Bagaimana Cara Memulai Investasi Saham Bagi Pemula?

Investasi Saham

Cara Memulai Investasi Saham – Semua jenis aset investasi itu pasti memiliki risiko. Besar kecilnya risiko itu pun tergantung dari nilai investasi itu sendiri. Akan tetapi risiko juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal yaitu dari investor yang tidak atau belum paham betul cara mengelola investasi yang dipilihnya.

Untuk itu penting sekali bagi para calon investor untuk mempelajari dan memahami model investasi yang akan dipilihnya itu, apalagi jika ingin berinvestasi saham.

Baca juga : Pengertian Saham – Apa itu Saham?

Investasi saham berbeda dengan jenis investasi lainnya seperti tabungan deposito berjangka. Investasi saham termasuk jenis investasi yang memiliki risiko besar. Sehingga diperlukan kehati-hatian dalam mengelola investasi ini. Namun dilain sisi, investasi saham juga memiliki keuntungan yang besar karena ikut memodali sebuah perusahaan.

Banyak yang mengatakan jika ingin berinvestasi saham haruslah sudah berpengalaman.

Lalu bagaimana jika belum punya pengalaman sama sekali?

Gampang, salah satu caranya adalah dengan belajar. Dan berikut ini cara memulai investasi saham bagi pemula yang sama sekali belum punya pengalaman.

1. Belajarlah Untuk Mengenali Apa Itu Investasi Saham

Investasi saham bukan sekedar membeli saham sebuah perusahaan atau memberikan modal kita kepada sebuah perusahaan. Pelajaran mendasar yang wajib Anda pelajari adalah cara menganalisa, yaitu analisa fundamental dari sisi perusahaan tersebut dan analisa secara teknik dari naik turunnya harga saham. Ini sangat penting karena nanti jika Anda sudah bergelut di pasar saham aspek tersebut akan sangat berguna.

2. Lakukan Analisa Fundamental Perusahaan

Setelah teori Anda kuasai, sekarang waktunya praktek dengan melakukan analisa fundamental saham perusahaan yang akan Anda beli sahamnya. Jika perusahaan tersebut sudah diperdagangkan di Bursa Efek, lihatnya kinerjanya. Anda bisa melihat latar belakang perusahaan, bidang yang dikembangkan, bagaimana laporan keuangannya, arus modal, dan isu-isu lainnya yang mendukung untuk mendapatkan informasi penting terkait perusahaan tersebut.

Analisa Teknikal Saham
Ilustrasi Analisa Teknikal Saham

3. Pelajari Analisa Teknikal

Jika sudah terjun di pasar modal dan Bursa Efek, biasanya akan ada sebuah standarisasi nilai harga dan volume penjualan yang digunakan untuk acuan melakukan jual beli saham. Di sinilah analisa teknikal diperlukan. Ketika Anda nanti sudah menjadi investor, maka Anda akan dihadapkan pada pilihan-pilihan kapan harus menjual dan membeli. Keputusan ini pun tidak boleh dilakukan sesuka hati, harus ada riset yang bisa Anda dapatkan datanya dari beberapa lembaga atau perusahaan. Sehingga hal ini akan meminimalkan terjadinya risiko yang ada.

4. Anda Harus Update Berita Terbaru

Bermain saham tidak bisa ditinggal santai-santai. Anda sebagai investor harus selalu aktif dan peka terhadap isu maupun berita terbaru yang terkait dengan ekonomi, politik baik nasional maupun global. Karena kondisi perekonomian maupun stabilitas politik sebuah negara bisa mempengaruhi kinerja bursa efek dalam hal investasi.

5. Jangan Gegabah

Manusia itu memang tidak ada puasnya. Akan ada masa dimana Anda setelah lama bermain saham dan efek keuntungan sudah terasa, Anda akan tergiur untuk menambah investasi baru. Sarannya jika Anda sudah memasuki tahap ini adalah jangan gegabah. Ingatlah selalu prinsip “don’t put all your eggs‭ ‬in one basket‭”. Jika Anda ingin membuka investasi baru, jangan taruh modal Anda dalam satu jenis dan tempat investasi yang sama. Mengapa? Karena jika suatu saat Anda kebobolan, maka risiko kerugian besar akan Anda dapatkan. Bagilah modal investasi Anda ke beberapa jenis aset investasi lainnya.

Baca juga: 4 Jenis Aset Investasi Yang Perlu Anda Ketahui

Yang terpenting jika Anda ingin berinvestasi adalah pilihlah jenis aset investasi yang Anda ketahui dan kuasai. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan atau tergiur akan keuntungan yang diberikan. Jika belum mengetahui, sediakan waktu untuk mempelajari. Karena menjalan investasi yang sudah diketahui dan dikuasai akan sangat mudah dalam mengelola dikemudian hari.

Originally posted 2019-10-30 11:22:22.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

One Comment