Home » INVESTASI » Jika Anda Akan Memilih Investasi Syariah, Pastikan Tidak Mengandung Unsur Ini!
Investasi Syariah

Jika Anda Akan Memilih Investasi Syariah, Pastikan Tidak Mengandung Unsur Ini!

Memiliki penghasilan yang besar setiap bulannya membuat kita harus ekstra lihai dalam menerapkannya ke dalam kebutuhan sehari-hari. Dengan penghasilan yang besar, sebenarnya tanggung jawab kita terhadap penggunaan itu juga tinggi. Agar penghasilan yang kita dapatkan tidak habis begitu saja.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk memanfaatkan penghasilan tersebut adalah dengan menginvestasikan sebagian penghasilan ke dalam produk-produk aset investasi.

Saat ini jenis investasi bermacam-macam, dan kita bisa memilih sesuai dengan kemampuan dan kondisi keuangan kita. Bagi Anda kaum muslim, juga sudah ada solusi untuk berinvestasi yang aman dan halal, yakni dengan Investasi Syariah.

Namun, karena semakin banyaknya produk-produk investasi syariah, Anda tetap harus teliti sebelum memilihnya. Pastikan investasi tersebut memang memiliki prinsip-prinsip syariah yang halal. Seperti :

  • Memiliki produk atau barang yang Halal
  • Diperoleh dengan cara yang Halal
  • Dan cara penggunaannya halal.

Sehingga, dengan mengedepankan prinsip tersebut, Insha Allah investasi yang kita pilih benar-benar berprinsip syariah. Namun tidak hanya itu saja, investasi syariah tersebut tidak boleh mengandung unsur-unsur sebagai berikut :

  • Riba, tentu kita sudah tahu semua unsur yang satu ini. Riba harus kita hindari kaitannya dalam kegiatan keuangan. Riba merupakan sebuah tambahan nilai dari kegiatan tukar menukar barang ‘ribawi’, selain itu yang kerap terjadi adalah adanya penambahan nilai dari pengembalian pinjaman.
  • Maysir, merupakan resiko yang berlebihan. Kita tidak boleh membayar atas sesuatu yang tidak jelas isinya. Untuk itu, sebelum kita membayar pastikan sudah mengetahuinya bagaimana dan apa saja yang ada di produk investasi tersebut. Sehingga resiko bisa kita minimalisir.
  • Gharar, sebelum memilih produk investasi pastikan kita mendapatkan informasi yang lengkap dan sesuai dengan aslinya. Gharar ini yakni memberikan informasi yang tidak tepat sehingga menyesatkan salah satu pihak. Jangan sampai kita berhadap dengan hal yang seperti ini.

 

Jangan sungkan untuk menanyakan masalah ini ke pihak penjual investasi. Karena informasi yang tepat dan lengkap akan membawa Anda kepada manfaat yang berkat.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × five =