Home » INDUSTRI » Awas, Pupuk Palsu Mulai Beredar di Jawa Tengah

Awas, Pupuk Palsu Mulai Beredar di Jawa Tengah

Pupuk Palsu Sawah
Ilustrasi : Petani Memupuk Sawah / Tempo.com

EtalaseBisnis.com – Pemerintah telah menetapkan alokasi subsidi pupuk beberapa waktu lalu. Namun, alokasi pupuk ini ternyata masih kurang. Sehingga munculnya oknum tidak bertanggung jawab yang mengedarkan pupuk palsu ke para petani di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hal ini mendapat tanggapan dari Manajer Humas PT Petrokimia Gresik Yusuf Wibisono. Pihaknya menghimbau agar para petani mulai waspada dengan adanya peredaran pupuk palsu ini.

“Kami minta petani mewaspadai pupuk palsu yang biasa beredar di awal musim tanam,” ujarnya saat di Bojonegoro, seperti yang diberitakan Bisnis.com, Jumat (23/1/2015).

Ia juga menegaskan bahwa peredaran pupuk palsu ini sudah merembet ke beberapa daerah di Jawa Tengah. “Banyak pupuk palsu yang beredar tidak hanya di daerah di Jatim, mulai Bojonegoro, Gresik, Tuban, tapi juga di Jawa Tengah,” tambahnya.

Pupuk palsu ini juga sempat beredar di Sidoarjo, Yusuf mengatakan bahwa ia pernah menemukan pupuk palsu dengan label Poska dan produknya sangat berbeda dengan pupuk asli milik PT. Petrokimia Gresik Phonska.

Selain itu, ia juga pernah menemukan pupuk palsu di Blora, Jawa Tengah. Di sini pupuk palsu tersebut dijual dengan harga yang sangat murah yakni setengah harga pupuk bersubsidi.

Pupuk palsu yang beredar ini tidak memberikan dampak para pertumbuhan tanaman, sehingga ini sangat merusak citra PT Petrokimia Gresik.

Yusuf juga mengajak kepada para petani agar apabila suatu saat menemukan pupuk palsu untuk segera melaporkan ke polisi agar ditindak lanjuti.

“Petani bisa melapor ke polisi, kalau menjumpai pupuk palsu,” tegasnya.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + 15 =