Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Memulai Bisnis Sebelum Pensiun

Sebentar lagi Anda memasuki masa pensiun? Mengapa tidak mencoba memulai bisnis sebelum pensiun. Anda yang berstatus karyawan di sebuah perusahaan milik Negara maupun swasta, tentunya akan memasuki masa pensiun. Pensiun merupakan suatu masa dimana Anda harus berhenti dan tidak akan produktif bekerja kembali di kantor seperti biasanya.

Meski begitu, di masa pensiun bukan berarti Anda sudah tidak bisa melakukan apa-apa lagi, memulai bisnis sebelum pensiun dapat Anda lakukan.

Usaha untuk Pensiun

Untuk bisa memulai bisnis sebelum pensiun, pastikan Anda sudah membuat rencana untuk masa tua Anda. Jika Anda seorang pensiunan perusahaan milik Negara dan pemerintah, maka dana pensiun yang Anda dapatkan, bisa menjadi modal awal untuk menjalankan bisnis yang sesuai passion Anda.

Namun, akan lebih baik lagi jika bisnis sebelum pensiun ini memang sudah Anda mulai saat ini juga. Bisnis yang Anda lakukan sebelum pensiun juga merupakan suatu investasi.

Tips Memulai Bisnis Sebelum Pensiun

Berbisnis sebelum pensiun memang mudah diutarakan, namun cukup sulit untuk dijalankan. Sebab itu, kita harus mengetahui terlebih dulu mengenai dasar dari persiapan sebelum memulai bisnis tersebut. Berikut tips bisnis sebelum pensiun:

1. Pandai dalam Membaca Peluang Usaha

Para pebisnis yang sukses menjalankan usahanya, disebabkan karena Ia pandai dalam membaca peluang usaha sebelumnya. Tanyakan kepada diri Anda, apakah bisnis yang akan dijalankan ini memiliki prospek jangka panjang? Kemudian, apakah bisnis tersebut akan bertahan lama?. Pahami terlebih dulu, sebelum Anda memulai terjun pada bisnis tersebut.

2. Berfokus Pada Tujuan

Setelah melihat peluang bisnis sebelum pensiun, yang harus Anda lakukan adalah berfokus pada tujuan menjalankan bisnis tersebut. Jika tujuan bisnis Anda ini ingin memasuki kancah internasional, maka segala risiko yang akan menghampiri nantinya, harus bisa Anda kelola dengan baik.

Berbisnis tentunya akan berada di fase naik dan turun, maka dengan berfokus pada tujuan awal menjalankan bisnisnya, Anda bisa sukses berbisnis sebelum pensiun.

3. Usaha Bisa Dilakukan Kapan Saja

Ini merupakan point yang penting, dimana seharusnya Anda dapat memikirkan bisnis sebelum pensiun ini sejak dini. Jika Anda merupakan karyawan yang baru saja mulai bekerja dan berada di rentang usia 20- 25 tahun, maka mengapa tidak untuk mulai mempersiapkan bisnis sebelum pensiun ini.

Bisnis dapat dilakukan kapan saja, asalnya Anda memiliki tanggung jawab yang bagus untuk mengelolanya, hingga mennjadi sebuah bisnis yang menjanjikan untuk kehidupan Anda di masa yang akan datang.


Persiapan bisnis yang dilakukan lebih awal, tentunya memiliki peluang untuk bisa lebih cepat sukses, dibandingkan menunda-nunda waktu untuk menjalankanya. Bisnis sebelum pensiun sebaiknya sudah Anda mulai ketika masih di usia produktif.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.