Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Internet Marketing Untuk UKM

Internet Marketing UMKM

Internet marketing untuk UKM di era sekarang ini sangat perlu. Karena produk-produk lokal juga harus mampu bersaing secara global dan digital. Serta ini juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan produk lokal secara efektif. Kita tahu kalau salah satu masalah UKM itu adalah dalam hal pemasaran.

Nah dengan adanya internet marketing, bisa dijadikan solusi untuk mengatasi itu. Dan harapannya dengan internet marketing bisa mendongkrak produksi UKM dan kesejahteraan pelaku UKM bisa meningkat.

Lalu kalau bicara soal internet marketing untuk UKM, kira-kira apa yang bisa dilakukan?

Banyak, bahkan bisa melakukan seperti yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Akan tetapi sekali lagi UKM ini masih banyak kendalanya, salah satu yang berhubungan dengan internet marketing adalah SDM nya. SDM yang mampu untuk melakukan atau menjalankan internet marketing itu terbatas.

Bahkan masih banyak yang merasa gagap jika untuk menjalankan itu. Memang butuh belajar jika memang ingin menggunakan internet marketing.

Beruntung meskipun SDM ada keterbatasan pengalaman, waktu dan lainnya, saat ini banyak platform yang bisa digunakan untuk memasarkan produk lokal melalui internet. Para UKM bisa mencoba ini.

Menggunakan Marketplace

Ya, marketplace adalah solusi paling mudah yang bisa dilakukan oleh para UKM untuk memasarkan produknya. Karena mereka tidak perlu pusing-pusing memikirkan cara membuat website atau hal teknis lainnya. Mereka cukup bergabung di berbagai marketplace yang ada kemudian tinggal upload produk saja.

Apalagi sekarang ini marketplace sudah banyak yang memberikan layanan iklan untuk para penjual.

Dan enaknya menggunakan marketplace adalah gratis.

Anda bisa mencoba menggunakan Bukalapak, Tokopedia atau Shopee untuk memasarkan produk UKM Anda.

marketplace

Menggunakan Media Sosial

Pakai yang mudah-mudah saja, contohnya adalah media sosial. Saya rasa sekarang sudah memiliki akun media sosial semua, tinggal digunakan saja untuk memasarkan produk UKM. Tetapi akan lebih baik jangan gunakan akun personal, tetapi akun yang memang digunakan untuk memasarkan produk. Akunnya harus diberi nama brand atau merek usaha Anda.

Media sosial ini gratis, tinggal dioptimalkan saja bagaimana teknik memasarkan produk melalui media sosial. Soalnya tidak sembarang upload foto produk saja.

Saya rasa menggunakan dua platform ini saja sudah bisa membantu UKM untuk memasarkan produknya. Tinggal nanti bagaimana mengoptimalkannya saja. Produk lokal harus bisa bersaing di era sekarang ini. Karena inilah salah satu kekayaan negara. Dan produk lokal adalah citra dari sebuah negara.

Kalau Anda termasuk pelaku UKM dan ingin konsultasi bagaimana cara memasarkan produknya, silakan tulis di kolom komentar tentang masalah Anda atau bisa hubungi kami melalui email di [email protected] Insya Allah kami akan bantu sebisa kami. Terima kasih

Follow Media Sosial Kami: Twitter | Facebook

Kamu mungkin juga suka :


Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *