Home » TIPS » Cara UMKM Menjadi Usaha Waralaba Sukses

Cara UMKM Menjadi Usaha Waralaba Sukses

Adi Firmansyah / 30/03/2021 / Dibaca : 362 views

EtalaseBisnis.com, Cara UMKM Menjadi Usaha Waralaba Sukses – UMKM atau Usaha Mikro, Kecil Menengah dapat memperluas usaha dengan menerapkan sistem franchise atau waralaba. Produk atau jasa harus dikemas dengan seksama agar bisa berkembang menjadi waralaba sukses. Dengan demikian, bisnis kecil kamu dapat berkembang dengan tujuan yang jelas. 

Tips Mudah Bagi Usaha Kecil Jadi Bisnis Waralaba Sukses

UMKM Waralaba

Wirausaha memiliki banyak peluang untuk mengembangkan usahanya. Salah satunya adalah dengan menargetkan bisnis berkembang menjadi waralaba sukses. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu terapkan pada usahamu sendiri. 

1. Konsep dan Rencana Bisnis

Mulai usaha tidak pernah mudah, membuatnya menjadi usaha franchise, meningkatkan tingkat kesulitannya. Jadi, persiapanmu harus benar-benar matang. Muat konsep yang jelas dan mudah dipahami oleh orang lain. 

Kamu perlu mempresentasikan inti dari bisnismu dengan rencana bisnis yang profitable. Kamu jadi mudah mendapatkan pinjaman, kolaborasi dan kepercayaan dari pelanggan. Semua berawal dari ide yang dapat diterima oleh kebanyakan orang. 

2. Pengelolaan Manajemen

Terlibat langsung pada usahamu memang suatu keharusan. Tapi untuk mengembangkan usaha jadi franchise maka kamu harus mulai mempercayai orang lain. Ciptakan strategi pengaturan manajerial mulai dari pelatihan karyawan, pengembangan produk dan elemen penting lainnya. 

Kamu perlu menerapkan Standar Operasional atau SOP untuk semua hal dalam perusahaan. Jadi, orang baru, pegawai baru dan perusahaan yang berminat untuk bergabung memiliki panduan jelas untuk diikuti. 

2. Mengembangkan Branding (Merek) 

Strategi lain yang bisa dicoba untuk menjadi waralaba sukses adalah menampilkan citra tertentu. Kamu bisa jadi yang pertama, terbaik, dalam suatu hal, karena hanya merek yang paling terkenal yang akan diingat orang. Kalau tidak bisa membuat inovasi, coba pilih cara tertentu untuk menciptakan branding.  Ada banyak usaha yang sudah terlebih dahulu berjalan, kamu perlu menemukan ciri khas bisnismu. 

3. Perijinan

Sebagai franchise kamu perlu melindungi merekmu dari berbagai aksi plagiat. Daftarkan nama dan logo pada Ditjen Kekayaan Intelektual (DJKI). Jangan sepelekan hal ini karena usahamu bisa bermasalah dan menghabiskan banyak uang dan waktu hanya untuk membenahinya. 

Kamu juga bisa sukses dengan melindungi usaha dengan dasar hukum. Salah satunya adalah dengan membuat Perjanjian Kemitraan dengan Pihak yang berminat untuk menjadi Fanchise usahamu. Tulis semua point penting mengenai kewajiban dan tanggung jawab masing-masing pihak. 

4. Uji Kelayakan Usaha

Umumnya orang berfikir bisnis waralaba sukses harus memiliki modal besar. Faktanya, kalau kamu sabar, UMKM juga dapat berkembang menjadi usaha besar dengan waralaba dimana-mana. Pastikan dahulu kamu punya semua perangkat yang diperlukan untuk berkembang jadi waralaba. Lakukan uji kelayakan usaha dengan melakukan simulasi dan juga interpretasi hasilnya. 

5. Sistem Dukungan Berkelanjutan 

Sistem adalah hal penting untuk waralaba sukses mempertahankan mereknya. Oleh karena itu, siapkan dari awal sebuah sistematis yang semua orang bisa ikuti. Bisnis waralaba bukan berarti memiliki cabang dan melupakannya. 

Kamu harus melakukan uji kelayakan baik dari SDM atau SDA. Jadi harus ada pendukung dari perusahaan yang memastikan semua waralaba mematuhi aturan dan memberikan solusi bila ada kendala. Hal ini sangat membantu usaha kecil untuk berkembang dengan baik. 

Baca juga : Ingin Memulai Bisnis Franchise atau Waralaba? Ini Tips Untuk Anda

Itulah tata cara UMKM dapat menjadi sukses dengan modal kecil. Perjalanan UMKM untuk menjadi nama besar tentu bukanlah hal mudah. Namun, usaha waralaba sukses yang mulai dari modal kecil bukan hal yang mustahil. Kamu bisa menerapkan cara-cara di atas untuk mewujudkannya.


x
SPONSOR
Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.