Home » INSPIRASI » Maria Magdalena, Meraih Sukses Dari Bisnis Kemasan Produk
Maria Magdalena
Maria Magdalena / bisnisukm.com

Maria Magdalena, Meraih Sukses Dari Bisnis Kemasan Produk

Salah satu yang menjadi daya tarik pembeli ketika mencari barang yang diinginkan adalah dari segi kemasannya. Biasanya kemasan yang menarik akan dibelinya karena menurutnya memiliki kualitas yang baik. Jika kemasan sudah tidak menyakinkan maka bisa jadi dalamnya juga kurang berkualitas.

Dalam hal pemasaran produk, kemasan memang menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum memang produk itu dilepas ke pasar. Namun sayangnya tidak semua pelaku bisnis bisa membuat desain kemasan produk yang menarik.

Itulah peluang yang diambil oleh Maria Magdalena dalam memulai bisnis kemasan produk ini. Pada awalnya, Maria dan suaminya membuka usaha makanan, lantas pada tahun 2008, mereka mencoba hal baru yaitu berbisnis kemasan produk yang unik untuk mengemas produk makanannya yang ia mereka jual.

Tak hanya mengurusi usahanya sendiri, Maria beserta suaminya juga sering memberikan solusi kepada UKM dalam hal kemasan produk. Mereka membantu membuatkan kemasan produk para UKM yang menarik hingga pada akhirnya berhasil menembus persaingan di pasar modern. Banyak orang yang telah mengakui kualitas kemasan produk yang dibuatnya, hingga pada akhirnya banyak orang yang meminta bantuan kepadanya untuk membantu membuatkan kemasan produk.

Dari situlah, Maria dan suaminya mulai fokus untuk mengembangkan bisnis ini, meski pada awalnya hanya berskala kecil dengan bekerjasama dengan beberapa UKM. Pada waktu itu, modal yang mereka keluarkan untuk merintis usaha kemasan produk ini senilai Rp 12 Juta. Modal tersebut dibelikan 3 mesin yang digunakan untuk membuat kemasan produk.

Bisnis kemasan produk Maria ini menjadi solusi bagi para UKM yang ingin membuat kemasan produk dengan jumlah yang kecil. Namun justru dengan membuka pesanan dalam partai kecil, permintaan pun semakin meningkat hingga ke seluruh wilayah di Indonesia.

Dan kini Maria telah membuka pikiran para pemilik UKM untuk memperhatikan kemasan produknya. Karena meskipun UKM, namun kemasan produk menjadi faktor penting dalam peningkatkan kualitas dan sebagai strategi pemasaran.

Maria pun tidak mematok harga yang tinggi untuk kemasan produknya ini. Dengan harga mulai Rp 250,- untuk kemasan ukuran sachet dan minimal pemesanan hanya 20.000 lembar, sangat memudahkan bagi para UKM untuk memiliki kemasan produk yang berkualitas. Ia mengakui bahwa harga yang dipatoknya memang lebih murah dari pabrik kemasan besar. Ya, karena Maria memang menargetkan usahanya ini untuk kalangan UKM dan setaranya, yang memiliki budget minim.

Namun meskipun dijual dengan harga murah, bisnis kemasan produk milik Maria ini telah berkembang pesat, dan saat ini telah memiliki 10 pegawai yang membantunya mengelola bisnis ini. Omsetnya pun sudah merangkak hingga ratusan juta per bulannya, terlebih jika memasuki hari raya pesanan akan meningkat.

Sebagai bentuk partisipasinya dalam mengembangkan dunia bisnis di Indonesia, Maria bekerjasama dengan Departemen Perdagangan dan Perindustrian kerap memberikan sosialisasi kepada para UKM di Indonesia tentunya dalam hal pengembangan bisnis dari sektor kemasan produk dan masalah-masalah lain yang dihadapi oleh UKM. Semoga menginspirasi.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − 6 =