Cara Bangun Bisnis Skincare Bersama Produsen Kosmetik Lokal

  • Whatsapp

Beberapa tahun belakangan, industri kecantikan di Indonesia semakin diramaikan dengan adanya berbagai produk skincare dan kosmetik lokal. Namun, tahukah kamu? 

Salah satu faktor yang mendukung perkembangan skincare dan kosmetik di Indonesia adalah karena adanya produsen kosmetik lokal yang berkualitas. 

Kini, kamu tak harus memiliki pabrik sendiri untuk memulai bisnis kosmetik dan skincare, lho. PT ADEV Natural Indonesia sebagai produsen kosmetik lokal yang menyediakan jasa maklon bisa menjadi solusi atas keterbatasan dana dan SDM untuk menjalankan pabrik sendiri.  

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis bersama jasa maklon kosmetik ADEV? Yuk, ketahui penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Brainstorming Ide Bisnis

Tahap pertama yang akan kamu lalui dalam proses maklon adalah konsultasikan ide atau konsep produk. Kamu tentunya akan mengeluarkan ide-ide yang ada untuk memulai bisnis skincare dan kosmetik dengan brand sendiri. 

Brainstorming ide memang akan memakan waktu yang cukup panjang. Karena dalam tahap ini kamu dituntut harus kreatif, fokus, dan intens dalam menentukan produkmu.

Namun, itu justru akan memudahkan partner bisnismu saat menggali informasi secara umum sekaligus mewujudkan keinginanmu. Maka lakukan cara-cara ini untuk mengkonsepkan produk yang ingin kamu buat:

  1. Bangun team dengan orang yang akan fokus mengerjakan produk kosmetikmu.
  2. Riset pasar produk kosmetik yang sedang tren saat ini. Riset ini dilakukan agar kosmetikmu diterima di pasaran saat ini. Kamu bisa melakukan riset pasar dengan melihat situs-situs yang khusus membahas produk-produk kosmetik.

Kamu mungkin bisa membawa contoh produk, baik untuk formula, tekstur dan kemasannya untuk diperlihatkan saat berkunjung ke pabrik maklon kosmetik. Namun, cari terlebih dahulu rekomendasi produsen kosmetik terbaik untuk memproduksi kosmetikmu. 

Konsultasi Produk Kosmetik ke Ahlinya

Produsen Kosmetik

Konsep produk yang sudah kamu pikirkan sebelumnya bisa dikonsultasikan bersama ADEV. Pada tahap ini, kamu akan bertemu langsung dengan Business Consultant sebagai perwakilan dari ADEV. 

Business Consultant akan membicarakan konsep produk dan juga membahas administrasi yang harus kamu penuhi sebelum memulai maklon di pabrik kosmetik ADEV. Mulai dari jumlah Minimum Order Quantity (MOQ), biaya maklon, harga, perjanjian kerja sama (MoU), dan lain sebagainya.

Saat konsultasi berlangsung, berusahalah untuk aktif bertanya seputar pelayanan dan benefit yang bisa kamu dapatkan ketika memutuskan maklon di pabrik kosmetik tersebut. Selain itu, tanyakan secara mendalam terkait produk yang akan kamu buat. 

Bagaimana jika kamu masih belum tahu tentang produk yang ingin dibuat? Tak perlu khawatir, tim Business Consultant kami akan memberimu informasi terkait perkembangan dan tren di industri kosmetik saat ini, lho. 

Nah, ketika kamu sudah mendapat penjelasan dan keterangan dari Business Consultant, Tahapan maklon bisa berlanjut ke pembuatan sampel produk.

Pembuatan Sampel Kosmetik

Produsen Kosmetik

Perusahaan jasa maklon kosmetik akan memberikan sampel produk. Pembuatan sampel bertujuan agar spesifikasi produk yang dibuat sudah sesuai seperti yang kamu inginkan. Pastikan sampel yang kamu minta sesuai dari penggunaan bahan baku, bahan aktif, tekstur, warna, aroma, dan sebagainya.

Jika sampel tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan, segera informasikan kepada pihak perusahaan yang bertanggung jawab menangani keluhanmu. 

Pengurusan Administrasi dan Legalitas Produk Kosmetik

Legalitas suatu produk menjadi sangat penting saat ini. Produk yang jelas legalitasnya tentu akan lebih aman digunakan. Secara tidak langsung, produk kosmetik yang telah mendapatkan legalitas seperti izin BPOM bisa lebih dipercaya oleh konsumen. 

Di pabrik kosmetik ADEV, kamu diwajibkan untuk mendaftarkan produk ke BPOM agar terjamin keamanan dan legalitasnya. Tak perlu khawatir tentang proses yang rumit, karena jasa maklon di pabrik kosmetik ADEV akan mengurus perizinan pendaftaran kosmetik hingga mendapatkan nomor registrasi produk (NA) dan Sertifikasi Halal, jika kosmetikmu mengusung konsep halal. Selalu ikuti juga perkembangan proses produksi kosmetikmu agar terjaga kualitasnya.

Baca juga : Cara Mendaftar BPOM untuk Kosmetik dan Persiapan Dokumennya

Produksi Kosmetik secara Massal

Produsen Kosmetik

Ketika sampel yang diminta sudah sesuai dengan yang kamu inginkan, perizinan legalitas sudah diproses, administrasi telah terpenuhi, serta biaya harga sudah dibayar setengahnya. Perusahaan maklon kosmetik akan langsung berlanjut ke proses produksi. Pengerjaan produk kosmetik menyesuaikan perjanjian MOQ di awal. Untuk biaya pelunasan dilakukan saat produk kosmetik siap kirim.

Pengiriman Produk ke Customer

Produk kosmetik yang telah selesai dibuat akan dikirim ke alamat kamu. Perusahaan manufaktur biasa meminta pelunasan biaya sebelum produk sampai di tanganmu.

Selalu pastikan kembali produk kosmetik yang dibuat formula, tekstur, warna, aroma, packaging tidak ada cacat sama sekali. Serta mintalah produk kamu dikemas dengan rapi agar terjaga keamanannya.

Nah, itulah penjelasan tentang cara maklon di pabrik kosmetik ADEV. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu yang akan membuat produk kosmetik dan skincare menggunakan brand sendiri, ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *