Home » PELUANG USAHA » Peluang Usaha Menjadi Reseller Aksesoris Komputer Lewat Marketplace Online

Peluang Usaha Menjadi Reseller Aksesoris Komputer Lewat Marketplace Online

Reseller Komputer

Kalau ingin berjualan itu caranya ada dua. Yang pertama adalah membuat produk sendiri, Yang kedua adalah menjual produk orang lain jika tidak bisa atau bingung mau membuat produk apa. Jadi berjualan itu sebenarnya mudah. Hanya, masalah yang muncul itu kadang justru dari dalam diri kita seperti rasa pesimis dan tidak berani bertindak.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah berjualan aksesoris komputer. Peluang ini masih terbuka lebar, karena sekarang pengguna komputer juga semakin tinggi. Apalagi nilai keuntungan dari produk elektronik dan komputer itu cukup besar.

Nah buat kamu yang ingin membuka usaha tapi bingung ingin pilih jualan apa, menjadi reseller aksesoris dan periperal komputer bisa jadi solusi. Apalagi kalau kamu memang punya keahlian di bidang komputer, tentu itu akan menjadi nilai tambah bagi usahamu nanti.

Kalau bicara soal modal, sebenarnya modalnya relatif. Tinggal pintar-pintar saja mensiasati gimana supaya bisa keluar modal yang tidak banyak. Kali ini Etalase Bisnis ingin berbagi informasi untuk kamu yang siapa tahu ingin membuka usaha seperti ini.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

#Jadilah Reseller

Kamu nggak mungkin bakal bikin produk-produk perlengkapan komputer. Iya kan? Jadi kamu cukup jadi reseller saja. Caranya dengan menjadi kerjasama dengan beberapa distributor dari brand langsung maupun distributor umum. Dengan seperti itu kamu akan mendapatkan harga beli yang lebih rendah dari harga pasar.

Kalau kamu punya rekan yang sudah berjualan aksesoris komputer dan perlengkapannya secara offline (melalui toko), kamu bisa ajak kerjasama. Kamu bisa bantu dia untuk mengurusi penjualan khusus onlinenya. Jadi kamu tidak perlu beli dulu, sehingga kamu tidak perlu modal besar.

#Jual Lewat Marketplace Online

Kalau mau jualan melalui offline, modal pun akan bertambah karena untuk menyewa kios dan lainnya. Untuk itu coba dulu untuk menjual lewat online. Dengan berjualan lewat online kamu tidak perlu modal besar. Karena kamu bisa mengandalkan marketplace yang sudah ada seperti Tokopedia.

Enaknya berjualan di Tokopedia adalah kamu tidak perlu mengurusi platform jual belinya, kamu tinggal fokus ke produk saja. Lagi pula berjualan lewat marketplace ini memudahkan pembeli. Salah satu yang disukai pembeli adalah Tokopedia merupakan online shop cicilan tanpa kartu kredit. Ini cocok untuk pembeli yang ingin membeli barang-barang mahal seperti perlengkapan komputer.

#Optimasi Marketplace

Kalau kamu berjualan lewat marketplace, tetap harus dioptimasi. Karena nanti kamu bakal ketemu penjual-penjual lain yang juga menjual produk yang sama. Persaingan ini harus dimenangkan dengan cara-cara yang sehat. Seperti mengaktifkan fitur iklan, hingga optimasi secara personal melalui setiap produk yang dijual.

Contohnya saja ketika kamu mengisi judul dan deskripsi produk. Jangan sekadar menulis dengan kata-kata yang biasa. Kamu harus memakai kata-kata yang tidak hanya mengundang orang yang memilih produk kamu tetapi juga kata-kata yang SEO Friendly.

Bandingkan contoh judul berikut :

  • Harddisk Seagate 3.5″ External
  • Jual Seagate 3.5″ Harddisk External Murah GARANSI RESMI

Dari dua judul di atas, tentu judul kedua yang lebih memikat.

Tidak hanya judul, di dalam deskripsi produk juga perlu kamu optimasi. Misalnya saja dengan menambahkan kata-kata seperti harga harddisk external terbaik, harddisk external dengan kualitas terbaik dan bergaransi resmi, dll.

Penggunaan kata-kata seperti itu sepele, tetapi sebenarnya itu sangat berpengaruh bagi jualan kamu.

Jadi perhatikan lagi jika ingin berjualan melalui marketplace.

#Update Produk Terbaru

Perkembangan teknologi begitu cepat termasuk aksesorisnya. Kamu perlu update produk-produk terbaru kalau perlu jika sudah berjalan usahanya, kamu bisa import produk dari luar negeri. Biasanya akan ada produk-produk aksesoris komputer yang unik dan banyak diminati orang.

Tak ada salahnya menengok toko sebelah, untuk melihat koleksi produk-produknya. Kalau respon pasarnya bagus, kamu bisa ikut berjualan produk itu. 🙂

#Gunakan Media Sosial

Meski marketplace sudah dioptimasi secara menyeluruh, kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk mengangkat marketplace kamu. Media sosial ini bisa dijadikan jembatan yang manis untuk menggaet konsumen-konsumen baru.

Berjualan aksesoris komputer ini memang cukup besar pasarnya, apalagi sebagian besar pasar datang dari kalangan anak muda. Nah anak muda ini biasanya punya daya beli yang tinggi. Ini yang perlu kamu manfaatkan.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *