Home » TIPS » 3 Poin Terbaik Ketika Akan Memilih Bisnis Waralaba
Bisnis Waralaba Terbaik
Ilustrasi Foto via viva.id

3 Poin Terbaik Ketika Akan Memilih Bisnis Waralaba

EtalaseBisnis.com – Bisnis franchising atau waralaba merupakan bisnis yang bisa katakan mudah. Mudah disini artinya kita tidak perlu lagi membangun bisnis dari awal, kita cukup membeli lisensi dari waralaba bisnis tertentu dan akhirnya kita pun memiliki bisnis yang sudah berkembang dengan cepat.

(Baca juga: Tips Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba)

Akan tetapi, dalam memilih bisnis franchising atau waralaba tetaplah harus teliti dan perlu riset lebih mendalam. Karena diluar sana banyak juga para franchisee yang gagal dalam menjalankan bisnis waralaba karena kurangnya manajemen yang baik antara franchisee dengan franchisor. Untuk itu perlunya mengetahui bisnis franchising yang benar-benar tepat untuk dijalankan.

Ada 3 Hal yang bisa Anda lakukan untuk melihat bisnis waralaba tersebut layak untuk Anda pilih atau tidak.

1. Carilah Bisnis Waralaba Yang Sesuai Dengan Kesukaan Anda

Meski bisnis waralaba sudah terkonsep, alangkah baiknya Anda memiliki jenis bisnis waralaba yang sesuai dengan passion Anda. Misalkan Anda suka dalam hal pendidikan, Anda bisa memiliki bisnis waralaba kursus pendidikan. Hal ini akan membuat Anda semakin nyaman dalam mengelola bisnis waralaba ke depannya.

2. Ketahui Berapa Lama Bisnis Waralaba Itu Berjalan

Salah satu cara melihat sebuah bisnis waralaba itu memiliki manajemen yang baik atau tidak adalah dilihat dari lama berkembangnya bisnis tersebut. Alangkah baiknya memilih bisnis waralaba yang sudah berjalan lebih dari 5 tahun. Selain itu Anda juga bisa jumlah dari membernya, lebih banyak tentunya lebih baik.

3. Sistem dan Bagi Hasil Harus Jelas

Cari tahu mengenai sistem waralaba yang diberikan, bagaimana nanti prosesnya, apakah Anda akan mendapatkan pelatihan dan lain sebagainya. Dan yang paling penting adalah bagi hasilnya berapa, itu akan menjadikan acuan bagi Anda untuk bisa menentukan target dan pasar.

Saat ini banyak sekali bisnis waralaba yang menawarkan berbagai keuntungan. Lebih baik Anda teliti sebelum memilih, pastikan produk ataupun jasa yang ditawarkan di waralaba tersebut memang memiliki prospek yang bagus di masa depan. Selain itu juga sang franchisor juga harus memiliki inovasi untuk terus mengembangkan bisnisnya.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + 15 =