Home » TIPS » Kiat-Kiat Mengelola Dana Modal Usaha

Kiat-Kiat Mengelola Dana Modal Usaha

Modal Usaha

Salah satu alasan seseorang tidak kunjung membuka usaha adalah tidak memiliki dana atau modal. Tapi anehnya ketika sudah mendapatkan modal, bingung mau usaha apa. Semoga itu tidak terjadi pada para pembaca di EtalaseBisnis ini. 🙂

Bicara soal dana modal usaha, memang harus digunakan secara bijak. Wajar jika seseorang yang baru memulai usaha bingung ketika sudah memiliki modal usaha. (baca juga: Ini Dia Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha)

Tidak perlu memikirkan nanti untung berapa rugi atau tidak dengan dana modal yang dimiliki. Yang terpenting adalah bagaimana cara mengelola dana modal usaha tersebut agar bisa mengcover kebutuhan ketika membuka usaha.

Berikut beberapa kiat yang bisa Anda ambil dan jadikan referensi dalam mengelola dana modal.

#1 Membuat Perencanaan

Agar tidak bingung dana modal usaha sekian besarnya itu akan digunakan untuk apa, maka buatlah perencanaan. Membuat perencanaan akan memudahkan Anda dalam mengeluarkan dana nantinya.

Rancang dulu semua rencana yang Anda inginkan dan butuhkan dalam membuka usaha. Selanjutnya tinggal dibagi menurut kebutuhan yang mendesak dan sangat diperlukan.

Sehingga dana yang Anda miliki pun tidak habis seketika karena salah perencanaan.

#2 Alokasikan Untuk Aset Tetap

Jangan lupa untuk mengalokasikan aset tetap dari dana modal yang dimiliki. Aset tetap merupakan sumber daya entitas bisnis (perusahaan) yang digunakan untuk kegiatan operasional dan produksi. Sehingga mengalokasikan dana untuk aset tetap ini sangatlah penting. Pengaruhnya pada proses produk dan operasional nanti.

Aset tetap pun biasanya memiliki penyusutan nilai yang lama, sehingga dalam jangka waktu yang lama bisa dikembalikan (balik modal).

#3 Membuat Kas

Sebisa mungkin jangan dihabiskan dana modal usaha yang dimiliki. Sisihkan sebagian untuk dimasukkan dalam kas. Fungsinya juga sebagai dana cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan untuk kebutuhan yang mendesak.

Jika semua dana modal dihabiskan dalam perencanaan awal untuk membeli berbagai kebutuhan yang sifatnya sementara, maka akan sangat kerepotan jika nanti sewaktu-waktu membutuhkan modal tambahan. Mau melakukan pinjaman ya kalau bisa, apalagi buat usaha yang baru sangat sulit untuk mendapatkan pinjaman kredit dari bank.

Maka dari itu perlu diperhatikan lagi ketika dalam menyusun perencanaan. Atur secara matang agar dana modal usaha bisa optimal untuk memenuhi kebutuhan pembukaan usaha.

Ini saja yang bisa diinformasikan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Bagikan artikel ini :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *