5 Tips Mengelola Kantor Cabang Yang Efektif

Kantor Cabang

EtalaseBisnis.com – Siapa sih yang tidak ingin memiliki cabang usaha di kota lain? Pasti semua pemilik usaha termasuk Anda ingin agar usahanya tersebar di kota-kota lain.

Membuka kantor cabang selain untuk mendekatkan dengan konsumen, juga sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan kredibilitas usaha. Karena gini, perusahaan yang memiliki kantor cabang di beberapa kota itu menandakan perusahaan tersebut telah berkembang.

Tapi, dengan memiliki kantor cabang itu artinya tanggung jawab semakin besar. Ya meski di tiap-tiap kantor cabang sudah ada Manager yang mengelolanya, tapi Anda sebagai owner tetap harus turut mengelola atau turun tangan langsung. Karena ya tidak ada bedanya, antara kantor pusat dengan kantor cabang.

Dan jika sewaktu-waktu ada masalah di kantor cabang, dampaknya ya akan ke nama baik perusahaan Anda, buka ke kantor cabang itu saja. Bukan hanya itu saja, selain tanggung jawab yang semakin besar, pengeluaran pun juga ikut besar. Kadang harus ke kantor cabang A, B balik ke kantor pusat. Itu semua butuh budget pengeluaran.

Nah, untuk itu Anda sebagai owner perlu mempersiapkan itu semua dalam mengelola kantor cabang. Berikut ini ada sedikit tips yang bisa dijadikan referensi.

#1 Pilih Pimpinan Cabang Yang Benar-Benar Bertanggungjawab

Anda tidak mungkin selalu ada di setiap kantor cabang. Untuk itu perlu adanya manager atau pimpinan cabang untuk memanage tiap kantor cabang. Pastikan dalam memilih orang ini, pilih yang benar-benar tanggungjawab dan punya kredibilitas.

Boleh saja Anda memilih orang yang baru dikenal, tapi pastikan punya track record yang bagus. Karena ini perdampak pada perkembangan kantor cabang Anda.

#2 Jangan Fokus Pada Tim Penjualan

Biasanya di beberapa kantor cabang yang baru itu hanya dimaksimalkan bagian penjualan saja. Dengan alasan agar kantor cabang bisa berkembang secara mandiri. Dan tak jarang pimpinan cabang dipilih dari orang-orang yang berada di dalam tim penjualan.

Padahal, sebaiknya ada bagian lain yang juga perlu diperhatikan. Seperti bagian gudang, Customer Service, HRD, dan lainnya.

Karena semua itu tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Meskipun notabene itu kantor cabang yang mendapatkan support dari kantor pusat, tapi kantor cabang tetap harus punya kinerja secara penuh layaknya kantor pusat.

#3 Implementasi Sistem Yang Sama

Atau intinya harus punya SOP yang sama dengan kantor pusat. Jadi, alangkah baiknya sistem di kantor pusat harus dimatangkan terlebih dahulu. Jika sudah matang baru membuka kantor cabang yang punya sistem yang sama.

Dengan memiliki sistem yang sama tentu akan memudahkan dalam hal pengelolaan dan monitoring.

Menggunakan sistem yang masih baru lalu diimplementasikan di kantor cabang, pada akhirnya hanya akan berakhir pada kegagalan.

#4 Mempersiapkan Tools Penilaian SDM

Anda sebagai pemilik bisnis pastinya tidak bisa mengawasi secara langsung SDM di setiap kantor cabang. Untuk itu perlu adanya tools untuk penilaian tiap-tiap SDM yang ada di kantor cabang. Tujuannya adalah agar memudahkan dalam monitoring SDM. Karena lagi-lagi keberhasilan kantor cabang juga ditentukan dari kinerja setiap SDM yang ada.

#5 Pilih Akomodasi Yang Murah

Apa hubungannya akomodasi dengan kantor cabang? Mungkin akan biasa jika Anda atau pegawai Anda harus ada urusan bisnis ke kantor satu dan lainnya. Nah, di sinilah perusahaan harus memberikan backup berupa biaya akomodasinya. Dan hal seperti ini pasti tidak hanya satu kali, bisa berkali-kali dalam sebulan. Untuk itu pastikan memilih akomodasi yang terjangkau.

Misalnya saja untuk transportasi. Biaya tiket pesawat saja sudah berapa. Di sinilah Anda dan manajemen harus cerdas menentukan pilihan. Tidak hanya mencari yang murah saja, tapi juga yang bisa memberikan proses yang mudah dan cepat. Bayangkan jika Anda harus ke kantor cabang untuk meeting dengan klien dalam waktu yang terbatas.

Solusinya adalah bekerjasama dengan agen tiket. Etalase Bisnis punya referensi agen tiket pesawat online, JauhDekat.com. Di JauhDekat.com ini melayani penjualan tiket pesawat online yang cukup mudah prosesnya. Jika Anda melihat websitenya, di JauhDekat.com, sama sekali tidak ribet. Websitenya simple dan fokus pada tujuan, yakni menjual tiket saja.

Dan Anda pun bisa mendapatkan promo diskon yang akan membuat lebih hemat. Menariknya lagi, di JauhDekat.com ini tidak hanya menjual tiket pesawat kelas Ekonomi saja, tapi juga kelas Bisnis/Eksekutif. Hanya di JauhDekat.com saja, yang ada pilihan kelas Bisnis. Dan ini sangat tepat untuk Anda para pebisnis.

Promo JauhDekat

Jadi, budget akomodasi ini jangan Anda anggap sepele. Jangan sampai pengeluaran perusahaan Anda terkuras hanya masalah akomodasi yang mahal. Dan sudah saatnya untuk bekerjasama dengan agen tiket seperti JauhDekat.com.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi untuk mengelola kantor cabang Anda. Percayalah tips ini tidak 100% benar, tapi bisa Anda jadikan masukan untuk mengembangkan perusahaan.

Originally posted 2020-02-13 12:00:59.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Comments