Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mengapa Perlu Belajar Saham?

Mendengar kata saham, umumnya orang sering mengkaitkanya dengan kondisi pasar saham yang banyak membuat orang menjadi rugi. Selain itu, saham juga merupakan sesuatu yang rumit untuk dipelajari dan hanya orang-orang dengan kondisi keuangan yang stabil yang dapat bertransaksi saham.

Jika Anda juga beranggapan demikian, maka sebaiknya Anda luruskan terlebih dulu pemikiran seperti itu dengan mempelajari saham secara tepat. Apakah Anda tahu apa pengertian dari saham?

Belajar Saham

Saham menurut Wikipedia, Saham merupakan satuan nilai pembukuan dalam instrument finansial, mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Lebih sederhana lagi, saham ini merupakan penyertaan modal secara perorangan maupun badan usaha dalam suatu perusahaan.

Baca selengkapnya : Pengertian Saham : Apa itu Saham?

Setelah penyertaan modal tersebut, maka pihak perorangan atau badan usaha tersebut memiliki hak untuk mengklaim atas pendapatan perusahaan. Klaim yang dilakukan adalah klaim atas asset perusahaan hingga hak untuk hadir dalam rapat umum pemegang saham di perusahaan tersebut.

Saham adalah Investasi

Dilihat dari pengertian saham yang “menyertakan modal” tadi, maka pihak perseorangan atau badan usaha ini secara tidak langsung sudah melakukan investasi dalam bentuk saham. Investasi merupakan aktifitas untuk menempatkan dana pada periode tertentu, dengan harapan akan menghasilkan keuntungan di masa depan.

Saham adalah investasi bagi perusahaan maupun perorangan. Lalu mengapa kita perlu belajar saham dan investasi? Dilansir dari Sigmastocktrading.com, setidaknya ada dua alasan utama mengapa investasi itu penting:

  1. Sebagai manusia, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Karena itulah, orang-orang banyak yang melakukan investasi, agar memperoleh kekayaan di masa depan, karena selama hidup manusia akan selalu membutuhkan uang untuk menunjang kehidupan mereka
  2. Manusia  cenderung merasa kekurangan, maka dari itu, dengan berinvestasi orang akan termotivasi untuk berusaha meningkatkan kualitas hidupnya agar lebih baik dari sebelumnya.

Saham adalah salah satu alternatif investasi yang tentunya bisa menguntungkan, jika kita mengetahui cara investasi saham dengan benar. Perlu diketahui juga, bahwa saham memiliki resiko yang tinggi karena nilai saham bergerak naik turun.

Jika memang memiliki resiko yang tinggi, lalu mengapa perlu belajar saham? Kita perlu memahami bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan memiliki resiko masing-masing, tinggal bagaimana kita bisa meminimalisir resiko tersebut agar bisa memaksimalkan keuntungan. Begitu juga yang harus kita lakukan, saat berinvestasi saham.

Cara Memulai Investasi Saham dengan Tepat

Apakah Anda sudah mulai berminat untuk mengetahui lebih jauh tentang investasi saham? Kita masih dalam tahap belajar saham, maka perlu mempelajarinya secara bertahap dengan melakukan praktik seperti berikut :

  1. Pastikan Anda sudah mulai memiliki minat pada bidang saham ini, akan lebih baik jika Anda memang memiliki passion yang tinggi terhadap dunia investasi.

  2. “Tak kenal maka tak sayang”, peribahasa ini juga cocok untuk menggambarkan belajar saham. Mulailah mengenal saham dan investasi melalui buku-buku yang berkaitan dengan bidang saham

  3. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih detail tentang saham, Anda bisa mengikuti kelas-kelas pelatihan trading dan investasi yang banyak digelar saat ini

  4. Setelah membaca dan mengikuti pelatihan, pastikan mindset Anda sudah benar mengenai pemahaman akan investasi saham dan resikonya

  5. Mencoba praktik saham dengan menemukan perusahaan sekuritas atau broker yang tepat

  6. Setelah cocok dengan perusahaan yang dipilih, mulailah untuk membuat Akun Anda

  7. Pelajari mengenai tampilan trading online broker di apps smartphone maupun di desktop

Baca juga : Bagaimana Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula?

Jadi, mengapa perlu belajar saham? Karena saham dan investasi saham ternyata harus terus dipelajari, sekalipun kita sudah mulai berinvestasi saham melalui aplikasi trading yang sudah tersedia. 

Belajar merupakan hak setiap orang, termasuk belajar saham dan investasi saham itu sendiri. Uniknya, belajar saham sambil mempraktikanya dengan benar, dapat memberikan keuntungan yang maksimal bagi kita. 



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.