Cara Menjadi Sponsorship Seminar Bisnis Online

Seminar Bisnis Online
(c) licdn.com

Cara menjadi sponsorship seminar bisnis online | Bisnis online semakin berkembang dan meluas ke berbagai daerah. Bahkan yang tinggal di desa-desa pun sekarang bisa dengan mudahnya berbisnis online berkat dukungan teknologi internet dan platform bisnis online yang ada.

Tetapi tidak sedikit juga yang hanya memulai bisnis online dengan modal nekat. Asal posting produk, upload foto produk di kanal media sosial tapi tidak tahu strategi jualan online yang benar. Akhirnya banyak yang kandas dan tidak melanjutkan bisnisnya.

Moment seperti ini lantas dijadikan banyak event organizer untuk mengadakan event seminar bisnis online untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para penjual online.

Kalau event seperti ini, Anda sebagai pelaku usaha juga bisa turut serta dalam event tersebut, salah satunya adalah dengan menjadi sponsorship seminar bisnis online.

Bentuk dukungan sponsorship ini bukan semata-semata untuk membantu dalam hal biaya seminar tersebut, tapi dari imbal baliknya Anda sebagai pemilik bisnis (sponsorship) bisa memperkenalkan bisnis Anda kepada para peserta seminar.

Cara ini cukup efektif, terlebih jika bisnis Anda memang di bidang bisnis online.

Akan tetapi untuk menjadi sponsorship dalam sebuah event seminar bisnis online itu tidak mudah. Anda perlu mengetahui lebih detail tentang konsep dan bagaimana event tersebut sebelum memutuskan untuk menjadi sponsor.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika Anda menjadi sponsorship dalam seminar bisnis online.

Seminar Bisnis Online
(c) licdn.com

1. Lihat Detail Acaranya

Penting bagi Anda sebagai pendukung acara untuk mengetahui detail acara yang akan diselenggarakan. Biasanya Anda akan diberikan proposal sponsorship, namun Anda bisa berbincang lebih jauh dengan pihak panitia untuk mengetahui seperti apa acara yang akan diselenggarakan. Apakah seminar bisnis online tentang kiat-kiat bisnis online, atau cara memulai bisnis online, dan lainnya.

Ini sangat penting untuk bisa melihat prospek dukungan Anda nanti di event tersebut.

2. Tanyakan Siapa Peserta Seminar Bisnis Online

Ketika akan menjadi sponsorship, yang paling vital adalah mengetahui siapa peserta seminar bisnis online tersebut. Karena bisnis Anda nantinya akan dijual event ini. Peserta seminar adalah target market Anda. Jadi kalau salah, ya otomatis Anda promosi pada tempat yang salah dan ini akan sia-sia. Misalnya Anda memiliki jasa pembuatan website, maka akan sangat tepat menjadi sponsor dalam seminar bisnis online bertema bagaimana membangun bisnis toko online. Dimana pesertanya adalah orang awam atau yang belum memiliki toko online. Sehingga Anda bisa mempromosikan bisnis jasa pembuatan website Anda kepada para peserta seminar tersebut.

Baca juga: Tips Bisnis Toko Online Bagi Yang Belum Mengerti Internet

3. Berapa Jumlah Peserta Seminar?

Jumlah peserta seminar juga perlu Anda ketahui. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konversi maupun peluang yang didapatkan. Selain itu juga berpengaruh pada nilai sponsorship yang akan Anda berikan untuk acara tersebut.

4. Apa Imbal Balik Yang Didapatkan?

Pastikan dahulu apa saja yang akan Anda dapatkan ketika sudah menjadi sponsor nanti. Apakah hanya penempatan logo bisnis di dalam pamflet, backdrop, dll atau juga akan disebutkan dalam tengah-tengah acara. Negosiasikan dengan panitia untuk hal ini.

Menjadi sponsor event tidak selalu soal uang. Kadang ada yang lebih bernilai misalnya saja exposure brand bisnis Anda. Apalagi jika Anda sebagai sponsor tunggal, itu akan lebih meningkatkan kredibilitas brand Anda ke para peserta seminar.

Ini adalah salah satu bentuk marketing bisnis Anda. Jadi dalam mengatur budget marketing, pastikan ada anggaran untuk sponsorship seminar seperti ini. Nah itu beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika akan menjadi sponsorship seminar bisnis online.

Originally posted 2019-10-09 15:20:18.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *