Home » INSPIRASI » Untung Rugi Bisnis Waralaba Minimarket
Mini Market
Image via topik9.com

Untung Rugi Bisnis Waralaba Minimarket

Sekarang ini Bisnis Waralaba Minimarket kian menjamur. Tidak hanya tersebar di daerah perkotaan saja tapi juga sudah merambah ke pelosok daerah. Hal ini pun membuat gaya hidup masyarakat menjadi berubah.

Tapi untuk bisa membeli lisensi waralaba minimarket ini butuh modal yang besar. Selain modal untuk membeli lisensi, juga untuk menyiapkan lahan yang akan digunakan untuk lokasi berdirinya minimarket ini.

Dengan modal yang besar tentu juga akan berpengaruh pada nilai laba maupun risiko yang akan didapatkan.

Waralaba Minimarket biasanya menjual kebutuhan sehari-hari yang jauh lebih komplit daripada warung kelontong. Sehingga potensi keuntungan pun akan lebih besar.

Akan tetapi, bisnis waralaba minimarket ini pun juga memiliki untung rugi yang akan Anda hadapi. Apa saja itu?

Keuntungan Waralaba Minimarket

  • Anda sebagai franchisee akan mendapatkan banyak ilmu dari bisnis waralaba minimarket ini. Karena Anda ditempatkan sebagai pelaku bisnis dan harus mengetahui model bisnis toko modern.
  • Anda akan mengetahui bagaimana cara memilih lokasi yang potensial untuk bisnis minimarket.
  • Anda tidak perlu terjun langsung dalam operasional toko, karena sudah ada sistem operasional yang baku dan terintegrasi. Sehingga Anda tinggal melihat report saja.
  • Berpotensi untuk memiliki lebih dari satu unit minimarket namun masih memiliki tingkat kesibukan yang sama. Artinya bisnis minimarket mudah dikelola.
  • Risiko kerugian kecil, karena mulai dari pemilihan lokasi, distribusi barang, manajemen semua sudah diatur dengan sangat baik.
  • Mendapatkan dukungan promosi

Itu beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari waralaba minimarket. Tapi ada juga kerugiannya.

Kerugian Waralaba Minimarket

  • Biaya pembelian waralaba minimarket cukup besar dan adanya pembagian royalti.
  • Franchisee harus mematahui aturan yang telah ditetapkan oleh Franchisor sehingga hal ini menjadikan Anda tidak bisa leluasan dalam memanage bisnis waralaba minimarket secara individu.
  • Distribusi barang (produk) sudah diatur oleh franchisor. Anda tidak bisa menambahkan atau mengurangi produk yang ingin dijual di minimarket Anda.

Baca juga: Inilah Risiko Bisnis Waralaba Makanan Yang Pasti Anda Alami

Tentu dari keuntungan dan kerugian bisnis waralaba minimarket ini semuanya ditujukan untuk kebaikan bersama. Yang terpenting dalam bisnis waralaba minimarket adalah komunikasi antara pihak franchisee dengan franchisor agar mendapatkan masukan yang positif untuk perkembangan minimarket.

Referensi artikel http://kask.us/g7ryQ (Mikiee/Kaskus)