Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

4 Jenis Modal dalam Berbisnis

Jika ditanya bagaimana cara memulai berbisnis? Banyak yang beranggapan ketika memiliki modal. Dan sayangnya modal di sini hanya dinilai dari materi atau uang saja. Seakan-akan jika tanpa modal uang, maka bisnis tidak akan jalan.

Padahal jenis modal dalam berbisnis itu banyak, uang atau harta itu hanyalah salah satu diantaranya. Dan yang perlu Anda pahami adalah uang bukan satu-satunya penentu dimulainya bisnis Anda.

Banyak orang yang ketika ditanya, Ingin berbisnis tidak? Ingin. Apa yang jadi masalah? Tidak ada modal (uang). Ini saya modalin, silakan dipakai. Sebentar masih bingung mau bisnis apa.

Yang seperti itu hanyalah orang yang tidak siap untuk berbisnis.

Lantas, apa saja jenis modal dalam berbisnis itu?

1.Harta

Uang termasuk dalam harta, ini memang menjadi salah satu modal dalam berbisnis. Tetapi Anda tidak selamanya harus memiliki modal harta dulu untuk memulai bisnis.

Banyak yang beranggapan kalau tidak punya modal uang maka tidak bisa memulai bisnis. Faktanya banyak pebisnis yang awalnya memang tidak punya modal harta, tetapi mereka memiliki modal yang lain, yakni di poin kedua ini.

2.Keterampilan

Yang kedua adalah modal keterampilan. Keterampilan ini banyak sekali, meliputi hard skill maupun soft skill. Dan ini perlu Anda punya. Jika Anda tidak punya modal harta, tetapi Anda punya modal keterampilan, Anda pun masih tetap bisa memulai bisnis.

Salah besar jika masih saja berpikir jika tidak punya modal sekian maka bisnis tidak jalan, atau jika cuma modal segini maka bisnis tidak bakal bisa dimulai.

Cobalah untuk mengasah skill yang dimiliki. Dengan skill maka Anda akan tetap bisa menjalankan bisnis.

Kalau memang modal harta sangat-sangat dibutuhkan untuk memulai bisnis Anda, sedangkan Anda tidak punya, maka Anda bisa menggunakan keterampilan komunikasi Anda untuk mendapatkan modal harta. Misalnya saja dengan mencari partner bisnis yang ia akan menjadi pemodal (uang) di bisnis Anda. Sehingga nanti bisa bagi hasil.

3.Peluang

Dalam berbisnis itu harus pandai dalam mengambil peluang yang ada. Peluang itu juga modal yang sangat berharga, karena peluang biasanya tidak akan datang untuk kedua kalinya. Kalau pun nanti datang lagi, peluang itu sudah tidak banyak pengaruhnya.

Ketika Anda mendapatkan sebuah peluang usaha yang itu bisa digunakan untuk memulai atau menjalankan bisnis, segera eksekusi. Tidak perlu menunggu harus punya modal uang dulu, karena jika harus menunggu maka peluang itu akan hilang dan Anda akan menyesal.

4.Kemauan

Ini adalah kunci utamanya, kemauan adalah modal yang tidak terlihat tetapi sangat menentukan bisnis Anda. Meskipun Anda punya modal uang, skill, dan ada peluang, tetapi Anda tidak memiliki kemauan untuk bergerak dan menjalankannya maka semua akan sia-sia.

Kemauan ini sangatlah penting, karena akan bisa menggerakan segala hal mulai dari semangat untuk memulai usaha, hingga kemauan untuk terus mencoba meskipun modal uang sedikit dan lain sebagainya.

Baca juga :

Jadi mulai sekarang bagi Anda yang ingin memulai berbisnis, berhentilah menganggap kalau uang itu adalah modal utamanya. Jangan lagi beranggapan kalau tidak ada uang maka bisnis tidak bisa jalan. Ubahlah mindset itu dan segera raih kesuksesan dengan 4 modal berbisnis di atas.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.