Home » TIPS » Tips Bisnis: Lebih Sulit Mempertahankan Bisnis Daripada Memulainya

Tips Bisnis: Lebih Sulit Mempertahankan Bisnis Daripada Memulainya

Memulai Sebuah Bisnis
Image (c) paullemberg.com

EtalaseBisnis.com – Saat ini ya membangun sebuah usaha atau bisnis itu sangatlah mudah. Iya, mudah banget, bahkan karena mudahnya banyak pelajar-pelajar yang saat ini punya bisnis sampingan.

Memulai usaha di era teknologi saat ini memang mudah. Lihat saja, banyak ditemui bisnis model reseller, dropship, keagenan, dan sejenisnya yang menawarkan modal yang kecil bahkan ada yang tanpa modal.

Selain itu, dalam hal pemasaran juga sudah dimudahkan dengan dukungan internet. Internet marketing menjadi jalan utama untuk memasarkan produk dan jasa. Dengan membuat website, atau memasarkan melalui media sosial, bisnis bisa langsung berjalan tanpa menunggu waktu yang lama.

Tapi, sebenarnya bukan itu yang menjadi masalah dalam bisnis. Okelah saat ini banyak yang dengan mudah membuka berbagai bisnis, tapi perlu diingat, bisnis tidak hanya interaksi jual beli saja. Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan ketika sudah berjibaku dengan dunia bisnis.

Tak heran jika banyak wirausahawan muda yang gagal dan bisnisnya macet di tengah jalan. Karena bisnisnya hanya dilandasi dengan nafsu ingin keuntungan yang banyak.

Untuk mengatasi hal tersebut, perlulah kita untuk mematangkan diri agar bisa maksimal dalam menjalankan dan mempertahankan bisnis.

Ada beberapa poin yang bisa kita lakukan untuk bisa mempertahankan sebuah bisnis.

Bisnis Akan Berjalan, Buatlah Business Plan Dari Awal

Ya, berbisnis adalah berpikir tentang masa depan. Okelah pada awalnya bisnis boleh langsung dibangun tanpa perlu pikir lama-lama, tapi setelah berjalan beberapa waktu, buatlah rencana bisnis ke depannya. Rencana bisnis ini sangat penting bagi seorang pengusaha agar tidak terjadi dead lock ketika menjalankan bisnis. Buatlah opsi-opsi lain yang dapat dijangkau jika rencana bisnis A tidak terlaksana. Sehingga bisnis tidak akan mangkrak sementara.

Kompetitor Semakin Meningkat, Buatlah Inovasi Bisnis

Kita perlu menyadari bahwa suatu saat nanti akan muncul kompetitor-kompetitor yang siap menggeser bisnis kita. Untuk itu, perlu membuat inovasi setiap saat agar produk dan jasa kita tidak ketinggalan jaman serta tetap diminati pasar.

Pasang Surut Sudah Biasa Yang Penting Tetaplah Fokus

Fokus sangat penting untuk bisa mempertahankan bisnis. Banyak pengusaha muda yang gagal dengan bisnisnya karena tidak fokus dan kurang konsisten. Meskipun bisnis sedang surut, jangan patah semangat dan lantas jangan membuka usaha lain. Cobalah berinovasi dan mencari kekurangan dan kelebihan dari bisnis Anda.

Anda Tidak Bisa Bekerja Sendiri, Carilah Orang Yang Kompeten

Ketika bisnis Anda sudah mulai jalan, janganlah memaksa diri untuk terus mengelolanya sendiri. Carilah orang-orang yang kompeten dibidangnya untuk membantu mengelola bisnis Anda. Dengan seperti itu Anda akan mendapatkan masukan dan dukungan untuk tetap mempertahankan bisnis Anda.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *