Mengapa Harga Laptop Sekarang Mahal?

  • Whatsapp

Kalau Anda amati, harga laptop akhir-akhir ini semakin mahal. Untuk mendapatkan laptop dengan spesifikasi kelas menengah saja harus merogoh kocek sekitar Rp 8 jutaan. Kalau yang ingin bagus tapi bukan bagus banget, ya di atas Rp 10 juta. Itu pun kadang masih ada satu dua kekurangannya. Jadi tidak perlu kaget kalau sekarang lihat harga laptop kok mahal-mahal.

Tapi tahu tidak mengapa harga laptop kok malah jadi mahal? Padahal dulu dengan budget Rp 5-6 jutaan saja sudah bisa dapat laptop kelas menengah. Sekarang? Budget segitu cuma dapat laptop dengan spesifikasi prosesor rendah.

Mengapa kok harga laptop sekarang mahal? Apakah pengaruh Dollar? atau ada hal lainnya?

Salah satu penyebabnya adalah adanya peningkatan permintaan laptop khususnya di masa pandemi ini. Di masa pandemi ini ada banyak orang yang mau tidak mau dipaksa kerja dari rumah, lantas butuh perangkat yang mendukung yaitu laptop. Tidak hanya orang kerja, tetapi para pelajar pun juga mengalami hal serupa.

Banyaknya permintaan laptop ini akhirnya membuat pasar laptop dunia agak mengalami kelangkaan, termasuk kelangkaan komponennya.

Harga Laptop Mahal

Yang saat ini juga sedang terjadi krisis adalah krisis chip. Perusahaan sekelas Intel pun juga mengaku mengalami krisis ini selama pandemi. Bahkan krisis ini masih akan terus berlangsung hingga tahun depan, 2022. Hal ini disampaikan oleh CEO Intel Pat Gelsinger, dia mengatakan kalau krisis chip ini akan mulai menurun di pertengahan paruh kedua tahun ini. Akan tetapi untuk bisa memenuhi permintaan pasar butuh waktu setidaknya dua tahun lagi.

Kelangkaan chip ini memang menjadi salah satu dampak mengapa harga laptop semakin meroket. Dan ini juga dialami oleh perusahaan chip besar lainnya. Tidak hanya Intel, perusahaan kartu grafis Nvidia pun juga mengalaminya.

Di bulan Mei lalu, bos Nvidia juga mengeluhkan terjadinya kelangkaan chip. Dia menyebutkan kalau salah satu komponennya, yakni seri RTX 30 juga sedang kekurangan, dan butuh waktu hingga paruh kedua tahun ini untuk bisa memenuhi kebutuhan pasar.

Lalu perusahaan konsol yang kemarin baru saja merilis konsol barunya, PlayStation 5, juga mengalami kelangkaan. Akhirnya membuat stok PS5 di pasarkan sangat terbatas.

Apakah ini Waktu yang Tepat untuk Membeli Laptop?

Di tengah kondisi ekonomi dunia yang masih belum stabil karena pandemi, ditambah dengan ketersediaan komponen yang membuat stok laptop menipis, kemudian meningkatnya permintaan pasar, membuat harga laptop sekarang jadi mahal.

Di lain sisi banyak orang memang membutuhkan laptop, lantas apakah ini waktu yang tepat untuk membeli laptop?

Tentu itu semua dikembalikan ke kebutuhan masing-masing. Coba pikirkan, seberapa besar kebutuhan Anda untuk memiliki laptop? Apakah harus sekarang juga atau bisa ditunda? Dan berapa budget yang dimiliki?

Kalau tidak terlalu butuh, mending ya beli nanti-nanti saja. Atau beli laptop second yang harganya jauh lebih murah. Yang penting bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan.

Tapi kalau memang butuh, membeli ya tidak masalah.

Karena kalau menunggu kapan harganya turun juga tidak tahu juga kapannya. Mending kalau mau beli ya beli saja, asal ada budgetnya. Toh kalau memang digunakan untuk bekerja/belajar, pasti juga akan tergantikan juga harganya walau mahal. Intinya kalau bisa meningkatkan produktivitas kerja ya tidak masalah.

Baca juga : Xiaomi RedmiBook 15, Resmi di Pasar Indonesia. Kekurangannya?

Tips Beli Laptop di Era Pandemi

Mungkin sekarang ini agar lebih teliti lagi saja saat membeli. Pastikan membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan, bukan karena gengsi atau ikut-ikutan orang karena laptopnya keren. Kalau kebutuhan Anda hanya untuk mengetik atau mengerjakan Office, ya beli laptop yang harganya di bawah Rp 6 juta sudah bagus. Kalau beli yang terlalu mahal malah buang-buang uang.

Anda harus paham spesifikasi laptop yang akan Anda beli. Kalau tidak tahu soal spek komputer, tanya atau ajak orang yang paham.

Beli laptop second juga bisa jadi pilihan. Asal lebih teliti saat membelinya, ya namanya juga second , jadi harus dilihat betul kondisinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *