5 Tips Mempromosikan Usaha Restoran Supaya Maksimal

Usaha Restoran
Ilustrasi gambar via bisnis.com

Siapa sih yang nggak pengen usaha restorannya ramai dan dikenal? Pastinya semua pengen dong ya. Tapi kenyataannya untuk menjadikan restoran ramai tidaklah mudah.

Pemilik restoran harus benar-benar fokus untuk mengelola usaha restoran agar tidak hanya menghasilkan sajian kuliner yang enak tapi juga banyak pelanggan yang berdatangan. Oleh karena itu perlu dilakukan promosi penjualan.

Promosi untuk usaha restoran bisa dilakukan dengan berbagai macam. Ada yang melakukannya melalui produk makanan itu sendiri. Jadi makanan olahan restoran tersebut dibuat beda dan memiliki rasa yang unik, secara tidak langsung rasa ini akan meresap ke otak para pelanggan dan akhirnya ingin terus datang kembali ke restoran tersebut.

Namun kali ini ada beberapa tips promosi yang akan EtalaseBisnis informasinya kepada Anda semua khususnya bagi yang akan membuka usaha restoran. Apa saja tips itu? Silahkan disimak…

#1 Melakukan Soft Launching Dengan Cara Yang Kreatif

Launching sebuah restoran adalah momen penting untuk melihat daya tarik orang-orang tentang restoran Anda. Di saat launching Anda bisa mengamati bagaimana respon para pengunjung dan juga bisa meminta testimoninya.

Untuk itu sebaiknya perlu dilakukan Soft Launching agar restoran bisa dikenal oleh orang-orang dulu. Ya, yang pertama yang penting dikenal dulu. Karena tak kenal maka tak makan. :D

Lakukan soft launching dengan cara yang kreatif.

Misalnya Anda sebagai pemilik restoran bisa mengundang komunitas blogger atau komunitas lain untuk datang ke restoran Anda dalam rangka soft launching. Di acara ini nanti bisa diadakan semacam kompetisi review makanan dan restoran Anda.

Para undangan ini Anda fasilitasi agar bisa makan gratis di restoran Anda pada saat soft launching. Nah, tapi di sini Anda akan mendapatkan impact yang begitu positif dari review-review para blogger yang ditulis di blog. Meskipun mereka memperebutkan hadiah yang telah ditetapkan, tapi dilain sisi mereka juga turut mempromosikan restoran Anda secara online. Menarik bukan. :) Cara semacam ini sudah sering dilakukan restoran-restoran dan bidang usaha lain. Dampaknya sangat positif. :)

#2 Pancing Pelanggan Dengan Strategi Menarik

Gimana supaya orang-orang bisa datang ke restoran Anda? Dan bagaimana agar mereka kembali lagi ke restoran Anda lalu menjadi pelanggan tetap? Jawabannya adalah Anda perlu memancing mereka dengan strategi yang menarik.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Misal, Anda bisa memanfaatkan media sosial. Berikan promo spesial entah itu diskon harga atau gratis menu tertentu jika ada yang berani foto selfie saat makan di restoran Anda. Tentunya harus dengan syarat seperti harus follow media sosial restoran Anda, dan lain-lain.

Cara lain juga bisa dilakukan misalnya dengan memberikan gratis beberapa porsi bagi yang datang bersama satu keluarga secara utuh.

Itu beberapa contoh saja. Intinya buatlah pancingan kepada pelanggan yang mana pelanggan tersebut juga merasa tertantang. Dengan begitu pelanggan pun akan tertarik untuk berkunjung ke restoran Anda.

Jadi mereka ke restoran Anda tidak hanya mendapatkan rasa kenyang setelah makan saja, tapi juga keseruan yang tidak didapatkan di restoran lain. :)

#3 Berikan Fasilitas Pendukung

Sekarang ini orang ke restoran tidak hanya sekedar cari makan. Tetapi juga untuk nongkrong atau menghabiskan waktu bercengkerama dengan keluarga dan kerabat. Untuk itu, berikan fasilitas untuk mereka. Fasilitas tersebut misalnya akses Free WiFi, taman bermain untuk anak, mini karaoke, dan lainnya.

Jangan lupa untuk mengatur desain ruangan agar sesuai dengan fungsi tersebut.

Baca juga: Konsep Desain Cafe Yang Banyak Diminati Pengunjung

#4 Bagikan Stiker Promosi

Cara ini kelihatannya biasa tapi cukup memiliki dampak positif. Dengan membagikan stiker promosi ke pelanggan yang telah datang dan juga menempelnya di tempat-tempat tertentu akan memudahkan orang lain untuk mengetahui restoran Anda.

Biasanya jika membagikan stiker ke pelanggan, maka pelanggan akan menempelkannya di belakang mobil. Tapi bisa juga pihak restoran Anda yang menempelkan di belakang mobil pelanggan, namun tetap harus meminta ijin dulu.

Selama mobil itu berjalan di jalanan, maka di saat itu restoran Anda juga turut dipromosikan. :)

#5 Buat Website dan Media Sosial

Jangan merasa belum butuh jika diminta untuk membuat website restoran Anda. Keberadaan website dan aktif di media sosial akan memudahkan Anda menggiring pelanggan ke restoran Anda. Apalagi saat ini eranya digital dan banyak orang suka mengakses internet berjam-jam melalui ponselnya.

Manfaatkan peluang ini untuk mempromosikan restoran Anda. :)

Originally posted 2019-12-09 08:54:02.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *