Home » BISNIS ONLINE » Jangan Terlalu Percaya Promo Harbolnas dan Diskon 12.12

Jangan Terlalu Percaya Promo Harbolnas dan Diskon 12.12

Promo Diskon

Biasanya di bulan November dan Desember selalu ada promo belanja online besar-besar. Ada yang memberikan promo diskon hingga 99% bahkan 100%, cashback besar-besaran, dan lain-lain. Pertanyaannya adalah, apakah semua itu benar?

Kali ini EtalaseBisnis tidak bermaksud menjelek-jelekan program promo ini. Tetapi akan sedikit mengulas tentang promo ini di berbagai situs e-commerce yang ada di Indonesia.

Program promo Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), kemudian promo 11.11 dan 12.12, biasanya memang dikemas dengan cara yang ‘wah’. Seolah-olah pihak e-commerce memberikan diskon secara cuma-cuma, sehingga membuat calon konsumen tertarik. Ini wajar, namanya juga memanfaatkan momentum untuk sebuah kampanye marketing.

Tetapi menurut kami, promo ini terlalu berlebihan dan justru banyak yang membohongi konsumen.

Promo semacam ini memang ada, coba saja lihat beberapa e-commerce pasti sedang sedap-sedapnya mempromosikan kampanye ini. Yang paling dekat itu promo 12.12.

Yang jadi masalah adalah promo ini kadang dibalut dengan trik yang membuat konsumen seolah-olah mendapatkan diskon besar, padahal faktanya tidak. Oke, kami akan berikan sedikit contoh.

Misalnya saja ada produk elektronik merek XYZ, harga produk ini normalnya Rp 3.000.000. Nah, ketika promo ini berlangsung maka di halaman produk ini harganya diubah menjadi Rp 6.000.000 kemudian dikasih informasi diskon 50%.

Konsumen yang awam tentu akan melihat nilai diskonnya yaitu diskon 50%. Diskon sebesar ini bagi beberapa orang termasuk besar, apalagi jika nilai produk jutaan. Tetapi faktanya meskipun sudah mendapatkan diskon, harga bersihnya sama dengan harga normal. Model diskon seperti inilah yang banyak ditemui di beberapa e-commerce.

Dan nyatanya banyak juga yang tergiur membeli karena hanya fokus melihat besaran diskon yang diberikan tanpa melihat harga normal di pasaran.

Nah, fenomena seperti ini mungkin wajar bagi sisi penjual (marketing), tetapi dari sisi pembeli tentu bisa dikatakan tidak ada yang spesial. Oke, mungkin dari sisi pembeli yang awam merasa barang yang dibelinya sudah dapat diskon besar, padahal kalau dicek ya sama saja.

Untuk itu, melalui artikel ini, kami hanya ingin mengedukasi konsumen di Indonesia khususnya yang suka belanja online. Kalau melihat promo-promo diskon lebih baik dicek lagi. Jangan berpatokan pada satu situs e-commerce saja. Lihat juga harga barangnya di situs lain apalagi di marketplace. Nah biasanya yang di marketplace ini akan terlihat harga pasarannya.

Seperti itu.

Jadi kalau Anda nanti menemui promo Harbolnas, diskon 12.12, dll sebaiknya jangan terlalu heboh dulu. Biarkan promonya yang heboh, tetapi Anda sebagai konsumen harus lebih cermat dan cerdas dalam membeli. Jangan sampai budget Anda terbuang sia-sia karena hanya sekadar melihat besarnya nilai diskon tanpa melihat harga normalnya.

Sehingga Anda tidak lagi melakukan pengeluaran yang sia-sia. Dana Anda bisa dimaksimalkan dengan membeli barang yang sesuai kebutuhan dan harga yang sesuai.

Tapi kami tidak bermaksud melarang Anda membeli barang waktu promo ini. Karena kadang ada juga barang yang memang di diskon besar dari harga normalnya, cuma tidak semuanya begitu.

Jadilah konsumen yang bijak dalam mengelola keuangan. Apalagi para kaum hawa, jangan terlalu heboh kalau lihat diskon besar. Cek dulu harga pasarannya. Jangan-jangan harganya udah dinaikin dulu. Segitu aja. Terima kasih 🙂

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *