Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang

Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang

Tips memilih jasa ekspedisi pengiriman barang di era bisnis online seperti sekarang ini sangat penting. Karena apabila jasa ekspedisi yang Anda gunakan ternyata tidak profesional, yang akan kena dampaknya adalah bisnis Anda.

EtalaseBisnis.com – Semakin meningkatnya transaksi jual beli online sangat berdampak pada jasa ekspedisi pengiriman barang. Kalau dulu sebelum bisnis online menjamur seperti sekarang, mayoritas orang kalau mau kirim barang pasti mengandalkan jasa dari PT. Pos Indonesia.

Tetapi sekarang kita bisa lihat sendiri, banyak orang berjualan secara online. Cara memulai bisnis online pun sekarang mudah sekali dan ini membuat jasa ekspedisi pengiriman barang banyak bermunculan. Pos Indonesia tidak lagi sepopuler dulu, dan kini sudah mendapat pesaing baru seperti JNE, J&T, TiKi, Wahana, dan lain-lain.

Bahkan kalau Anda berjualan di e-commerce tertentu, pihak e-commerce itu juga sudah punya jasa ekspedisi sendiri. Nah karena semakin banyaknya pilihan jasa ekspedisi, kita harus jeli dalam memilih.

Sebenarnya tips memilih jasa ekspedisi pengiriman barang ini bisa ditujukan untuk penjual maupun pembeli. Akan tetapi cara memilihnya yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhannya.

Dalam memilih jasa ekspedisi sebaiknya penjual memperhatikan hal-hal berikut :

Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang

1. Kecepatan Pengiriman

Pilihlah jasa ekspedisi pengiriman barang yang memiliki kecepatan pengiriman yang paling cepat. Ya memang harus dicoba semua dulu baru bisa menilai. Tetapi hal mudah yang bisa dilakukan adalah yang memiliki cabang hingga pelosok dan melakukan pengiriman dalam rentang waktu yang dekat. Misalnya saja ada ekspedisi yang melakukan pengiriman sehari hanya satu kali, ada juga yang sehari dua kali. Anda bisa menanyakan ini kepada pihak kurirnya.

Dan dengan melihat apakah cabangnya banyak atau tidak itu juga memengaruhi kecepatan.

Ingat, kalau Anda sampai memilih jasa ekspedisi yang memberikan layanan pengiriman lama, yang kena batunya bukan jasa ekspedisi tetapi bisnis Anda. Begitulah cara pandang kebanyakan pembeli kita, yang masih menganggap kalau urusan pengiriman juga jadi tanggung jawab penjual. Padahal itu sudah kewenangan pihak jasa ekspedisinya.

Itu kalau dari sisi penjual. Kalau dari sisi pembeli….

Sama, pilih yang paling cepat dan tentunya memiliki cabang banyak di kabupaten/kota Anda. Dengan seperti itu Anda akan mudah untuk konfirmasi jika barang tidak sampai-sampai.

2. Jangan Fokus Pada Tarif Paling Murah

Biasanya untuk memilih jasa ekspedisi pengiriman barang, akan dipilih yang paling murah. Padahal yang paling murah belum tentu bagus. Pernah kami membeli barang, kemudian seller memilih yang paling murah. Biasanya pakai Kurir A 3 hari sampai, ini bisa lebih dari 1 minggu.

Kita juga harus sadar, bahwa ketika kita membeli barang maka kita (pembeli) juga harus sadar kalau kita akan menanggung biaya kirimnya. Jadi pastikan memilih jasa ekspedisinya yang benar-benar bagus. Apalagi jika barang yang kita beli sangat berharga.

3. Yang Bisa Ditracking via Online

Pilih jasa ekspedisi pengiriman barang yang memiliki layanan tracking resi via online. Biasanya bisa dilakukan melalui website resminya atau via aplikasinya. Tapi pastikan tracking resinya benar-benar real time. Kadang ada yang memang menyediakan fitur tracking tapi pas di tracking tidak update-update datanya.

Dengan adanya tracking online ini kita bisa melihat barang yang dikirim sampai mana.

Baca juga : Arti Resi JNE dan Istilah Tracking JNE

4. Pilih yang Menyediakan Door to Door Service

Artinya adalah yang bisa mengirim barang sampai ke rumah penerima. Jadi penerima tidak perlu mengambil ke kantor cabang jasa ekspedisi itu. Bayangkan kalau tracking tidak ada, kemudian barang hanya bisa diambil di kantor cabang. Sedangkan pihak kurir kantor cabang tidak mengabari kalau barang sudah datang. Itu dijamin bikin kesal menunggunya.

5. Jangan Lupa Asuransi

Ini optional, tetapi jika barang yang akan dikirim nilainya sangat besar, sebaiknya gunakan asuransi. Dan sebaiknya pilih jasa ekspedisi pengiriman yang mampu memberikan layanan asuransi yang bagus. Biasanya ada yang mau klaim garansi karena barang rusak saat pengiriman malah dipersulit, atau malah diganti dengan nilai yang tidak pantas. Jangan sampai seperti itu.

Jasa ekspedisi pengiriman itu banyak sekali, lebih baik pilih yang umum digunakan orang dan punya layanan bagus.

Follow Media Sosial Kami: Twitter | Facebook

Kamu mungkin juga suka :


Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *