Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Memilih Software Akuntansi yang Tepat untuk Bisnis Generasi Milenial

Software akuntansi merupakan salah satu hasil kecanggihan teknologi saat ini, yang memberikan kemudahan dalam menjalankan bisnis, termasuk bisnis para generasi milenial.

Pemilik sebuah bisnis memang akan memerlukan software akuntansi yang tepat dan terbaik untuk mencatat pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda.

Masalahnya, saat ini ada banyak produk software akuntansi yang ditawarkan di pasaran, sebagai pemilik bisnis, tentunya kita harus bisa memilih software akuntansi yang tepat dan terbaik untuk kelancaran keuangan bisnis kita.

Baca juga : Perbedaan Revenue dan Income, Pebisnis Wajib Tahu!

Software Akuntansi untuk Bisnis

Banyaknya pilihan software akuntansi saat ini, sebenarnya bisa kita pisahkan berdasarkan keunggulan yang dimiliki software tersebut. Untuk memudahkan Anda memilih software tersebut, maka ada beberapa factor penting yang harus dipertimbangkan.

Software akuntansi yang dijual saat ini umumnya memang sudah memiliki kelengkapan dari segi fitur maupun fungsinya sebagai pencatatan kegiatan akuntansi bisnis Anda.

Berikut ini tips memilih software akuntansi yang tepat dan terbaik untuk bisnis generasi milenial:

Software akuntansi tidak hanya berfungsi untuk mencatat berbagai transaksi akuntansi dan membuat laporan keuangan bisnis Anda. Software akuntansi yang dipilih harus sesuai dengan kriteria bisnis yang dijalankan. Berikut ini tips memilih software akuntansi yang tepat dan terbaik untuk bisnis :

1. Pilih Software Akuntansi Online atau Software Akuntansi Offline

Perbedaan dari online dan offline dari sebuah software akuntansi adalah mengenai internet dan update data. Untuk software akuntansi online, memiliki cloud yang memungkinkan data keuangan  terupdate secara otomatis dan dapat diakses kapan saja, melalui perangkat manapun.

Meskipun begitu, beberapa toko ritel umumnya masih menggunakan software akuntansi offline yang lebih menekankan pada POS (point of sale). Sangat disarankan untuk menggunakan perangkat lunak akuntansi online, agar data keuangan terus terbarui.

2. Keamanan Data

Keamanan data merupakan hal yang penting dalam memilih software akuntansi, baik online maupun offline. Sebelum memilih, Anda dapat mempertimbangkan terlebih dulu dengan menanyakan tentang bagaimana perusahaan yang menjual software akuntansi terkait, dalam menyimpan seluruh data mereka. Tanyakan juga bagaimana langkah-langkah mereka dalam melindungi keamanan data akuntansi Anda yang tersimpan di server mereka.

Anda juga bisa memeriksa layanan dari software akuntansi tersebut, apakah menggunakan koneksi HTTPS. Protocol HTTPS dapat memastikan bahwa data akuntansi dari computer ke server dienkripsi dan tidak mudah diretas.

3. Lihat Fiturnya

Fitur dalam software akuntansi sama hal nya seperti fitur pada smartphone Anda. Kehadiran sebuah fitur baru sangat penting untuk kemudahan setiap transaksi yang dicatatkan dalam software tersebut. Adapun beberapa fitur yang harus dimiliki software akuntansi yang tepat dan terbaik, sebagai berikut:

  • Dapat membuat faktur dan sesuai tampilan dan tema
  • Dapat melacak pengeluaran sesuai kategori
  • Dapat mengelola inventaris , pergerakan stok keluar- masuk dan overhead
  • Dapat melakukan rekonsiliasi bank dengan mengimpor transaksi bank
  • Dapat membuat pesanan pembelian dan mencatat pembelian inventaris
  • Dapat membuat laporan dan kelola pajak
  • Dapat merekan entri jurnal voucher
  • Dapat menambahkan anggota tim tambahan
  • Dapat melihat neraca, laporan laba rugi dan laporan keunangan lainnya
  • Dapat melihat hutang dan piutang akun
  • Dapat mengelola daftar pelanggan dan vendor

4. Ada Sistem Back Up Data

Software akuntansi yang tepat dan terbaik juga harus menyediakan fasilitas ekspor dan impor data berupa excel. Dengan begitu, data-data Anda akan terselamatkan terutama saat software akuntansi online mengalami bug.

5. Antarmuka Pengguna dan Kompleksitas

Pastikan software akuntansi online yang Anda pilih  juga memiliki user interface yang sederhana dan efisien. Tujuannya agar lebih mudah untuk memahami informasi dari software akuntansi tersebut. Jika usaha Anda memiliki seorang akuntan, maka dia akan lebih mudah menggunakan software akuntansi untuk menghemat biaya pelatihan.

6. Biaya Tambahan

Software akuntansi yang dipilih juga harus Anda cek mengenai biaya tambahannya. Beberapa software akuntansi ada juga yang menambahkan biaya tersembunyi seperti biaya fitur tambahan dan biaya pemeliharaan untuk update software. Perhitungkan apakah biaya tambahan tersebut membebani Anda atau tidak.

7. Ada Dukungan Customer Support

Sebagai pengguna software akuntansi, baik online maupun offline, juga harus mempertimbangkan keberadaan customer support dalam software tersebut.

Setelah menemukan adanya CS ini, coba tanyakan sesuatu dan perhatikan bagaimana pihak CS penjual software akuntansi ini merespon pertanyaan Anda. Dengan begitu, Anda juga dapat mengetahui baik atau buruknya customer support yang dimiliki software tersebut.

Menemukan software akuntansi yang tepat dan terbaik untuk bisnis generasi milenial, memang bukan tugas yang mudah. Namun melihat beberapa tips di atas, disarankan para generasi milenial untuk memilih software akuntansi berbasis cloud.

Baca juga : Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir

Dengan begitu, beberapa tips memilih software akuntansi yang tepat dan terbaik di atas, dapat Anda lakukan untuk membantu kelancaran bisnis Anda saat ini dan nanti.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.