Arti Resi JNE dan Istilah Tracking Resi di Website JNE

Arti Resi JNE dan Tracking Resinya

Arti Resi JNE adalah nomor bukti pengiriman logistik dalam hal ini JNE sebagai ekspedisi pengirimannya. Bentuk resi ini berupa secarik kertas yang di dalamnya terdapat informasi nomor resi, identitas pengirim, identitas penerima, biaya kirim dan isi paket yang dikirim.

EtalaseBisnis.com – Keberadaan ekspedisi pengiriman barang sangatlah membantu disaat kebutuhan transaksi online semakin meningkat. Jika dulu pengiriman barang mayoritas hanya dilakukan melalui POS Indonesia, kini mulai bermunculan ekspedisi-ekspedisi lain yang menawarkan layanan berbeda, salah satunya adalah JNE.

Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa yang disebut JNE saat ini memang menjadi pilihan bagi para pelaku bisnis online untuk proses pengiriman barangnya. Apalagi cabang JNE saat ini sudah tersebar di berbagai kota seluruh Indonesia.

Kemudahan tracking online melalui website JNE dan aplikasi mobile pun juga menjadi kelebihan dari JNE ini. Nah, apabila Anda pernah mengecek Tracking Resi melalui website atau aplikasi, pasti akan muncul beberapa istilah untuk setiap proses pengirimannya.

Baca juga : Ingin bisnis franchise JNE? Baca ini dulu

Arti Resi JNE, Kode Tracking yang Perlu Diketahui!

Berikut ini beberapa arti istilah yang biasa muncul di Tracking Resi JNE.

Arti Resi JNE dan Tracking Resinya
  • Manifest : artinya bahwa barang yang dikirim baru diinputkan di kantor JNE asal. Ini menandakan barang belum dikirim, baru didaftarkan saja.
  • On-Process : artinya bahwa barang sudah dalam proses pengiriman dan perjalanan menuju kota tujuan.
  • On-Transit : artinya bahwa barang baru transit di kota tertentu. Misalnya jika barang di kirim dari Jakarta ke Klaten, maka akan transit dulu di Solo. Biasanya barang yang transit ini adalah yang tujuannya di kota-kota kecil dan akan transit di kota besar.
  • Received On Destination : artinya bahwa barang sudah sampai di kota tujuan atau JNE cabang kota tujuan. Tapi barang sedang akan dikirim ke alamat tujuan.
  • Delivered : artinya bahwa barang sudah sampai ke alamat tujuan dan jika nanti akan ada informasi nama penerima barangnya.
  • Cnee Unknown : artinya bahwa nama penerima tidak diketahui saat sudah diantar ke alamat tujuan.
  • Criss Cross : artinya bahwa barang tertukar dengan barang lain.
  • AU to OPS : artinya bahwa antar ulang atau serah terima dari bagian undelivery (yang menangangi kiriman bermasalah) ke bagian operasaional agar dilakukan pengantaran ulang ke alamat tujuan yang benar.
  • AU (Antar Ulang) : artinya bahwa barang akan di antar ulang, karena belum sempat di antar oleh kurir pada hari sebelumnya.
  • Redelivery : artinya bahwa barang akan di antar ulang.
  • BA (Bad Address) : artinya bahwa alamat tujuan tidak jelas atau tidak ditemukan.
  • MR (Misrouter) : artinya bahwa pihak kurir salah mengantarkan barang, salah jalur pengiriman.
  • Closed Once Delivery Attempt : artinya bahwa kurir sudah ke alamat tujuan, tapi rumah dalam keadaan kosong.
  • NTH (Not At Home) : artinya bahwa barang sudah diantar ke alamat tujuan oleh kurir tapi penerima sedang tidak di rumah.
  • Box Undel (Box Undelivered) : artinya bahwa barang sudah dikirim ke alamat tujuan oleh kurir, tapi di alamat tujuan tidak ada orang. Kurir sudah menghubungi nomor penerima tapi tidak mendapatkan respon.
  • LBA (Luar Batas Antar) : artinya bahwa alamat tujuan berapa di luar jangkauan JNE. Hal ini disebabkan alamat terlalu pelosok.
  • HO (Hold) : artinya bahwa barang dalam kondisi ditahan oleh pihak JNE.
  • HVS (High Value Shipment) : artinya bahwa barang yang dikirim bernilai tinggi.
  • CL (Close) : artinya bahwa barang dikirim ke alamat tujuan tapi tidak ada penerima.
  • FW (Forward) : artinya bahwa barang diteruskan ke agen JNE kota tujuan.

Itulah beberapa arti resi JNE yang biasanya muncul di Tracking Resi JNE. Dengan adanya istilah ini semoga Anda baik penjual maupun pembeli bisa lebih mudah dalam mencari tahu posisi barang paketannya. Sehingga tidak ada lagi rasa khawatir terhadap barang paketan.

Apabila Anda mendapatkan masalah dalam pengiriman paket Anda, sebaiknya ditanyakan baik-baik dulu ke pihak JNE. Karena mereka juga sudah bekerja semaksimal mungkin. Jangan terlalu cepat menyalahkan apalagi memaki pihak kurir JNE.

Originally posted 2020-01-08 12:20:25.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

24 Comments

  1. Kak klo ada sms dari INFO mengatasnamakan JNE tapi nomor resi tidaak ditemukaan pas nyari resi nya itu gimaina ya?

  2. Saya pesan barang tp tdk ssuai jumlah ititem nya, dan ada tulisan udah buka reresi, mkstnya apa ya? Ada yg tau?

  3. Paket saya dikirim kurir jam 11.21 kok saya belum menerima paket tsb ya padahal saya hari ini full di rumah

  4. kenapa status lacak kiriman rumah atau kantor tidak dihuni padahal alamat yang saya kirim itu benar

  5. Kak paket dengan noresi 180570005158719 udah seminggu belum smpai, gimna Kak, Saya cek digoogel malah disitu² aja

  6. Bagai mana paket saya udah nyampe 19 hari nya tapi ga nyampe2 padahal dp udah terus tagihan nya tgl 10 udah terus tlpn saya padahal barang saya nya juga belum nyampe2 ?

  7. Ada yang tau posisi barang saya udah 3 minggi belum sampe…masih status on proses

  8. Ka ko pesanan aku sampe Tegal terus ya udah 2 hari, keterangan nya on process aja, itu gimana kak? Apa update jne nya telat apa gimana ka?

          1. Biasanya nanti dikembalikan ke JNE terdekat, terus dikirim ke alamat tujuan yang sesuai

  9. Barang saya lama banget belum nyampe-nyampe kaya dikirim dari luar negri aja, padahal yg dari luar nergi aja dah sampe duluan. Aneh bgt
    Tulisannya on proses terus