Pengertian Distributor, Suplier, Agen, Reseller dan Dropshipper

perbedaan distributor dan supplier
image via incimages.com

Dalam dunia bisnis dikenal dengan beberapa istilah sistem penjualan yaitu Distributor, Suplier, Agen, Reseller dan Dropshipper. Sekilas memang memiliki tugas yang sama, yakni sama-sama menjual produk. Tapi tahukah Anda bahwa masing-masing memiliki perbedaan?

Di kanal Glosarium kali ini, Etalase Bisnis akan menjelaskan perbedaan masing-masing istilah tersebut. Ya semoga nanti tidak ada lagi yang salah mengartikannya.

perbedaan distributor dan supplier
image via incimages.com

Pengertian Distributor

Pengertian Distributor adalah orang atau perusahaan yang melakukan kegiatan bisnis dengan membeli produk langsung dari produsen dan menjualnya kembali ke retail/toko bisa juga langsung ke user. Jadi distributor ini hanya mengambil produk yang telah jadi saja dari dari produsen tanpa memodifikasinya dan langsung menjualnya dengan menawarkan ke toko.

Untuk nilai keuntungan, biasanya distributor sudah mendapatkan potongan harga pembelian saat mengambil produk ke produsen. Jika produk yang diambil jumlah banyak, maka biasanya diskon akan semakin besar. Dan distributor bisa menjualnya dengan harga pasar atau harga lebih rendah lagi karena nanti ditawarkan ke retail/toko.

Salah satu contoh adalah distributor produk smartphone. Di Indonesia ada banyak distributor smartphone dari berbagai merek, dan nantinya mereka jual ke toko/retail ponsel.

Untuk informasi lebih detail tentang distributor, bisa baca artikel berikut : Apa yang Dimaksud dengan Distributor? Ini Penjelasan Lengkapnya.

Pengertian Suplier

Suplier ini hampir sama dengan distributor, tapi bedanya barang yang dijual biasanya untuk kegiatan usaha. Misalnya saja suplier besi baja untuk dipasok ke pabrik pembuat peralatan rumah tangga dan lainnya. Suplier ini sifatnya berlanjut dan biasanya barangnya berupa barang mentah.

Tapi dalam kasus nyata, ada juga suplier yang memasok barang ke distributor. Pernah dengar kan kalau distributor mendapatkan barang dari suplier?

Pengertian Agen

Agen ini adalah seseorang/perusahaan yang menjual produk dari distributor ke retail/konsumen. Biasanya keberadaan agen dibentuk langsung oleh distributor yang tujuan untuk mendekatkan ke konsumen. Tapi ada juga agen yang dibentuk langsung oleh pemilik usaha kecil menengah.

Masalah keuntungannya didapatkan dari selisih harga jual atau bisa juga melalui komisi penjualan.

Pengertian Reseller

Reseller ini juga hampir sama dengan agen. Dari namanya saja sudah jelas, RE-SELL = menjual kembali. Artinya memang orang ini tidak membuat produk, tapi mengambil produk dari agen atau penjual lain langsung ke konsumen.

Untuk pendapatannya biasanya reseller memberikan harga yang lebih tinggi dari harga belinya, dan selisihnya ada keuntungan yang didapatkan.

Baca juga : Tips Sebelum Usaha Reseller Hosting bagi Pemula

Pengetrian Dropshipper

Dropshipper ini sama seperti reseller, tapi bedanya dropshipper ini tidak harus memiliki produk yang dijual. Dropshipper hanya menawarkan produk ke konsumen melalui katalog, jika ada pesanan baru disampaikan ke pemilik produk lalu pemilik produk mengirimkan ke konsumen dengan atas nama dropshipper.

Itulah perbedaan diantaranya. Memang semuanya hampir sama dan sulit untuk dibedakan. Tapi semoga saja bisa menjadikan informasi untuk Anda semua. :)

Originally posted 2020-01-08 12:05:25.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Comments

  1. SOAL TEST OS INTRODUCING

    1. Jelaskan pengertian dari istilah berikut menggunakan bahasa anda sendiri :
    a. SELLER
    b. RETURN
    c. HIT N RUN
    d. PRE ORDER
    e. HARGA GROSIR

    2. Apa itu Reseller dan Dropshipper? Jelaskan kelebihan dan kekurangannya!

    3. Mengapa alat pemasaran sangat penting dalam bisnis onlineshop? Sebutkan apa saja alat pemasaran yg sering digunakan dalam onlineshop!

    4. Jelaskan ulang proses transaksi dari dropship mulai dr customer order smpai pengiriman produkny menggunakan bahasa anda sendiri!

    5. Apa saja keuntungan yg bisa anda dptkn melalui bisnis onlineshop?

    6. Menurut anda persiapan apa saja yg harus anda lakukan sebelum memulai bisnis onlineshop? Jelaskan menggunakan bahasa sendiri!

    Analisis :
    Jika anda memilih dropshipper dengan menggunakan lebih dari 1 supplier, jika ad pembeli yg order ke toko anda dengan membeli 2 produk yg berbeda dr 2 supplier yg berbeda maka ongkir pembeli akan dikenakan double ongkir karena beda pengiriman nya, hal tersebut akan membuat pembeli batal beli karena keberatan di ongkir. Bagaimana cara anda mensiasati hal tersebut?