5 Tips Aman Investasi Online Agar Tidak Tertipu

Tips Aman Investasi Online

Pastikan kalau Anda mengikuti tips aman investasi online berikut ini agar bisa terhindar dari penipuan. Karena sekarang ini marak model investasi yang berkedok cepat kaya tetapi pakai cara yang tidak nyata. Simak artikel ini sampai tuntas, agar Anda bisa bijak berinvestasi!

Semakin berkembangnya teknologi seperti saat ini, sedikit banyak telah mengubah cara kita dalam menjalani hidup, yang tadinya offline, menjadi Online. Tidak hanya memesan makanan dan transportasi saja yang bisa online, investasi juga bisa dilakukan secara online.

Biasanya, investasi dilakukan melalui lembaga sekuritas tertentu dengan bantuan seorang broker. Kini, investasi online hanya dilakukan lewat gadget yang hampir semua orang memilikinya saat ini.

Investasi online merupakan cara baru untuk berinvestasi dengan mudah dan tentunya tidak perlu modal yang terlalu besar. Bahkan, dengan uang Rp. 100.000 saja, kini Anda sudah bisa menjalankan investasi online.

Uniknya, dalam investasi online, Anda dapat selalu mengakses dan melihat portofolio investasi dengan sangat mudah.

Investasi online juga dapat dilakukan hanya dengan mengakses website penyedia layanan investasi online yang Anda pilih.

Tips Aman Investasi Online

Tips Aman Investasi Online

Meski investasi online cukup mudah dilakukan, bahkan dengan modal yang lebih kecil, bukan berarti kita harus mengacuhkan risiko-risiko yang mungkin terjadi di dalamnya. Penipuan investasi online juga marak terjadi saat ini, maka sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal sebelum memulai investasi online.

Berikut ini tips aman investasi online:

1. Pilihlah Investasi Online yang Tepat

Investasi online telah hadir dalam berbagai jenis pilihan, diantaranya investasi saham, emas, valuta asing reksadana hingga P2P lending. Masing-masing investasi tersebut memiliki mekanisme yang berbeda-beda, begitu juga dengan tingkat risiko dan keuntungan yang berbeda pula.

Kenali investasi online yang ingin Anda pilih dan sesuai keinginan Anda, agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

2. Pahami Skema Investasi Online

Investasi online sama halnya seperti investasi biasa, memiliki sebuah skema investasi. Skema ini merupakan gambaran tentang bagaimana dana yang kita investasikan kemudian dikelola oleh perusahaan investasi online terkait.

Disarankan untuk menghindari investasi online dengan skema Ponzi yang kebanyakan merupakan investasi abal-abal. Jadilah seorang investor yang mampu menilai apakah investasi online ini layak diikuti atau tidak.

3. Menilai Kredibilitas

Dalam beberapa jenis investasi online ada yang difasilitasi oleh broker. Hanya saja, broker dengan investornya tidak bertatap muka secara langsung. Maka dari itu, sangat penting untuk menilai kredibilitas broker  yang akan mengelola dana investasi. Pastikan, broker tersebut memiliki track record yang mumpuni.

Cara paling aman adalah dengan mengecek perusahaan investasi itu ke OJK. Anda bisa menghubungi OJK melalui kontak OJK di @Kontak157, melalui Whatsapp 081-157-157-157 atau bisa dicek daftar investasi yang tidak terdaftar di OJK melalui website https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/AlertPortal/Negative

Baca juga : Keunggulan Investasi Saham Syariah

4. Pahami Risiko Investasi Online

Seperti telah diulas sebelumnya, bahwa dalam investasi online juga memiliki risiko tersendiri. Semakin tinggi keuntungan yang diinginkan, maka risiko yang harus ditanggung investor juga semakin besar. Pastikan Anda mengetahui seberapa besar tingkat risiko investasi online tersebut dan bagaimana kesanggupan Anda menghadapi risiko tersebut.

5. Lakukan Diversifikasi Investasi Online

Melakukan diversifikasi pada investasi online sangat penting, karena jika  ingin  keuntungan, maka harus memiliki beberapa produk investasi online terkait. Dengan diversifikasi investasi online, saat salah satu produk investasi mengalami penurunan, maka produk lainya mungkin sedang mengalami peningkatan.

Investasi online yang marak saat ini, dianggap lebih mudah dan cepat untuk menghasilkan keuntungan. Nah biasanya kalau ada penawaran investasi yang memberikan iming-iming cepat kaya, cepat balik modal, return-nya besar, dan lainnya, biasanya itu patut dicurigai.

Ya kita lebih pandai sedikit lah. Yang namanya investasi dimana-mana itu perlu proses dan waktu. Dan investasi itu bukan cara untuk cepat kaya. Kalau mau cepat kaya ya kerja atau berbisnis. Investasi itu merupakan cara untuk mengamankan uang dari inflasi dan kebutuhan masa depan.

Untuk meyakinkan diri Anda, bahwa investasi online tersebut terjamin dan aman, maka memperhatikan tips aman investasi online wajib dilakukan.

Originally posted 2021-05-27 13:14:35.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *