Home » PERBANKAN » Mengambil Uang (Tarik Tunai) via ATM di Luar Negeri
ATM Visa

Mengambil Uang (Tarik Tunai) via ATM di Luar Negeri

Beberapa waktu yang lalu ada yang bertanya kepada EtalaseBisnis, apakah bisa mengambil uang (tarik tunai) lewat ATM di luar negeri?

Jawabannya adalah BISA.

Mungkin buat yang masih awam akan bertanya-tanya, kok bisa? Kan bank yang kita pakai hanya ada di Indonesia?

Bukan itu masalahnya.

Tapi, sebenarnya bank-bank di Indonesia ini sudah memiliki atau tergabung dalam jaringan provider kartu kredit yang bisa digunakan di seluruh negara. Provider tersebut misalnya VISA .INC dan MasterCard WordlWide.

Nah, kedua provider ini merupakan provider kartu kredit terbesar di dunia. VISA .INC memiliki produk bernama VISA, sedangkan MasterCard Wordwide memiliki produk bernama MasterCard.

Jika Anda mengamati kartu debit atau kredit yang dimiliki, pasti akan ada logo-logo VISA ataupun MasterCard.

Baca juga: Ini Lho Perbedaan Kartu Kredit Dan Kartu Debit

Itu tandanya, Anda bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk bertransaksi dimana saja selama ada merchant atau ATM yang berlogo VISA maupun MasterCard. Jadi sampai sini tentu sudah paham ya kenapa bisa digunakan untuk mengambil uang atau bertransaksi di luar negeri?

#Yang perlu diperhatikan ketika akan mengambil uang melalui ATM di luar negeri..

Meski terlihat mudah, tapi Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar Anda bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman.

Mencari ATM yang berlogo ATM Prima / ATM Bersama / ATM Cirrus / VISA / PLUS

Tapi sebelumnya lihat dulu, ATM yang Anda miliki terdapat logo apa, hal ini supaya Anda bisa lebih mudah menemukan ATM yang memiliki logo yang sama. Contoh saja misalnya Anda memiliki ATM Bank Mandiri, lalu Anda sedang di Kuala Lumpur, Malaysia. Di sana Anda bisa mencari ATM berlogo Prima atau Bersama. Salah satu yang bisa digunakan adalah ATM Maybank yang warnanya kuning itu. Di ATM itu Anda sudah bisa bertransaksi.

Mengetahui Rate Tiap Bank

Karena Anda sedang di luar negeri tentunya nanti uang yang keluar bukanlah Rupiah, tapi mata uang setempat. Untuk itu Anda jika ada waktu bisa cek nilai tukar mata uang setempat ke Rupiah. Sebisa mungkin cari yang ratenya tidak terlalu jauh.

Memilih Bahasa

Ketika menggunakan ATM pasti akan tersedia pilihan bahasa, pilihlah bahasa yang Anda pahami atau minimal English. Hal ini bertujuan agar Anda tidak salah memilih transaksi.

#Hindari Money Changer

Selain bisa melalui ATM, Anda juga bisa mengambil uang melalui jasa Money Changer. Akan tetapi biasanya rate yang ditawarkan sangatlah tinggi dan tidak sewajar di ATM. Jadi sebisa mungkin kalau tidak terpaksa mending ambil uang melalui ATM.

Mengambil uang melalui ATM di luar negeri caranya juga hampir sama kalau ambil di Indonesia kok. Setelah masukin kartu nanti diminta untuk masukin password. Dan Anda bisa langsung bertransaksi seperti yang dikehendaki.

Jadi intinya seperti itu, jika saat ini Anda memiliki ATM dari Bank manapun, tetap bisa digunakan untuk bertransaksi di luar negeri termasuk untuk mengambil uang. Nggak perlu khawatir pokoknya, tapi meskipun bisa, Anda tetap harus punya cadangan uang cash ketika akan pergi ke luar negeri. Ini untuk mengantisipasi jika Anda sulit menemukan ATM atau memang membutuhkan uang cash secara mendesak.

Itu saja yang bisa diinformasikan, semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk Anda khususnya yang akan ke luar negeri. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman Anda dan jangan lupa untuk subscribe blog ini untuk mendapatkan artikel menarik lainnya langsung di email Anda. Terima kasih!

2 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 5 =