Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir

Kalau Anda memiliki usaha toko retail, minimarket, atau mungkin usaha barang/jasa lain, sudah saatnya untuk menggunakan aplikasi kasir. Karena keuntungan menggunakan aplikasi kasir atau Point of Sale (POS) ini sangat banyak. Tidak hanya memudahkan dalam hal transaksi di bagian kasir saja.

Siapa sih yang tidak ingin usahanya bisa berkembang jadi besar. Semua pelaku usaha pasti ingin, sayangnya keinginan itu kadang tidak diimbangi dengan persiapan sejak awal. Persiapan yang menurut kami perlu disusun sejak awal itu adalah masalah pengelolaan keuangan dan penjualan.

Karena masalah tersebut sangat inti sekali dan tidak mudah mengelolanya. Nah keberadaan aplikasi kasir ini bisa jadi solusi. Karena akan ada masanya kalau Anda tidak akan punya waktu untuk memikirkan masalah itu. Karena fokus akan terbelah, baik untuk mengurusi perkembangan usaha dan masih banyak lainnya.

Aplikasi Kasir

Transformasi Cash Register ke Point of Sale

Sebenarnya software kasir sudah ada dari dulu, hanya saja fungsinya terbatas. Cash Register yang mungkin saat ini masih banyak digunakan, belum bisa mengakomodasi kebutuhan pengelolaan keuangan/penjualan yang lebih komplek.

Karena Cash Register sendiri hanya berfungsi sebagai ‘kalkulator’ dan cetak struk saja.

Seiring berkembangnya waktu, akhirnya muncul Point of Sale (POS) yang memiliki fitur dan fungsi lebih banyak. Tentunya software kasir ini juga sudah memiliki teknologi yang lebih bagus.

Baca juga : Cara Mendaftar Jadi Rekan Usaha GO-PAY

Keuntungan Software Kasir

Tak ada salahnya jika Anda beralih ke software kasir atau Point of Sale ini. Karena manfaat yang akan didapatkan banyak, seperti :

#1 Efisiensi Waktu

Bayangkan jika pembeli di toko Anda sudah banyak, dan mereka harus mengantri panjang di kasir. Lantas di kasir masih menggunakan alat Cash Register yang manual itu. Tentu itu akan menguras waktu dan proses penjualan akan lebih lama.

Tapi jika sudah menggunakan aplikasi kasir yang notabene sekarang ini cukup scan barcode, maka proses di kasir pun akan lebih cepat. Dari sisi psikologi pembeli pun juga akan merasa puas karena mereka bisa dilayani dengan cepat karena adanya software kasir yang modern.

#2 Meminimalisir Kesalahan

Menghitung total belanjaan dari pembeli itu meski teliti, salah hitung bisa berakibat fatal bahkan bisa mencoreng nama usaha Anda. Menggunakan software kasir kesalahan-kesalahan seperti itu akan jarang terjadi, karena perhitungan tidak lagi dilakukan secara manual.

Cukup barang yang dibeli di-scan kemudian muncul di komputer dan akan terhitung secara komputerisasi. Sehingga kesalahan hitung tidak akan terjadi jika Anda menggunakan aplikasi kasir.

Tentu ini akan sama-sama memberikan keuntungan positif bagi Anda maupun pelanggan.

#3 Memudahkan Cek Stok Barang

Salah satu fitur dari software kasir itu adalah Anda bisa mendata jumlah stok barang secara real time. Jadi ketika ada barang masuk dan keluar, Anda bisa langsung data melalui software ini.

Artinya Anda akan bisa kapan saja mengecek persediaan stok barang. Tinggal buka aplikasinya, dan lihat barang apa yang stoknya sudah hampir habis.

#4 Multi Payment

Sekarang ini gaya hidup masyarakat dalam hal jual beli sudah mulai berubah. Yakni sudah mulai meninggalkan uang cash dan menggunakan metode pembayaran cashless seperti Debit/Credit Card, e-Money, dll.

Nah ini juga sudah dimiliki oleh software kasir modern saat ini. Yang mana sudah memiliki fitur yang bisa digunakan untuk menerima pembayaran secara cashless.

Baca juga : Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit yang Perlu Anda Tahu

#5 Kemudahan dalam Melihat Laporan

Anda tentu ingin dengan mudah dan cepat dalam melihat laporan penjualan Anda baik secara harian, mingguan maupun bulanan. Dengan menggunakan aplikasi kasir, semua itu bisa langsung dilakukan dengan cepat. Cukup membuka menu laporan maka seluruh laporan akan langsung tayang secara realtime.

Bahkan sekarang sudah banyak aplikasi kasir yang sudah termasuk software akuntansi di dalamnya. Sehingga untuk laporan-laporan akuntansi bisa langsung dilihat.

#6 Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Menggunakan software kasir / Point of Sale secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda. Itu dikarenakan software kasir mampu memberikan kecepatan, ketepatan hasil dalam perhitungan. Sehingga pelanggan pun akan merasa aman dan nyaman saat proses perhitungan belanja.

Kalau misalnya ada dua toko retail yang bersebelahan, tapi yang satu masih pakai kasir manual dan yang satunya pakai aplikasi kasir, pasti konsumen akan menuju ke yang pakai aplikasi kasir.

Baca juga : Pengertian Perusahaan Ritel (Retail) atau Pengecer

Itulah berbagai keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan software kasir. Dampak positif akan bisa Anda dapatkan saat mengembangkan usaha Anda. Masalah pengelolaan keuangan dan penjualan pun akan semakin mudah dengan bantuan software ini.




Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.