Status J&T: Paket disimpan di Gudang J5 Salah dikirimkan/Salah Penyortiran

Salah Sortir J&T

Sebagai seller di Shopee, saya pernah diminta tolong buyer untuk konfirmasi ke pihak J&T terkait status paketnya yang tertulis “Paket disimpan di Gudang J5 Salah dikirimkan/Salah Penyortiran“. Pihak pembeli ingin menanyakan paketnya sekarang berada dimana.

Bagi pembeli yang tidak paham akan hal ini, dan ketika melihat informasi status pengiriman J&T tersebut tentu akan was-was dan takut paketnya tidak sampai ke alamat tujuan. Jadinya langsung panik dan berasumsi yang buruk.

Padahal status pengiriman J&T tersebut tidak perlu ada yang dipusingkan atau dikonfirmasi ke pihak J&T, karena nantinya paket Anda akan tetap dikirim ke alamat tujuan.

Bagi yang belum paham apa arti status pengiriman J&T “Paket disimpan di Gudang J5 Salah dikirimkan/Salah Penyortiran“, silakan baca ini.

Salah Sortir J&T

Status pengiriman tersebut menginformasikan bahwa paket Anda telah mengalami salah sortir dan salah kirim. Jadi misalnya paket Anda dari Jogja -> Jakarta, pas sudah sampai di gudang utama Jakarta, akan disortir dan dikirim ke drop point yang sesuai dengan wilayah alamat tujuan.

Misalnya saja paket Anda yang harusnya disortir dan dikirim ke drop point X, salah dikirim ke drop point Y. Akhirnya pihak J&T yang berada di drop point Y, mendapati paket Anda salah drop point dan kemudian mereka melakukan update status “Paket disimpan di Gudang J5 Salah dikirimkan/Salah Penyortiran”.

Lalu nanti paket Anda tersebut akan dikembalikan ke gudang penyortiran dan kemudian dikirimkan ke drop point yang benar.

Jadi tidak perlu khawatir kalau paket Anda tidak sampai atau sekarang berada dimana. Pihak J&T sudah punya SOP jika paket salah sortir. Mungkin dari kejadian seperti ini paket akan mengalami sedikit keterlambatan pengiriman ke alamat tujuan. Misal yang hari ini harusnya sudah sampai, karena salah sortir jadi baru sampai besok.

Nah, kalau Anda mendapati pesanan Anda seperti ini, tidak perlu panik tidak perlu berpikir yang tidak-tidak dan saya sarankan tidak perlu komplain berlebihan ke pihak J&T. Para kurir yang menyortir juga manusia yang kadang lengah karena banyaknya barang yang perlu disortir.

Intinya tetap tenang dan percayalah paket Anda akan sampai di alamat tujuan.

Baca juga : Arti Resi JNE dan Istilah Tracking Resi di Website JNE

Tapi jika memang sudah Anda pantau di tracking system J&T tetapi tidak ada update status baru selama lebih dari 1×24 jam, ya Anda bisa tanyakan ke pihak J&T. Bisa jadi karena alamat tujuan yang salah atau kurang lengkap.

Kalau komplain tidak perlu dengan emosi, mereka juga sudah bekerja dengan maksimal. Mari sama-sama menghargai profesi lain. Setiap manusia / pegawai pasti punya kesalahan dalam bekerja.

Semoga informasi ini membantu.

Originally posted 2020-04-06 17:50:04.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 Comments

  1. Kami seller merasa di rugikan jika seperti ini kejadian nya. Jadi tolong teleti. Jika pelanggan membatalkan pesanan apakah pisah jnt mau tanggung jawab?

  2. Salam kak, mohon maaf sebelumnya, saya mau menanyakan posisi paket saya dengan NO RESI JP2188374604 atas nama KIKI REZKY ANDRIANI. Awalnya paket telah tiba di Makassar tgl 12 Mei 2020 dan ternyata disimpan di gudang karena salah sortir dan tgl 16 paket dikirim kembali ke Jkt dan sampai skrg tgl 20 paket saya belum ada updetan posisinya. Masih dalam status paket akan dikirimkan ke Jkt padahal sudah 4×24 jam kak. Terima kasih kak, mohon bantuanya

    1. Halo,

      Silakan tanyakan ke pihak J&T langsung ya. Ini saya hanya blogger yang membantu menginformasikan terkait kode status J&T. Saya bukan pegawai atau berafiliasi dengan J&T

    2. saran saya langsung aja mas ke situs j&t atau ke cabang j&t biar langsung di cek sistem adminnya … bukan ke situs ini gan ..karena situs ini hanya share info .. …

      semoga membantu

  3. K paket saya kapan di kirim parah sudah sampai mohon dicek no resi JP5606272527 atas nama isak

  4. Kak, saya juga mengalami hal yang sama, itu kira kira berapa hari ya paket akan sampai seperti pengalaman kakak?

        1. Berdasarkan pengalaman saya pribadi. Mungkin tiap daerah beda, tergantung kurirnya.

  5. kok ulasannya seolah2 berpihak ke JNT ya?
    saya sebagai buyer ga nyalahin seller kok, murni kesalahan kurir
    meleset dari estimasi
    iya kalau kelirunya cuma droppoint, lah ini malah kliru kirim ke luar kota lagi
    hasyem

    trus kenapa ga perlu tlp JNT? ya saya telpon lah…. biar di tangani sesuai SOP mereka
    kalau kita ga ngadu, apa manajemen bakal tau? ya kagak lah

    1. Berpihak bagaimana ya? Kami hanya menyampaikan sesuai dengan pengalaman saja. Dan untuk kasus Anda (salah kirim ke luar kota) itu beda lagi. Kasus seperti itu beda dengan yang seperti kami sampaikan di atas. Kalau udah salah kota, ya harus komplain ke pihak J&T agar direturn ke kota tujuan. Tetapi biasanya meskipun nanti salah kota, akan tetap dikirim ulang ke kota tujuan, karena waktu scan resi pasti juga akan ada peringatannya. Tenang saja.

  6. Saya rasa expedisi jnt doang yg sering bermasalah di penyortiran, udh seringkali beli online selain j&t blm pernah paket saya salah sortir.. kurang teliti mungkin ekpedisinya, karna barang yg ditunggu kadang sudah mepet untuk para reseller.. harap di perhatikan lagi

  7. Halo kak paket sy wktu tgl 27 jam 10 ktnya salah sortir trs sampe skrg tgl 30 tdk ada update an, gimana ya kak? Kira kira kapan sampainya

  8. Halo kak paket saya berada dimana ya katanya salah sortir jadi ditunggu aja apa gimana

  9. ka maaf, misal estimasi diterima di shopee ny tgl 6, sedangkn di tgl 6 paket blm sampai juga. apa dibiarkan saja atau perpanjang masa garansi shopee?

    1. Dicek saja resinya, status pengiriman sudah sampai mana. Kalau kira-kira tidak ada perubahan dari titik lokasi drop off tertentu, bisa minta perpanjang masa garansi shopee