Meraup Keuntungan Peluang Usaha Bawang Goreng Kemasan

Peluang Usaha Bawang Goreng

EtalaseBisnis.com – Senang rasanya jika melihat orang yang mau merubah sesuatu yang awalnya biasa saja menjadi luar biasa dan bernilai harganya. Salah satunya adalah penjual bawang goreng kemasan.

Ya, bawang goreng yang dulu cuma dijual di pasar-pasar tradisional, dan biasanya cuma dimasak di rumah, kini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Mungkin akhir-akhir ini Anda sudah melihat kisah seorang pengusaha bawang goreng yang sukses dan memiliki omzet jutaan rupiah. Anda pun juga bisa mengambil peluang usaha bawang goreng kemasan ini. Tentu dengan dikemas cita rasa Anda sendiri.

Tidak apa-apa meniru usaha yang usah ada, yang penting Anda tidak mencontohnya 100%. Anda bisa memberikan tambahan atau sentuhan baru di produk yang sudah ada itu.

Nah, apabila Anda ingin mengambil peluang usaha ini, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bawang goreng yang Anda produksi nanti layak dan bisa diterima konsumen. Silahkan disimak…

#1 Mencari Pasokan Bawang Merah Berkualitas

Bahan utama dari usaha ini adalah bawang merah. Sayangnya, bawang merah ini kadang punya masalah misalnya ketika musim hujan. Di mana ketika musim hujan akan didapatkan bawang merah yang kualitasnya kurang bagus. Ukurannya pun juga kecil-kecil. Untuk itu Anda perlu memastikan mencari pasokan bawang merah dari pemasok atau petani langsung yang bisa memberikan bawang merah berkualitas.

Di awal-awal mungkin Anda bisa bekerja sama dengan petani bawang merah, tetapi jika usaha sudah berkembang bisa dipikirkan untuk menyewa lahan dan menanam bawang goreng sendiri. Tentu ini akan menekan biaya bahan utama.

Jangan lupa, untuk mencari bawang merah yang punya ukuran besar. Karena tujuannya nanti akan digoreng. Dengan ukuran yang besar maka irisan bawang merah pun akan besar.

#2 Gunakan Minyak Nabati

Ketika menggoreng bawang merah, alangkah baiknya menggunakan jenis minyak nabati. Sudah tahu kan minyak nabati? Minyak nabati adalah minyak yang diperolah dari ekstrak berbagai macam tumbuhan. Detail soal minyak nabati bisa di Googling sendiri ya :)

Minyak nabati ini kaya akan manfaat, memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang tinggi. Sehingga untuk kesehatan sangatlah bagus karena mampu mencegah kolesterol dan jantung koroner.

Selain itu juga dapat mengurangi penuaan dini, sebagai antioksidan dan mengendalikan gula darah. Banyak banget manfaatnya. Manfaat-manfaat ini nantinya bisa Anda jadikan salah satu cara untuk berjualan.

 

#3 Gunakan Alat Memasak Yang Bagus

Untuk mendapatkan hasil irisan yang rapi dan besar-besar, gunakan alat potong yang tajam dan kalau perlu beli alat potong iris khusus. Sehingga hasil potongannya akan sama. Pastikan juga alat masak lainnya dalam keadaan bersih dan terkontrol. Ini akan membuat hasil gorengan yang baik.

#4 Gunakan Mesin Penyaring Minyak

Supaya hasil gorengannya lebih renyah, gunakan mesin penyaring minyak agar di tidak ada lagi kandungan minyak yang ada di bawang goreng. Ini pula yang bisa membuat bawang goreng menjadi renyah dan krispi. Selain itu juga bisa lebih awet jika didiamkan lebih lama.

#5 Kemasan Yang Bagus

Bawang goreng mungkin sudah biasa dikalangan orang, supaya menjadi luar biasa coba untuk mengemasnya dengan cara yang berbeda. Dari segi desain kemasan, harus dibuat lebih menarik agar mampu memikat konsumen. Selain itu yang tidak kalah penting adalah membuat kemasan yang mampu memberikan daya tahan yang bagus untuk bawang goreng ini. Diusahakan menggunakan kemasan toples bukan plastik. Kalau memang ingin menggunakan plastik, usahakan dikemas secara kedap udara.

#6 Gunakan Media Online

Media online difungsikan untuk membantu pemasaran. Karena kalau hanya berkutat di daerah terdekat saja, maka lama-lama tidak ada perkembangan. Untuk itu gunakan media online baik membuat website sendiri, atau aktif di media sosial.

Sasarkan kepada orang-orang dari luar daerah. Kalau perlu sasar orang luar negeri, karena banyak orang luar negeri yang tertarik dengan cita rasa bawang goreng.

#7 Kolaborasi

Coba titipkan produk bawang goreng ke toko oleh-oleh khas daerah Anda. Bisa menggunakan sistem konsinyasi atau yang sesuai kesepakatan bersama. Dalam memiliki toko pusat oleh-oleh pun sebaiknya pilih yang ramai dikunjungi orang-orang atau wisatawan dari luar daerah. Sehingga nantinya produk Anda akan lebih dikenal.

Itulah sedikit informasi mengenai peluang usaha bawang goreng. Percayalah meskipun bawang goreng terlihat sepele, tapi jika Anda membuat dan mengemasnya dengan istimewa maka bawang goreng akan lebih berharga. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Jangan lupa share artikel ini dan subscribe blog ini agar mendapatkan informasi bisnis menarik lainnya langsung ke email Anda.

Originally posted 2020-02-13 13:05:59.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *