lebih besar. Selamat Mencoba :)

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *