Home » BISNIS ONLINE » Membuat Situs Belanja Online? Ini Yang Harus Anda Lakukan Di Bulan-bulan Awal
Situs Belanja Online

Membuat Situs Belanja Online? Ini Yang Harus Anda Lakukan Di Bulan-bulan Awal

Setiap orang yang berjualan tentu ingin barang dagangannya laku terjual dan dikenali banyak orang. Untuk itu yang harus dilakukan adalah berpromosi. Ya, promosi memang sudah menjadi kebutuhan wajib bagi para penjual jika ingin barangnya tidak hanya laris tetapi juga terkenal.

Hal ini juga berlaku untuk para pebisnis online yang fokus pada pemasaran secara online. Apalagi bagi yang baru saja membuat situs belanja online, promosi adalah harga mati.

Karena situs jual beli online yang masih baru tentunya belum banyak diketahui orang, jadi di bulan-bulan awal sebaiknya harus melakukan hal ini.

1. Promosi Melalui Social Media

Manfaatkan social media untuk melakukan promosi. Bisa menggunakan Facebook Ads guna menjaring likers terlebih dahulu. Dengan memeliki likers yang banyak tentu kedepannya akan sangat bermanfaat untuk kebutuhan pemasaran produk.

2. Adakan Promo Diskon

Kesan pertama adalah hal utama. Berikan promo diskon besar-besaran untuk situs belanja online Anda. Bulan-bulan awal, Anda jangan berharap mendapatkan keuntungan besar dulu. Tapi fokuslah dalam memperkenalkan situs jualan Anda. Dengan adanya promo diskon ini akan membuat banyak orang tertarik untuk membeli barang di situs belanja online Anda.

3. Atur Budget Iklan Yang Besar

Tak ada salahnya jika memberikan alokasi budget iklan di bulan-bulan pertama dengan jumlah yang besar. Tapi ingat, budget iklan yang besar ini tentu harus diimbangi dengan perhitungan yang matang dan dikolaborasikan dengan program promo lainnya. Sehingga konversi penjualannya juga akan terasa. Seperti yang dilakukan oleh situs e-commerce baru MatahariMall.com. Situs e-commerce ini baru saja launch beberapa bulan yang lalu, dan di bulan September memiliki budget iklan di Google AdWords yang cukup besar tapi juga diimbangi dengan adanya Promo Diskon September.

4. Fokuslah Pada Pelayanan Konsumen

Meskipun banyak yang mengatakan berjualan secara online akan cepat mendapatkan keuntungan, tapi di bulan-bulan awal jangan berharap soal besarnya keuntungan. Fokuslah pada pelayanan terhadap konsumen dan kualitas barang. Ini sangat penting. Karena jika saja pelayanan dan kualitas produk Anda rendah, maka situs belanja online  yang baru saja launch ini bisa saja mendapat predikat buruk dari konsumen-konsumen Anda dan ini akan berdampak dikemudian hari.

5. Lakukan Riset

Lakukan riset di bulan-bulan awal terkait dengan promosi yang telah Anda lakukan. Selain itu, karena ini sistemnya jual beli melalui situs online, maka cek juga bugs yang ada pada situs Anda. Dari sisi user interface dan backend juga harus diriset, ini sangat penting untuk menciptakan situs yang tidak hanya bagus tetapi juga memudahkan pengguna.

Baca juga: Strategi Meningkatkan Target Penjualan Online

Nah, itu beberapa yang bisa dilakukan pada bulan-bulan awal ketika baru saja membuat situs belanja online. Yang penting adalah jangan pernah puas apa yang telah didapatkan. Karena diluar sana sudah ada banyak kompetitor yang sedang melakukan inovasi agar bisa menyaingi bisnis online Anda.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + 12 =