Home » BISNIS ONLINE » Trik-Trik Promosi Online Yang Bisa Mendongkrak Penjualan

Trik-Trik Promosi Online Yang Bisa Mendongkrak Penjualan

Promosi Online

Berbisnis secara online tidak semudah yang dibayangkan. Persaingan bisnis yang semakin berkembang membuat bisnis yang kita lakukan harus mengikuti perkembangan jaman.

Inovasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Tapi jika Anda berbisnis online, cobalah untuk mengakali cara promosi online. Karena bisa saja masalahnya ada pada teknik promosi yang salah.

Kali ini Etalase Bisnis hanya ingin sekedar berbagai beberapa trik promosi online yang bisa dicoba. Semoga saja bisa meningkatkan penjualan Anda. Tapi perlu diingat, jangan dicontoh secara mentah trik ini. Sesuaikan dengan kondisi bisnis dan produk Anda.

Trik ini bisa dilakukan untuk yang baru mulai berjualan online maupun yang sudah lama berjualan.

#1 Memberikan Gratis Ongkos Kirim

Dengan memberikan gratis ongkos kirim ini termasuk trik promosi online yang bisa meningkatkan penjualan. Karena saat ini masih ada pembeli yang batal membeli produk secara online karena melihat ongkos kirimnya.

“Lho lalu kalau digratiskan saya rugi dong?”

Tenang, Anda tidak segampang itu memberikan gratis ongkos kirim. Tapi triknya adalah dengan menaikan harga jual yang sudah termasuk biaya kirim. Misalnya gini, Anda berjualan baju batik dengan harga Rp 60.000,- dengan ongkos kirim di area Pulau Jawa rata-rata Rp 20.000,- maka Anda harus mengupdate harga jual menjadi Rp 80.000. Harga ini diberi keterangan gratis ongkos kirim untuk area Pulau Jawa.

Trik di atas terbukti cukup efektif untuk menggaet pembeli. Anda tinggal memainkan copywriting dengan menonjolkan gratis biaya kirim. Pembeli pun banyak yang tertarik. Tapi ingat, Anda perlu menghitung terlebih dahulu rata-rata biaya kirim di area yang ingin Anda berikan promo gratis ongkir.

#2 Memberikan Diskon Besar

Pembeli suka dengan diskon, apalagi diskon besar. Manfaatkan kesukaan ini dengan menyediakan diskon besar untuk setiap produk yang Anda jual. Jika bisnis Anda skala menengah ke bawah, jangan sampai memberikan diskon di atas 50%, karena itu akan mencurigakan.

Coba saja memberikan diskon antara 20% – 40%. Sebelum memberikan diskon, Anda bisa memberikan harga yang jual yang sedikit lebih tinggi, baru kemudian diberikan diskon. Sehingga nilai keuntungan yang didapatkan tidak terlalu sedikit meski sudah didiskon.

Ini adalah trik promosi online yang cukup banyak digunakan para pedagang online.

#3 Bonus Produk Lain

Pernah melihat membeli produk A tapi bisa dapat bonus produk B? Ya, itu juga salah satu trik promosi online yang bisa meningkatkan penjualan. Apalagi produk yang dijadikan bonus juga memberikan manfaat atau kolerasi dengan produk utama.

Misalnya berjualan ponsel mendapatkan gratis microSD atau kabel OTG.

Nah, disini tentu Anda juga harus menaikkan harga jual, tapi jangan terlalu besar. Intinya agar memberikan kesan bahwa pembeli yang membeli produk A benar-benar mendapatkan produk B secara gratis. Padahal sebenarnya produk B itu juga ada harganya tapi sudah dimasukkan dalam harga jual produk A.

#4 Diskon Terbatas

Selain memberikan diskon besar, Anda juga bisa memberikan diskon yang besar dan terbatas. Artinya diskon tersebut memang dibatasi baik oleh waktu atau lainnya. Misalnya Anda menjual produk A dengan diskon sebesar 50% tapi diskon tersebut hanya bisa dinikmati beberapa jam ke depan saja atau hanya untuk berapa pembeli.

Trik seperti ini membuat pembeli menjadi harus buru-buru membeli sebelum diskon hangus. Tapi perlu diingat bahwa produk yang Anda beri diskon tersebut memang memiliki value dan tepat sasaran. Karena percuma memberikan diskon besar tapi dilempar ke market yang salah.

Jadi, itulah beberapa trik yang bisa Anda terapkan. Jika dilihat semua sangat berhubungan dengan harga. Sebaiknya Anda memang harus hati-hati dan memperhitungkan dengan benar. Jangan sampai Anda memberikan harga jual yang terlalu mahal hanya sekedar mendapatkan nilai diskon yang besar. Bisa-bisa pembeli malah curiga dan tidak jadi membelinya.



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 16 =