Ini Dia 5 Cara Mudah Kenali Ciri-ciri Emas Palsu

EtalaseBisnis.com, Ciri-ciri Emas Palsu – Hati-hati dengan emas palsu yang sering ditawarkan untuk investasi yang menguntungkan. Emas palsu tentunya memiliki perbedaan dengan emas asli, lalu bagaimana membedakanya?

Emas sering dijadikan sebagai cara investasi emas yang dianggap menguntungkan. Harga emas cenderung stabil dan tidak tergerus oleh inflasi, maka dari itu berinvestasi emas sangat diminati oleh sebagian besar orang saat ini.

Investasi emas memang menguntungkan. Misalnya saja, Anda membeli emas sebesar 20 gram di tahun 2010 dengan harga per gram Rp. 300 ribu, maka uang yang Anda keluarkan untuk membeli emas tersebut sebesar Rp. 6 juta. Setelah menginjak tahun 2019, harga emas mencapai Rp. 800 ribu per gramnya. Jika Anda menjual emas Anda, maka Anda mendapatkan Rp. 16 juta dengan keuntungan mencapai Rp. 9 juta, sangat menguntungkan bukan?

Baca juga : 5 Keuntungan Investasi Emas Yang Bisa Anda Dapatkan

Ciri-ciri Emas Palsu

Ciri Emas Palsu

Agar mendapatkan keuntungan yang maksimal dari investasi emas, maka Anda harus harus benar-benar teliti dalam memilih emas tersebut jangan sampai tertipu dengan emas palsu. Lalu bagaimana mengenali emas palsu? Berikut ulasanya:

1. Kenali Ciri Fisik Emas

Yang pertama harus dilakukan adalah mengenali ciri fisik emas secara langsung. Emas asli umumnya memiliki cap yang menandakan kadar emas yang terkandung di dalamnya. Beberapa kadar emas akan ditulis seperti “ 10K, 18K, hingga 24K”.

Jika Anda masing bingung untuk mengenai ciri fisik emas asli atau palsu, Anda juga bisa meminta bantuan kepada ahli emas atau penaksir yang umumnya mengenali ciri emas asli dan palsu.

2. Kenali Perubahan Warna Emas

Setelah mengenai ciri fisik, cara selanjutnya adalah untuk mengenali adanya perubahan warna emas tersebut. Caranya sangat mudah, cukup gosok emas di bagian tertentu dengan jari. Setelah itu perhatikan, jika terlihat adanya warna yang tidak seragam atau pudar, maka pastikan bahwa emas itu kemungkinan emas palsu.

3. Kenali dengan Menggigit Bagian Emas

Anda juga bisa mengetahui emas yang dibeli palsu atau asli dengan menggigit emas tersebut. Emas merupakan logam yang sifatnya lembut, semakin tinggi kadar karatnya, maka emas akan menjadi lembut dan menimbulkan bekas gigitan dengan jelas di permukaanya. Sebaliknya, jika emas itu keras maka  kemungkinan itu emas palsu.

4. Kenali dengan Menggoreskan Emas pada Keramik

Cara mudah kenali emas palsu juga bisa dilakukan dengan menggoreskan emas itu ke keramik. Goreskan emas pada permukaan keramik lantai atau piring keramik, kemudian perhatikan. Jika terdapat goresan hitam pada keramik, maka kemungkinan itu emas palsu. Sebaliknya, jika goresan sama sekali tidak muncul, maka itu adalah emas asli.

5. Kenali dengan Menguji Kepadatan Emas

Cara mudah kenali emas palsu yang satu ini, mungkin cukup sulit untuk dilakukan. Meski begitu, kabarnya cara ini sangat ampuh untuk membuktikan emas palsu atau emas asli. Jika Anda ingin menguji emas asli atau emas palsu dengan cara ini, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  • Mengukur berat mas dalam satuan gram
  • Isi air di gelas atau botol yang memiliki takaran ukuran milliliter
  • Masukan emas dengan cara digantung dengan benang
  • Lihat perbedaan kondisi air ketika sebelum dan sesudah emas direndam

Setelah itu, Anda harus menggunakan rumus perhitungan kepadatan = massa dibagi volume. Kemudian lihat hasil angkanya, jika mendekati 19 gram per millimeter, maka bisa dipastikan itu merupakan emas asli. Adapun angka kepadatan emas tergantung dari karatnya, dapat dilihat sebagai berikut:

  • 14 Karat = 12.9 – 14.6 gram/ml
  • 18 Karat kuning = 15.2 -15.9 gram/ml
  • 18 Karat putih = 14.7 – 16.9 g/ml
  • 22 Karat = 17.7 – 17.8 g/ml

Berinvestasi emas cukup mudah, namun bukan berarti kita bisa sembarangan saat memilih emas untuk investasi tersebut. Dengan mempelajari ciri-ciri emas palsu, maka kita akan terhindar dari investasi emas palsu yang bisa menghambat keinginan untuk berinvestasi di masa depan.



Baca Artikel dari Tags:

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.