Home » PERBANKAN » Hati-Hati Menggunakan Kartu Kredit, Bunganya Bisa Mencapai 35%
Bunga Kartu Kredit
(c) merdeka.com

Hati-Hati Menggunakan Kartu Kredit, Bunganya Bisa Mencapai 35%

Di artikel saya yang ini (Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit) sudah sangat cukup jelas tentang apa itu kartu kredit. Dari penjelasan itu bisa kita ambil kesimpulan bahwa kartu kredit ini memang harus digunakan dengan hati-hati dan bijak jika tidak ingin terjebak dalam kondisi ekonomi yang sulit (baca: hutang).

Jika Anda orangnya konsumtif dan tidak memiliki income penghasilan yang besar, lebih baik jangan membuka kartu kredit. Karena ini bisa saja menjadi malapetaka bagi hidup Anda nantinya.

Iya sih kalau melihat orang-orang yang memiliki kartu kredit itu seperti enak dan tidak ada tanggungan. Mau belanja ini itu tinggal gesek. Tapi coba bayangkan jika Anda tidak memiliki penghasilan yang besar, bisa juga gesak-gesek, tetapi setelah waktunya membayar tagihan, Anda akan kuwalahan karena tidak memiliki saldo yang cukup atau bahkan malah hutang dan dibayar bulan depan.

Apa yang akan terjadi? Tentunya Bunga akan bertambah!

Boleh saja Anda menggunakan kartu kredit, tetapi alangkah baiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga apa yang Anda keluarkan sebanding dengan penghasilan Anda.

Head of Wealth Management and Business Strategy dari Commonwealth Bank Indonesia, Rian Kaslan pernah mengatakan, “Disiplin merupakan kunci utama untuk memperoleh manfaat maksimal dari kartu kredit Anda, termasuk dalam pembayaran tagihan. Pasalnya denda yang dikenakan cukup besar dan akan membebani saldo rekening Anda. Fasilitas kartu kredit memiliki bunga kredit yang relatif cukup tinggi dibanding kredit lainnya, di mana bisa mencapai 35,4 persen per tahun.”

Bayangkan saja, jika Anda telat membayar tagihan, bunganya itu sangat menyiksa sekali. Bunga 35% itu bukan angka yang kecil, terlebih jika Anda memang memiliki tagihan yang cukup besar, bisa jadi Anda menjual aset yang Anda miliki untuk membayar hutang tagihan kartu kredit ini.

Saat ini menurut data Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), ada 15,8 Juta Kartu Kredit yang beredar di Indonesia. Ini artinya bisa dikatakan orang Indonesia memang konsumtif. Tetapi Kartu Kredit tetap memberikan kemudahan, terutama bagi seorang pebisnis yang membutuhkan transaksi internasional.

Nah, bagi Anda yang hanya memiliki kartu kredit untuk kebutuhan pribadi, sebaiknya lebih cermat dan bijak dalam menggunakan kartu kredit. Jangan sampai Kartu kredit Anda mencekik kehidupan Anda nantinya.

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × five =