Home » BISNIS ONLINE » Keuntungan Memasang Layanan Live Chat di Web Bisnis Anda
Subiz

Keuntungan Memasang Layanan Live Chat di Web Bisnis Anda

ETALASEBISNIS.com – Banyak yang tidak menyadari kalau dengan memasang layanan live chat di website bisnis memberikan keuntungan yang lebih bagi pemilik bisnis.

Layanan live chat biasanya hanya dipandang sebagai alat komunikasi instan saja. Padahal kalau live chat bisa dipasang di web bisnis Anda, itu tidak hanya akan membuat komunikasi dengan customer semakin lancar tetapi juga mampu meningkatkan omzet dan keuntungan yang lain. Tidak percaya?

Kali ini Etalase Bisnis akan memberikan informasi bagi Anda beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan layanan live chat di website Anda, baik company profile maupun toko online. Silahkan simak…

#1 Meningkatkan layanan kepada pelanggan

Sudah jelas, dengan memasang layanan live chat, maka pilihan layanan CS yang bisa digunakan pelanggan semakin banyak. Dengan adanya live chat, pengunjung website tidak perlu meninggalkan website, karena dari laman dimana ia berada bisa langsung menghubungi Customer Service Anda.

Pelanggan pun akan semakin senang karena merasa lebih mudah dalam menghubungi CS.

Apalagi jika memasang layanan live chat dari Subiz, maka Anda bisa berkomunikasi dengan pelanggan melalui berbagai aplikasi Instan Messaging lain baik di smartphone maupun tablet yang bisa diintegrasikan dengan layanan live chat ini.

#2 Menurunkan angka bounce rate

Ketika website Anda sudah terintegrasi dengan layanan analytics seperti Google Analytics, maka Anda akan melihat statistik berupa Bounce Rate.

Bounce rate ini adalah angka yang menunjukkan lalu lintas pengunjung yang pergi dari website Anda. Jadi semakin tinggi nilai bounce rate, maka pengunjung yang hanya sebentar di website Anda semakin tinggi. Ini tentu tidak baik.

Maka dari itu dengan memasang layanan live chat, Anda bisa menurunkan angka bounce rate ini. Sehingga pengunjung pun akan lebih betah berada di website Anda.

Pengaruhnya ketika banyak pengunjung yang berlama-lama di website Anda, bisa meningkatkan konversi penjualan.

#3 Meningkatkan Konversi Penjualan

Karena pengunjung bisa berlama-lama di website Anda, maka peluang terjadinya konversi akan semakin tinggi. Apalagi dengan dipasangnya layanan live chat, yang mana pengunjung bisa langsung berkomunikasi dengan CS secara realtime.

Komunikasi secara langsung ini bisa dimanfaatkan oleh CS untuk memberikan penawaran-penawaran lagi kepada pengunjung yang muaranya untuk menghasilkan konversi.

Biasanya ada pengunjung yang sebenarnya tertarik dengan produk Anda, namun karena masih bingung maka ia meninggalkannya. Tetapi jika ada layanan live chat, pengunjung bisa langsung menanyakan apa yang belum diketahuinya, ini bisa meningkatkan penjualan.

#4 Dapat melihat aktivitas pengunjung

Yang menarik jika Anda menggunakan layanan live chat Subiz, maka Anda akan bisa melihat aktivitas pengunjung di website Anda. Halaman mana yang sering pengunjung buka, dan yang sering dijadikan halaman landas.

Dengan seperti ini, Anda bisa menyusun strategi untuk meningkatkan kualitas website Anda dengan lebih baik.

Selain itu, Anda juga lebih mudah dalam membuat laporan terkait aktivitas pengujung dalam menggunakan layanan live chat. Ini juga memudahkan Anda melihat agen chat mana yang memberikan respon baik kepada pengunjung.

#5 Meningkatkan loyalitas pelanggan

Siapa yang tak ingin punya pelanggan setia. Tetapi untuk mendapatkan itu semua, kadang tidak melakukannya.

customer_loyalty

image via subiz

Dengan menggunakan layanan live chat, Anda bisa dengan mudah mendapatkan kepercayaan dan hubungan jangka panjang yang positif dengan pelanggan Anda. Mengapa? Karena orang itu lebih suka website atau toko online yang punya service layanan 24 jam. Menggunakan layanan live chat Anda bisa membimbing pelanggan Anda kapan saja untuk melakukan pembelian.

Selain itu, tingkat transparansi penggunaan layanan ini juga tinggi. Jika Anda menggunakan layanan live chat Subiz, maka nanti pengunjung dan agen chat akan mendapatkan transcript chatting melalui email. Sehingga data-data chatting itu bisa dijadikan bukti apabila suatu hari nanti ada masalah.

#6 Lebih mudah dalam mendapatkan feedback dari pelanggan

Layanan live chat Subiz dapat Anda gunakan juga untuk mendapatkan feedback dari pengunjung. Misalnya apakah pengunjung puas dengan layanan yang telah diberikan.

Yang menarik lagi, pemilik situs dapat dengan mudah memulai percakapan melalui live chat dengan memunculkan chatting undangan.

#7 Biaya yang efektif

Jika Anda saat ini ingin membuat sistem help desk atau call center, lebih baik diurungkan dulu. Karena biaya untuk membuat sistem itu lebih mahal dan kurang efektif. Lebih baik menggunakan layanan live chat di website yang sudah jelas harganya sangat relatif terjangkau tetapi mampu menghasilkan efektivitas yang tinggi.

Dengan menggunakan layanan live chat, Anda tidak membutuhkan sumber daya manusia yang banyak untuk menangani pelanggan. Karena tiap agen bisa menangani banyak obrolan dari pelanggan dalam satu layar. Sehingga ini sangat efektif sekali.

Selain itu, agen chat bisa dikelompokan sesuai departemen dan job desc nya masing-masing. Misalnya ada yang mengurungi masalah keluhan pengunjung, soal billing, atau terkait teknis. Ini jauh lebih efektif dibanding menggunakan sistem layanan lain.

Jadi apakah Anda akan berkutat dengan layanan konvesional? Tentu tidak kan? Mari kembangkan website bisnis Anda dengan dukungan layanan yang responsif dan lebih efektif. Layanan live chat Subiz bisa Anda gunakan di web bisnis Anda.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Sekarang tergantung Anda, apakah akan menyia-nyiakan manfaat ini atau tidak.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + twenty =