Home » PELUANG USAHA » Begini Cara Mendaftar Menjadi Mitra GrabCar

Begini Cara Mendaftar Menjadi Mitra GrabCar

Mitra GrabCar

Dengan adanya layanan transportasi berbasis online, membuat beberapa orang merasa terbantu dari segi ekonomi. Yang awalnya cuma jadi pengangguran karena cuma tamatan SD/SMP, kini bisa memiliki pekerjaan menjadi ojek online. Belum lagi yang pengen punya pekerjaan sampingan, bermitra dengan layanan transportasi online adalah solusinya.

Apalagi bagi yang memiliki mobil pribadi, daripada jarang dipakai, bisa dimanfaatkan untuk dialihfungsikan sebagai taksi online. Salah satunya dengan bergabung menjadi Mitra GrabCar. Syukur-syukur penghasilan yang didapatkan bisa digunakan untuk biaya perawatan mobil atau mungkin pelunasan mobil jika yang membelinya secara kredit.

Nah, kali ini EtalaseBisnis ingin berbagi informasi mengenai transportasi online yang satu ini, yaitu bagaimana cara menjadi Mitra GrabCar. Tenang, ini bukan sponsor dari Grab, tapi murni informasi dan kedepannya EtalaseBisnis juga bakal menginformasikan cara bergabung dengan transportasi online lain seperti Go-Jek maupun Uber.

Baiklah, sebelum Anda benar-benar ingin bergabung menjadi Mitra GrabCar, sebaiknya ketahui dulu apa keuntungan yang akan didapatkan. Saya sadur dari website Grab, berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan.

  • Kerja yang fleksibel. Menjadi Mitra GrabCar untuk jam kerjanya bebas. Kalau Anda memang sekarang lagi sibuk, ya nggak usah ambil penumpang dulu. Ini cocok buat Anda yang ingin menjadi Mitra Grab sebagai kerjaan sampingan.
  • Penghasilan besar. Sebenarnya besar kecil itu tergantung dari usaha Anda ketika sudah menjadi mitra, tetapi yang dimaksud besar disini adalah jika Anda rutin setiap hari narik, maka penghasilan yang didapatkan bisa belasan juta rupiah per bulan. Bahkan jika hanya digunakan sebagai kerjaan sampingan pun hasilnya cukup besar.
  • Mendapatkan jaminan. Menjadi mitra GrabCar Anda akan diberikan jaminan berupa asuransi jiwa. Karena pekerjaan ini juga ada risikonya, seperti kecelakaan, mobil rusak atau hilang saat digunakan, dll.
  • Pendaftaran yang cepat. Proses pendaftaran menjadi Mitra GrabCar ini sangat mudah dan cepat. Pendaftaran bisa melalui online maupun datang langsung ke kantor pelayanan Grab. Untuk lebih detailnya mengenai pendaftaran akan dibahas di bagian bawah.

Transportasi online ini memang sangat menguntungkan bagi semua pihak baik pengguna maupun orang yang ingin mendapatkan pekerjaan. Kalau ada yang merasa dirugikan adanya transportasi online, mungkin mereka yang belum tanggap dengan perkembangan teknologi saat ini.

Menyiapkan dokumen pendukung

Sebelum Anda melakukan pendaftaran menjadi Mitra GrabCar, sebaiknya Anda persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Adapun dokumen yang dimaksud adalah :

  • KTP yang masih berlaku / seumur hidup
  • SIM A/B/B1 yang masih berlaku
  • SKCK yang masih berlaku
  • STNK dengan pajak yang tidak terlambat
  • Polis Asuransi (ini bisa disetorkan menyusul)

Itu saja dokumen yang wajib dipersiapkan. Pastikan semuanya asli, dan sesuai dengan data diri Anda.

Tata cara pendaftaran

Untuk mekanisme pendaftaran menjadi Mitra GrabCar, ada dua cara. Yaitu bisa datang langsung ke kantor pelayanan atau booth Grab yang telah disediakan di beberapa daerah, atau juga bisa melalui online.

Jika Anda ingin mendaftar secara offline, bisa datang langsung ke booth-booth berikut, ini di daerah Jabodetabek ya.

Booth Grab 1 Booth Grab 2 Booth Grab 3

Pastikan ketika datang ke sana, bawa semua dokumen yang dibutuhkan. Selanjutnya nanti Anda akan dipandu proses pendaftarannya.

Tetapi jika tidak ingin jauh-jauh datang ke booth pendaftarannya, Anda juga bisa melalukan pendaftaran secara online melalui link berikut : http://grb.to/daftarweb

Silahkan nanti ikuti panduan registrasinya dan pastikan data-data penting seperti nama, nomor telepon, alamat email diisi dengan benar. Karena ketika nanti sudah kirim tombol daftar, Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor seluler Anda. Dan kode verifikasi itu harus dimasukan setelah melakukan pendaftaran agar bisa ke tahap selanjutnya.

Sebenarnya untuk menjadi Mitra GrabCar ini Anda tidak harus menggunakan mobil pribadi, kalau ingin pakai mobil pinjaman juga bisa. Tapi dengan catatan ya harus dikomunikasi ke pemilik mobil jika mobilnya ingin digunakan untuk transportasi online. Akan lebih baik jika si pemilik mobil dan Anda bisa bekerja sama dalam hal ini. Sehingga nanti bisa lebih nyaman dalam menggunakan mobilnya.

Jenis mobil yang digunakan

Untuk bisa bergabung dengan Mitra GrabCar, ada ketentuan jenis dan tipe mobil yang bisa digunakan. Syarat utamanya adalah mobil merupakan pabrikan atau keluaran tahun 2012 ke atas.

Sedangkan untuk jenisnya sebagai berikut :

  • MPV: Avanza, Xenia, Ertiga, APV, Evalia, Luxio, Mobilio, Innova, Panther, Grand Livina, Freed, Spin. Sienta, Cayla, Sigra
  • SUV: C-RV, B-RV,H-RV Terios, Rush, Ford Ecosport.
  • Sedan : Civic & Vios.
  • Hatchback : Toyota Yaris, Honda Jazz, Swift, Ford Fiesta, Mazda 2, Etios Valco, Nissan March, Honda Brio, Hyundai, Avega, Mirage.

Selain dari kendaraan sendiri, pengguna juga perlu memiliki perangkat yaitu ponsel pintar yang memadai. Dari pihak Grab sendiri memberikan ketentuan ponsel harus berbasis Android OS dengan memori internal minimal 16 GB dan RAM minimal 1 GB.

***

Seperti itulah cara menjadi Mitra GrabCar. Tentu ada plus minusnya. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan, bisa mencoba untuk bergabung di transportasi online yang satu ini.

Untuk informasi tata cara pendaftaran mitra transportasi online lain seperti Go-Jek dan lainnya, akan dipublikasikan selanjutnya. Untuk itu silahkan subscribe blog ini agar mendapatkan informasi update terbaru.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *