Home » BISNIS ONLINE » Cara Membeli Tanah di Metaverse

Cara Membeli Tanah di Metaverse

Editor / 09/01/2022 / Dibaca : 44 views

Mau tahu cara membeli tanah di Metaverse? Ya, ini adalah cara berinvestasi yang akan menjadi tren di dunia baru Metaverse.

Bagi kamu yang belum tahu, Metaverse merupakan sebuah dunia virtual yang mendekati nyata. Di metaverse, orang bahkan bisa membeli tanah, seperti hal nya membeli tanah di dunia nyata untuk kebutuhan Investasi.

Cara Membeli Tanah di Metaverse

Aset properti di dunia nyata menjadi hal yang penting untuk dimiliki. Metaverse sepertinya mengambil peluang ini untuk menjual tanah kepada seluruh penduduk dunia, termasuk Indonesia.

Kamu, juga bisa loh membeli tanah di Metaverse, asalkan tahu cara membeli tanah di Metaverse dengan benar tentunya.

Bukan hanya itu, di Metaverse, kita juga bisa melakukan berbagai aktifitas lainnya seperti bermain, bekerja, melakukan jual beli secara virtual dengan pengguna AR (Augmented reality) atau VR (Virtual reality) lainnya. 

Table of Contents:

Harga Tanah di Metaverse

Ketika kita hendak membeli sesuatu, tentunya kita ingin mengetahui terlebih dulu berapa harga dari barang atau benda yang akan kita beli. 

Tanah di Metaverse ternyata memiliki harga yang mahal loh. Kabarnya, harga tanah di dunia virtual ini mencapai milyaran. Harga sebidang tanah di sana setara dengan 5. 700 US Dolar atau setara dengan Rp. 82 Jutaan. 

Sebuah perusahaan asal Kanada sudah membuktikanya. Tokens.com telah membeli tanah di Metaverse seharga Milyaran tersebut. Perusahaan ini kabarnya membeli 116 petak tanah yang lokasinya di Pusat kawasan mode di Decentraland. 

Mata Uang di Metaverse untuk Membeli Tanah

Hal penting yang tentunya perlu diketahui oleh para calon pembeli tanah di dunia Metaverse, yaitu mata uang yang digunakan. 

Mata uang resmi yang digunakan adalah cryptocurrency yang bernama MANA. MANA ini adalah mata uang Decentraland yang dapat dibeli di situs jual beli Crypto seperti Metamask atau Coinbase.

Selain MANA, beberapa cryptocurrency lain yang bisa digunakan untuk membeli tanah di Metaverse sebagai berikut:

  • Ether (ETH): Biasanya digunakan untuk membeli tanah digital secara umum di Metaverse
  • SAND: Mirip dengan MANA, dan bisa digunakan untuk membeli tanah, bermain game hingga menjual NFT (lelang) di Sandbox
  • AXS: Cryptocurrency ini khusus untuk transaksi di platform game populer yaitu Axie Infinity

Cara Membeli Tanah di Metaverse

Membeli tanah di dunia virtual Metaverse ternyata bisa dilakukan dengan 2 cara. Cara membeli tanah di Metaverse yang pertama yaitu melalui Decentraland, kedua melalui Earth2.io. Keduanya merupakan sebuah marketplace resmi di Metaverse.

Cara membeli tanah di Metaverse juga tidak terlalu rumit. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan:

  1. Kamu harus memiliki Dompet Crypto agar bisa membeli tanah di Decentraland. Gunakan Metamask sebagai dompet resmi yang dianjurkan
  2. Kemudian, Instal plugin Chrome resmi milik mereka melalui PC atau laptop. Hal ini dilakukan untuk membuat akun metamask. Kamu juga bisa mengunduhnya lewat playstore di smartphone kamu

Jika kamu memilih Decentraland, berikut ini cara membeli tanah di Metaverse Decentraland:

  • Klik Builder pada sudut kanan bawah
  • Klik “Land” hingga muncul tanah metaverse Decentraland. Jika belum memiliki tanah sebelumnya, maka yang muncul adalah “Buy land” 
  • Klik “Buy Land” lalu masuk ke Official Market place Decentraland
  • Aktifkan Metamask dengan mereconnect ke Decentraland
  • Jika sudah terhubung, maka Kamu bisa menelusuri properti di metaverse ini. Jika ada yang ingin dibeli, maka gunakan saldo mata uang MANA
  • Kamu bisa memberikan penawaran, tergantung dengan harga yang diajukan penjual tanah
  • Setelah Deal, Tanah tersebut akan menjadi milik kamu dan akan tercatat di jaringan Blockchain di Decentraland

Jika Memilih cara membeli tanah di Metaverse Earth2.io, Berikut langkah-langkahnya:

Earth2
  • Lakukan registrasi dan LogIn ke laman Earth2.io
  • Cari lahan yang ingin kamu beli, lalu klik “buy land” di bagian homepage
  • Selanjutnya kamu pilih petak tanah yang diinginkan. Ketika memilih tipe petak tanahnya, Akan muncul keterangan berapa petak maksimal yang harus dibeli
  • Kemudian Klik “Buy now” untuk melakukan pembayaran melalui PayPal

Apakah Beli Tanah di Metaverse Menguntungkan?

Setelah mengetahui cara membeli tanah di Metaverse, Mungkin para calon investor ingin mengetahui apakah membeli tanah di dunia virtual ini menguntungkan?

Belum ada pendapat yang memastikan bahwa berinvestasi di dunia metaverse akan menguntungkan. Sebagian dari mereka bahkan menganggap, membeli tanah di Metaverse ini hanya spekulatif saja, tidak akan memberikan keuntungan apa-apa. 

Lalu kenapa perusahaan di Kanada tersebut berani membeli tanah di Metaverse hingga Milyaran rupiah ya? Sepertinya mereka percaya dengan perubahan dunia dan teknologi yang akan mendatangkan keuntungan. 

Setelah mengetahui cara membeli tanah di Metaverse, Bukan hal yang mustahil jika para Investor mulai membeli tanah di sana, mendapatkan keuntungan dari Cryptocurrency atas pembelian tanah tersebut. 

Siapa cepat, Dia yang dapat. Siapa tahu pengunjung Metaverse akan membludak, harga Tanah di sana juga ikut naik, Para pengunjung mulai tertarik dengan dunia virtual ini.  

Sudah tahu cara membeli tanah di Metaverse, Akankah kamu berinvestasi di sana? Selamat mencoba!

Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.