Manfaat Article Marketing Untuk Toko Online Anda

article marketing untuk toko online

EtalaseBisnis.com – Memiliki toko online jangan hanya sekedar update produk saja. Tapi dari sisi internal dan eksternal juga harus dikelola. Tujuannya agar toko online bisa bersaing dengan toko-toko lain yang menjual produk serupa. Selain itu juga bisa banyak mendapat kunjungan dari mesin pencari seperti Google.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan Article Marketing.

Apa itu Article Marketing?

Article marketing is a type of advertising in which companies write and distribute short articles to a range of outlets such as article banks, forums, and newsletter publishers. – Wikipedia

Jadi bisa dikatakan article marketing ini adalah salah satu cara beriklan melalui tulisan (artikel) yang disebarkan melalui berbagai media.

Saat ini pun telah banyak perusahaan yang telah menggunakan cara ini sebagai salah satu sarana marketing yang efektif. Contohnya saja dengan membuat fitur blog di dalam websitenya. Di dalam blog tersebut nantinya terdapat artikel-artikel yang berkaitan dengan produk yang dijual.

Lalu apa manfaat dari Article Marketing ini?

Banyak sekali. Supaya Anda lebih jelas, silahkan baca beberapa manfaat di bawah ini.

#1 Memberikan informasi yang berharga.

Artikel yang ditulis bisa berupa informasi mengenai masalah yang orang-orang rasakan. Tentunya topik dari masalah itu sesuai dengan produk jualan Anda. Misalnya Anda menjual produk-produk kecantikan, Anda bisa membuat artikel mengenai cara-cara merawat tubuh, cara menghilangkan jerawat yang membandel, dan lainnya.

Intinya informasi yang menjadi jawaban dari masalah-masalah dicari orang.

Atau Anda juga bisa menulis mengenai kelebihan produk kecantikan terbaru yang belum banyak orang mengetahuinya.

#2 Membangun Kredibilitas

Ketika toko online Anda selalu memberikan artikel-artikel yang bermanfaat, Anda akan dilihat sebagai ahli. Dan semakin Anda berbagi artikel yang bagus maka kredibilitas akan Anda miliki.

#3 Meningkatkan Brand Awareness

Jika Anda memiliki artikel yang bagus atau viral, kemungkinan artikel Anda dibagikan oleh orang-orang semakin besar. Secara tidak langsung ini akan meningkatkan Brand Awareness. Ya meskipun Anda tidak secara langsung mengenalkan produk Anda (menjual secara terbuka), tapi melalui artikel inilah toko online Anda akan lebih dikenal.

article-marketing

#4 Meningkatkan SEO

Apakah itu SEO (Search Engine Optimization)? SEO Adalah mengoptimalkan website agar berada di halaman pertama pencarian ketika ada orang mengetik kata kunci tertentu.

Nah, biasanya toko online itu hanya sekedar menulis judul berupa nama produknya saja. Tentu ini akan membuat keterbatasan pencarian di mesin pencari. Melalui artikel, Anda bisa lebih menangkap banyak kata kunci karena judul artikel bisa Anda buat bebas dan tertarget.

Misalnya Anda menjual produk kecantikan. Lalu Anda membuat judul artikel “Cara Menghilangkan Kerutan Wajah Dengan Natural“. Judul artikel ini jelas SEO Friendly dan merupakan solusi bagi orang-orang punya kerutan wajah.

Di artikel tersebut nanti Anda bisa menjelaskan cara-caranya. Dan Anda bisa menyisipi salah satu nama produk Anda yang dapat digunakan untuk menghilangkan kerutan lalu diberi link ke halaman produk tersebut.

Selain itu dengan optimalisasi internal link juga dapat meningkatkan peringkat toko online Anda.

#5 Dapat Mempromosikan Produk Anda

Artikel juga dapat digunakan untuk mempromosikan produk/jasa Anda. Tapi pastikan artikel Anda bukan berupa promosi, tapi memang artikel informatif. Namun nantinya di dalam artikel diberikan sedikit informasi mengenai produk Anda. Intinya menjual secara soft selling.

#6 Mendapatkan Pelanggan Baru

Ini ada kaitannya dengan SEO tadi. Jika ada orang datang ke blog Anda melalui kata kunci yang bukan menjurus ke produk Anda, misalnya saja informasi tips/cara, maka orang tersebut bisa menjadi pelanggan baru Anda. Jadi article marketing ini bisa sebagai jembatan antara pelanggan baru dengan toko online Anda.

Itu beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Article Marketing di toko online. Masih banyak lagi sebenarnya.

Article Marketing ini termasuk cara yang efektif dan mudah untuk dilakukan. Anda pun bisa melakukannya sendiri atau jika tidak ada waktu maupun keahlian menulis yang baik (SEO Friendly), Anda bisa memesan artikel di jasa penulis artikel.

So, itulah pentingnya Article Marketing untuk toko online Anda. Sebenarnya tidak hanya untuk toko online saja, namun cara ini juga bisa digunakan untuk model bisnis online yang lain. Selamat Mencoba!

Originally posted 2020-02-13 11:55:59.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *