Home » TIPS » 10 Tips Meningkatkan Follower Instagram Untuk Membangun Community Pasar Bisnis
Meningkatkan Follower Instagram

10 Tips Meningkatkan Follower Instagram Untuk Membangun Community Pasar Bisnis

Instagram menjadi platform media sosial yang dengan cepat berkembang dan banyak diikuti orang di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan Instagram adalah media sosial yang unik dan memiliki impact besar di dunia online. Mengapa saya katakan unik? Karena jika media sosial yang lain fokus pada penyebaran teks, Instagram hadir khusus untuk gambar atau foto saja.

Apabila Anda saat ini sudah mulai menggunakan Instagram untuk mengunggah foto, itu tentu awal yang baik.

Tapi ingat, itu semua tak ada dampaknya jika Anda tak memiliki follower. Terlebih jika Anda membuat akun Instagram untuk berjualan atau membangun community pasar bisnis Anda.

Apabila Anda ingin mendapatkan banyak follower Instagram, tak ada salahnya mengikuti tips meningkatkan follower Instagram yang saya sampaikan di bawah ini.

1. Fokuslah Pada Niche Yang Spesifik

Akun Instagram yang sukses adalah yang fokus pada satu atau dua tema spesifik dan tentu isinya juga terkait dengan tema itu saja. Yang paling mudah adalah mengikuti apa yang menjadi kesukaan Anda. Jika Anda hobi makan, bisa membuat Akun Instagram tentang makanan, foto makanan dan sejenisnya.

Tapi karena ini kaitannya untuk membangun community pasar bisnis Anda, maka niche akun Instagram yang tidak jauh-jauh dari bisnis Anda.

Misalnya Anda berbisnis layanan tour & travel. Buat saja akun Instagram tentang wisata. Wisata ini kan banyak, nah nanti Anda bisa memposting segala hal tentang wisata di akun Instagram ini.

2. Unggah Konten Yang Menggairahkan Secara Nonstop

Keberhasilan Instagram Anda terletak pada kualitas konten. Konten di sini yang paling utama adalag gambar/foto. Anda harus memasang foto secara berkala dan rutin dengan foto yang menarik. Pastikan jika orang lain melihat foto itu akan bergairah untuk melakukan interaksi seperti Like, Comment, Regram, dll.

Usahakan jangan pernah putus untuk mengunggah foto di Instagram. Minimal 3-4 posting per harinya. Hal ini untuk menjaga agar akun Anda tetap bisa tumbuh dan berkembang.

Pastikan juga kualitas dari foto bagus. Seperti foto yang memiliki resolusi tinggi, pokoknya yang epic banget lah. Jika Anda ingin serius, maka persiapkan kebutuhan fotografi untuk hal ini. Karena dengan Anda memiliki konten yang asli dan unik, maka orang akan semakin suka dengan akun Anda.

3. Berikan Deskripsi Yang Memikat

Instagram memang media sosial untuk berbagai foto atau gambar. Tapi jangan kesampingkan fitur keterangan atau deskripsi yang diberikan. Memberikan deskripsi sebuah foto akan memperkuat foto itu sendiri. Sehingga akan menciptakan konten yang sangat berkualitas.

Gambar/foto sebagai ilustrasi, dan deskripsi bisa menjelaskan gambar tersebut.

Jika ingin banyak disukai orang, buatkan keterangan gambar yang memotivasi. Kuncinya adalah sentil pengguna lain lewat hati. Dengan seperti itu mereka akan terpikat dan memberikan respon positif untuk foto Anda.

4. Gunakan Emoji Yang Tepat

Anda juga bisa menambahkan emoji di keterangan foto. Tapi pastikan penggunaan emoji ini tepat. Emoji ada sebuah kode atau sarana untuk mengungkapkan perasaan dan kondisi Anda agar lebih ekspresif.

Penggunaan emoji dapat memperkuat rasa di postingan Anda. Namun juga perlu diperhatikan jumlahnya, agar tidak membosankan dan malah menimbulkan kesan lebay.

Ganti saja beberapa kata menggunakan emoji yang mewakili reaksi dan emosi ke pengikut Anda.

5. Jangan Terlalu Over Posting

Iya, posting itu perlu tapi ya jangan terlalu over atau berlebihan. Karena kalau berlebihan itu justru follower Anda merasa kurang nyaman. Berikan jeda dan frekuensi posting yang efektif. Ingat, 3-4 posting setiap hari justru akan lebih efektif dibanding posting lebih dari 5 posting. Kuncinya adalah timing. Kapan Anda harus posting dan kapan harus jeda. Perhatikan juga waktu-waktu yang produktif untuk melakukan posting. Misalnya satu posting pada sore hari.

Yang penting adalah tetap jaga konsistensi.

6. Jangan Lupa #Hashtag

Hashtag di Instagram sangat penting. Terbukti karena Instagram memberikan fitur pencarian berdasarkan tags. Jadi jangan sampai lupa untuk memberikan hashtag di setiap postingan Anda. Hashtag ini juga diibaratkan sebagai kata kunci.

Dalam memberikan hashtag sebaiknya harus relevan dengan isi kontennya. Misalnya Anda sedang memposting tentang pemandangan tempat wisata Candi Prambanan di Jogja, maka bisa memberikan hashtag : #CandiPrambanan #Candi #Landscape #Jogja #WisataJogja #temple, dan lain sebagainya.

Penggunaan #hashtag ini juga akan mempermudah foto Anda dilihat lebih banyak orang. Maka jika kualitas foto dan deskripsi mendukung, maka akan banyak orang yang akan memfollow akun Anda.

7. Bangun Interaksi Dengan Pengguna

Mengunggah foto dan video di Instagram secara rutin saja tidak cukup. Anda harus benar-benar berinteraksi dengan followers Anda. Dengan membangun komunikasi dua arah maka akan memunculkan kedekatan emosional. Dan ini dampaknya akan baik untuk akun Anda dan semakin banyak followers yang setia mengikuti update konten Anda.

Jangan gengsi untuk menjawab pertanyaan dari followers. Ini yang kadang terjadi pada pemilik-pemilik Instagram yang sudah tenar, mereka enggan membalas pertanyaan dari followers. Semoga saja ini tidak terjadi pada Anda.

Selain itu Anda juga memberikan pertanyaan ke pengikut akun Anda. Misalnya mereka asalnya darimana lalu apakah mereka suka dengan konten-konten yang Anda unggah. Secara tidak langsung ini bisa Anda gunakan untuk bahan review akun Anda.

Baca juga: 8 Cara Jualan Di Instagram Supaya Cepat Laku

8. Bangun Positive Community

Memang untuk membangun komunitas yang positif itu sulit. Terlebih banyaknya komentar-komentar spam yang selalu menghantui akun-akun Instagram. Jangan ragu-ragu untuk membanned akun-akun atau komentar yang negatif.

Lalu berikan ruang untuk pengikut Anda bisa berbagi informasi dengan pengikut lain. Cara adalah misal pengikut Anda memposting konten yang serupa dengan tema akun Anda, maka Anda bisa me-regram konten tersebut. Secara tidak langsung si pemilik konten tersebut akan senang dan bisa menginformasikan kepada pengikut lain. Hal-hal semacam ini akan menciptakan positive community.

Anda juga harus menjaga diri dari perkataan negatif. Apabila ada pengikut yang berkata kotor kepada Anda, jangan sekali-kali terpancing. Karena ini akan merusak citra Anda. Berikan mereka mengatakan hal buruk tentang Anda, yang penting Anda tetap berbagi konten yang positif.

9. Endorse Influencer

Ketika persaingan semakin besar, tak ada salahnya jika Anda mulai membayar influencer untuk mempromosikan akun Anda. Influencer adalah orang yang berpengaruh. Tentunya mereka yang juga memiliki akun Instagram. Anda bisa bekerjasama dengan mereka untuk mempromosikan akun atau postingan Anda.

Untuk memilih influencer pastikan memilih yang memiliki followers sesuai dengan target pasar bisnis Anda.

10. Lakukan Cross Promote

Yang bisa Anda lakukan lagi adalah dengan melakukan cross promoteMaksudnya adalah promosi silang dengan akun yang serupa. Jadi, Anda bisa mempromosikan akun memiliki tema dan follower yang sama. Cari saja akun Instagram yang serupa lalu Anda bisa menyapanya melalui postingan Anda.

Kesannya memang lebih menguntung sana, tapi ingat ini justru akan menjalin komunikasi yang baik dan berdampak pada peningkan jumlah follower Anda.

Misalnya Anda berjualan suplemen pria, maka Anda bisa melakukan cross promote dengan akun Instagram lain yang memiliki followers mayoritas pria.

Itu 10 Tips Meningkatkan Follower Instagram yang bisa Anda coba. Sekali lagi, tips ini tidak 100% berhasil untuk Anda lakukan. Karena kunci utama ada di dalam diri Anda. Tips ini bisa Anda jadikan referensi untuk mengoptimasi akun Instagram yang Anda miliki.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − ten =